Keluarga

Mahasiswa UMK Amati Produksi Kretek

Wednesday, 27 Januari 2016 | View : 733

KUDUS-SBN.

Sebanyak 70 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK), Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) diajak mengamati secara langsung proses pembuatan rokok kretek di Brak Sigaret Keretek Tangan (SKT) PT. Djarum di Desa Karangbener, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), pada hari Rabu (27/1/2016) pagi.

Kesempatan melihat langsung proses pembuatan rokok kretek itu berkat diselenggarakannya kegiatan “English Speaking Activities” yang telah menjadi program rutin tahunan.

“Hanya saja, untuk berkunjung ke pabrik rokok (kretek), baru pertama kali ini,” ujar Farid Noor Romadlon, S.Pd., M.Pd., salah satu dosen pembimbing.

Dia mengemukakan, sebelumnya English Speaking Activities lebih banyak dilakukan dengan memberikan tugas kepada mahasiswa belajar di lapangan menjadi tour guide di tempat-tempat wisata atau tempat yang memiliki nilai sejarah, seperti Menara Kudus, Masjid Bubar, Makam Eyang Rogomoyo, dan Masjid Wali Loram Kulon.

“Meski setting-nya berbeda, namun tujuan dari kegiatan ini sama, yaitu melatih dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa,” terangnya di sela-sela melihat proses pembuatan rokok kretek di Brak milik salah satu perusahaan rokok kretek terbesar di Indonesia itu.

Para mahasiswa pun kagum akan ketelitian ribuan buruh di Brak SKT PT. Djarum di Desa Karangbener, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah (Jateng),  itu. Tak henti-henti mereka mengamati jari-jari para buruh yang cekatan melinting kretek, merapikan, hingga siap dipasarkan.

Apriliana Syifa, mahasiswi PBI semester IV,mengaku baru pertama kali melihat secara langsung proses pembuatan rokok kretek. “Ini baru pertama kali saya melihat. Para pekerja sangat teliti dan cekatan,” ungkap mahasiswi asal Jepara ini.

Himmatul Afidah, mahasiswa lain mengamini apa yang disampaikan Apriliana Syifa. Dia sendiri baru mengetahui, ternyata para pekerja agar tidak jenuh, secara bersama melakukan relaksasi dengan senam santai bersama. “Menarik sekali. Senang bisa berkunjung. Pabriknya ramai, karyawannya juga ramah,” tuturnya.

Peneliti Pusat Studi Kretek Indonesia (Puskindo) UMK, Zamhuri, mengapresiasi kegiatan mahasiswa yang melihat secara langsung proses produksi rokok kretek, agar bisa mengetahui secara pasti mengenai Industri Hasil Tembakau (IHT).

“Kalau mahasiswa mengamati dari dekat, akan mengetahui apa yang sesungguhnya terjadi terkait wacana yang menjadi perdebatan di masyarakat mengenai IHT. Dengan melihat langsung itulah, sehingga akan tumbuh empati dan bisa memberikan penjelasan kepada masyarakat luas, bahwa proses produksi kretek tidak seperti dibayangkan, yakni bisa menimbulkan kematian,” papar Zamhuri.

Lebih lanjut Zamhuri mengungkapkan, jika kemudian kretek bisa berdampak negatif bagi kesehatan, mestinya yang terdampak pertama adalah para pekerja. “Buktinya, para pekerja sampai saat ini tidak terganggu kesehatannya, padahal mereka berada di pusat produksi kretek,” tegasnya.

See Also

UMK Buka Prodi Teknik Industri
Penularan HIV/AIDS Melalui Hubungan Seksual Di Iran Meroket
Tekan Angka Kematian Bayi Akibat Hipotermia, Mahasiswa UMK Rancang Pup Baby
Perlu Ada Pelatihan Membuat Manisan Belimbing Dan Jambu
Perempuan Rentan Alami Kekerasan Seksual Di Media Sosial
Friend Peace Team Asia West Pacific-USA Berbagai Pengalaman Dengan Mahasiswa UMK
Manfaat Besar Bawang Putih Bagi Kesehatan
Konsumsi 7 Makanan Hadapi Kanker
Lagu Iwan Fals Menggema Di Arena Musywil Muhammadiyah Dan Aisyiyah Ke-47
Segera Ada Sosis Anti-kanker Usus
Kudapan Indonesia Laris Di Farmers Market Praha
Deteksi Dini Mencegah Diabetes Melitus
Tiga Kuliner Jadi Andalan Indonesia Di MEA
Turunkan Kolesterol Dengan Cuka Apel
Diam-diam 7 Penyakit Ini Tanpa Disadari Mengakibatkan Kematian
Makanan Sehat Bunuh Sel Kanker
Hoax, Facebook Kenakan Tarif Bagi Penggunanya
KPI Sebut Lima Acara TV Yang Berbahaya Bagi Anak-anak
Wanita Yang Pernah Berhubungan Badan Wajib Lakukan Pap Smear
Lima Penyebab Utama Kanker
Kenaikan Harga Rokok Di Australia Mahal Di Dunia
Perempuan Memburu 12 Hal Terhadap Diri Lelaki
Finalis American Idol Michael Johns Meninggal Di Usia Ke-35
Lima Kebiasaan Penyebab Kanker
Tiga Gaya Hidup Cegah Kanker
jQuery Slider
Arsip :2016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.165.927 Since: 05.03.13 | 0.1943 sec