Agama & Masyarakat

Gebyar Seni Budaya Lesbumi Dan Haul Ke-6 Gus Dur

Friday, 29 Januari 2016 | View : 1794

KUDUS-SBN.

Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kudus menyelenggarakan Gebyar Seni Budaya Lesbumi dan dalam rangka memeringati Haul ke-6 Kyai Haji (K.H.) Abdurrahman Wahid atau kerap disapa Gus Dur yang terlahir dengan nama Abdurrahman ad-Dakhil di Kompleks Kampoeng Festival Bambu Wulung, Jalan Kudus-Pati KM 5, Kudus, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Acara Gelar Seni Budaya yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu (30-31/1/2016), akan diisi dengan beragam kegiatan pementasan diantaranya festival rebana pelajar Kudus, lomba melukis kanvas Gus Dur, festival teater pelajar Kudus hingga pembacaan puisi.

"Pada 30 Januari, beragam acara  yang telah disiapkan yaitu  lomba rebana untuk pelajar, lomba teater pelajar, dan lomba melukis potret Gus Dur yang semuanya diperuntukkan bagi pelajar tingkat SMA," papar ketua panitia Dwi Saifullah melalui sekretarisnya, Abu Hasan.

Abu Hasan menambahkan, selain berbagai lomba tersebut, ada juga pementasan teater oleh Tetare Lesbumi Kudus. “Pada pementasan ini, para awak Teater Lesbumi mengangkat lakon ‘Sumbadra Sayembara," lanjutnya.

Adapun puncak acara akan diadakan pembacaan Mauli Nabi Muhammad SAW, yang rencananya akan dihadiri oleh salah satu dari 11 putera dan puteri ulama kharismatik Tegalrejo Magelang al-marhum al-magfurlah K.H Chudlori yang wafat tahun 1977 silam, pendiri (muasis) Ponpes salafiyyah Asrama Perguruan Islam Tegalrejo Magelang yang didirikan pada tahun 1944, pimpinan pondok pesantren (ponpes) Salaf Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), K.H. Muhammad Yusuf Chudlori yang di tengah-tengah masyarakat lebih dikenal dengan sebutan khas kaum pesantren, yakni Gus Yusuf untuk menyampaikan mauidzoh hasanah.

Pada hari kedua, yakni 31 Januari 2016, diselenggarakan talkshow bertajuk “Gus Dur Guru Bangsa” dengan menghadirkan narasumber puteri bungsu Dr. (H.C.) K.H. Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur, Inayah Wulandari Wahid dan K.H. Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf), pengasuh pondok pesantren (ponpes) salafiyyah Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

“Pada kesempatan itu, juga ada berbagai penampilan lain yang akan menyemarakkan kegiatan ini, seperti pembacaan puisi oleh sastrawan Jumari HS., musikalisasi puisi oleh Nuzumal Laily, dan juga dimeriahkan dengan kehadiran Binta Athivata Tabriez, yang populer berkat penampilan apiknya saat mengikuti Program Akademi Syiar Indonesiar (AKSI) Junior di salah satu televisi swasta nasional," jelasnya.

Lebih lanjut dikemukakan, selain mengenang jasa-jasa Presiden RI ke-4 (1999-2001) menggantikan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie FREng atau dikenal sebagai B. J. Habibie, setelah dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI hasil Pemilu 1999 dengan masa jabatan 20 Oktober 1999-23 Juli 2001, Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur dan membumikan pemikiran-pemikiran pluralisme sang guru bangsa itu, khususnya masyarakat Kudus, di tengah-tengah kegiatan juga akan dilaksanakan pelantikan pengurus Lesbumi.

“Kegiatan pembuka ini diharapkan mampu memunculkan spirit untuk menumbuhkembangkan seni-budaya di Kudus, terlebih di kalangan muda Nahdlatul Ulama (NU),” tutur Abu Hasan didampingi Eko Winasis, salah satu panitia kegiatan.

See Also

Kapolri Sebut Teringat Insiden Sweeping Sabuga Bandung
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.446.109 Since: 05.03.13 | 0.7047 sec