Nasional

Ajak Siswa Cintai Lingkungan Dengan Menanam 2000 Bibit Di Pantai Blebak

Tuesday, 26 Januari 2016 | View : 419

JEPARA-SBN.

Dalam rangka Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Penerimaan Anggota Baru (PAB) Ekstrakurikuler Pecinta Alam SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, Jl. Pasar. Doro Jepang Mejobo, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggelar kegiatan yang difokuskan pada pembinaan siswa tentang potensi diri dalam kemampuan untuk memimpin serta  pendekatan siswa terhadap lingkungan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 23-24 Januari 2016 di Area Pantai Blebak, Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dimana lokasinya paling dekat dari pertigaan lampu merah arah ke Bondo ini diikuti sekitar 125 siswa.

Disamping materi tentang dasar-dasar keorganisasian dan kepemimpinan, peserta juga dikenalkan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan (alam), khususnya kawasan pantai.

“Pantai merupakan homogenitas alam yang butuh dijaga kebersihan dan kelestariannya. Terlebih lagi pada sebagian besar pantai saat ini telah berubah menjadi tempat pemukiman warga dan tempat wisata, sehingga perlu mendapat perhatian khusus agar tetap asri dan lestari,” ujar Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, Nur Afifuddin, S.Pd., M.Pd.

Karena itulah, di tengah pelatihan LDK OSIS dan penerimaan PAB Pecinta Alam, siswa diajak menanam tak kurang dari 2000 bibit bakau di sepanjang bibir Pantai Blebak, Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

“Dalam kegiatan ini kami tidak sendiri, tetapi didukung oleh Djarum Foundation Bhakti Lingkungan untuk pengadaan bibit bakaunya,” terangnya.

Dalam penanaman bakau itu, para siswa pun nampak bersemangat. Tajamnya karang serta hujan deras yang mewarnai proses penanaman bakau, tak sedikit pun menyurutkan semangat mereka untuk terus menanam bakau hingga selesai, yang ditandai dengan penancapan plang bertuliskan “Cintai Alam Kita, Rawat Bakau Bersama” di area penanaman.

Arif Hartoyo, S.Pd., pembina OSIS, mengutarakan, kegiatan LDK SMA Negeri 1 Mejobo Kudus tahun ini sengaja digelar berbeda agar lebih berkesan dan bersamaan dengan PAB ekstrakurikuler pecinta alam.

“Kegiatan bertajuk every one can be leader ini bertujuan untuk menggali potensi kepemimpinan siswa, yang nantinya diharapkan berguna bagi pengembangan diri siswa baik di sekolah maupun di masyarakat,” ungkapnya.

Mbah Lasim, warga di sekitaran Blebak menyambut baik kegiatan sebagaimana dilakukan OSIS SMA Negeri 1 Mejobo Kudus dan siswa pecinta alam sekolah tersebut.

“Ini sebagai bentuk kepedulian anak-anak tersebut terhadap kelestarian lingkungan. Semoga banyak sekolah lain yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan,” tuturnya.

See Also

Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.795.037 Since: 05.03.13 | 0.2489 sec