Ekonomi

Wakil Presiden Tinjau Lokasi Pembangunan Bandar Udara Kulon Progo

Saturday, 02 Januari 2016 | View : 1787

KULON PROGO-SBN.

Wakil Presiden (Wapres) Indonesia ke-12 yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla saja atau JK meninjau lokasi yang akan dibangun bandara baru di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama rombongan tiba di Radar Congot Temon, Kulon Progo, Sabtu (2/1/2016), sekitar 12.00 WIB.

Pada kunjungan tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dr. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., M.A.L.D., Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Dr. H. Yuddy Chrisnandi, M.E., Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, serta Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)/ Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Di sela kunjungannya, Wapres Jusuf Kalla (JK) menggelar rapat tertutup untuk untuk mendengarkan pemaparan rencana pembangunan bandara baru, kesiapan moda transportasi Kereta Api (KA), dan infrastruktur pendukung lainnya.

Selain itu, dibahas hasil pengukuran lahan bandara dan rencana pembebasan lahan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Bandara baru di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diperkirakan membutuhkan 5.000 pekerja baru untuk awal beroperasi, untuk pekerja yang sebagai karyawan PT. Angkasa Pura/AP 1 (Persero) hanya dibutuhkan berkisar 100 karyawan.

Rapat dengar pendapat dengan DPRD Kulonprogo di Gedung DPRD Kabupaten Kulonprogo, Jl. Sugiman, Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (16/1/2015) diungkapkan Corporate Expert PT. AP 1 (Persero), Purwanto.

Diuraikannya, pada awal beroperasi, jumlah penumpang mencapai lima juta orang per tahun. “Satu karyawan setidaknya melayani 1.000 penumpang, maka terbuka kesempatan bagi 5.000 orang untuk bekerja dan mengisi berbagai posisi, mulai dari hal administratif hingga teknis,” paparnya.

Jumlah penumpang, sambung Purwanto, akan meningkat sekitar 18% per tahun sehingga pada enam tahun berikutnya diperkirakan jumlah penumpang mencapai 10 juta orang per tahun.

Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Kalla mengisi waktu liburan tahun barunya dengan mengunjungi kerajinan kulit "Bucini-M Joint Exclusif Leather" di Dusun Klodangan, Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (1/1/2016).

Dalam kunjungan tersebut Wapres Jusuf Kalla mengajak rombongan sebanyak lima bus, termasuk Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Dr. H. Yuddy Chrisnandi, M.E. dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dr. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., M.A.L.D.

Dalam kesempatan tersebut Jusuf Kalla melihat-lihat produk kerajinan kulit dan sempat membeli beberapa produk, seperti tas dan sepatu.

Begitu juga dengan Ibu Mufidah Kalla, yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), menyempatakan berbelanja sejumlah produk kerajinan kulit.

Dalan kesempatan tersebut Wapres Jusuf Kalla (JK) tampak akrab dengan para cucu-cucunya, bahkan beberapa kali mendapat ciuman para cucu.

Ibu Mufidah Kalla mengatakan, dirinya berbelanja beberapa peroduk sebagai oleh-oleh bagi para saudaranya.

"Beli beberapa tas untuk oleh-oleh, dan buat ipar-ipar," tuturnya.

Pemilik "Bucini-M Joint Exclusif Leather", Rico Yudi Asmoro, mengatakan bahwa tempat kerajinan miliknya ini sudah dua kali dikunjungi Ibu Mufidah Kalla.

"Belum lama ini Ibu Mufidah juga ke sini, Ini yang kedua kalinya. Beberapa waktu lalu Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga pernah berkunjung di sini," ucapnya.

Ia mengatakan, industri kerajinan kulit tersebut dirintisnya sejak 1997, dan awalnya hanya membuat dompet kulit.

"Dulu hanya bikin dompet, tetapi sekarang sudah memproduksi tas dan sepatu," sambungnya.

Menurut dia, produk kerajinannya lebih banyak diekspor ke Eropa, terutama Belanda, sedangkan untuk pemasaran lokal hanya sedikit saja.

"Dulu saya pasarkan di lokal, ternyata tidak laku, Kemudian, saya coba membuka pasar ekspor, ternyata permintaan justru bagus," lanjutnya.

Rico Yudi Asmoro mengatakan, dengan memperkerjakan 160 karyawan rata-rata produksi satu bulan bisa mencapai 4.500 tas dan sepatu.

"Harga jual bervariasi, antara Rp 200.000 hingga Rp 2 juta untuk sepatu, dan tas harga termurah Rp 600.000," katanya menambahkan.

Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Kalla mengisi liburan tahun barunya dengan menikmati keindahan matahari terbenam dari kawasan objek wisata Candi Ratu Boko di perbukitan Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (1/1/2016).

Dalam liburannya itu Wapres Jusuf Kalla (JK) dan Ibu Mufidah ditemani anak, cucu dan kerabat, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Dr. H. Yuddy Chrisnandi, M.E. dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dr. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., M.A.L.D.

Direktur Utama PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono langsung menjadi pemandu wisata bagi Wapres Jusuf Kalla (JK).

"Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menyempatkan diri menyusuri Komplek Candi Ratu Boko, namun hanya sebentar karena melanjutkan ke Candi Prambanan," ujar Kepala Unit PT. Taman Wisata Candi (TWC) Ratu Boko, Saryana.

Menurut dia, kunjungan Wapres Jusuf Kalla dan rombongannya tidak mengganggu kunjungan wisata umum karena kawasan tersebut tetap terbuka seperti biasa.

"Tidak ada penutupan, kunjungan wisata tetap dibuka untuk umum, hanya saja untuk pengamanan sudah ada petugas dari TNI yang meninjau lokasi," terangnya.

Ia mengatakan, pihaknya hanya menyediakan tempat yang terbaik untuk Jusuf Kalla dan rombongan saat mengunjungi objek wisata Candi Ratu Boko.

"Keamanan pasti terjamin, sudah ada petugas Paspampres," paparnya.

Selain dapat menyaksikan matahari tenggelam, dari kawasan Candi Ratu Boko ini juga dapat dinikmati pemandangan yang indah di bawah bukit, seperti hamparan persawahan dan kawasan pedesaan.

Dari kawasan Candi Boko ini juga dapat disaksikan kemegahan bangunan Komplek Candi Prambanan yang berada sekitar tiga kilometer di sebelah Utara Candi Ratu Boko.

Pemandangan alam Gunung Merapi juga dapat dilihat jelas dari kawasan Candi Ratu Boko.

Saryana mengatakan, kunjungan Wapres Jusuf Kalla (JK) diharapkan mampu lebih menarik minat wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, berkunjung ke Ratu Boko.

"Kunjungan wisata libur panjang akhir tahun hingga awal tahun 2016 melonjak," pungkasnya.

See Also

Ditunggu Warga, Pensertifikatan Tanah Massal Di TMMD Kalikondang
Bursa Asia Ditutup Bervariasi
Semangat Babinsa Koramil 09/Karangtengah Dampingi Panen Perdana MT I
Kontrol Hasil Panen, Babinsa 03/Wonosalam Lakukan Pengubinan Padi
Bersama Warga, Babinsa 06/Wedung Siap Sukseskan Swasembada Pangan
Mendesa Klaim Bank Dunia Contoh Indonesia Terkait Penganggaran Dana Desa
Mulai Hari Ini Harga Pertamina Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite Turun
Bursa Asia Dan AS Menguat
Menko Maritim Sebut Bandara Kulonprogo Mulai Layani Penerbangan April 2019
Kodim 0716/Demak Buka Stand Pasar Murah
Babinsa Kodim 0716/Demak Perkuat Alsintan Dengan Diklat
Mengoptimalkan LTT Dengan Pemanfaatan Alsintan
Awas Tamu Tak Diundang Di Saat Panen Tiba
Demak Panen Raya Perdana Jagung Hibrida
Dandim 0716/Demak Jamin Demplot Kodim Kualitas Dan Produktivitasnya Panen Bagus
Generasi Muda Didorong Untuk Kreatif
Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Menteri Perindustrian Bertemu Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss, Bahas Kerja Sama Dua Negara
Presiden Joko Widodo Terima Kunjungan Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss
Babinsa Pendampingan Nyemprot Tanaman Padi
7,23 Juta Wajib Pajak Yang Sudah Lapor SPT
Koperasi Kodim 0716/Demak Ikuti Pasar Murah
Babinsa Koramil 10/Kradenan Bersama Petani Panen Jagung
Babinsa Koramil 05/Cepu Bantu Petani Bajak Sawah
Persit Ranting 9/Kedungtuban Semangati Suami Tanam Padi
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.609.052 Since: 05.03.13 | 0.1358 sec