Hukum

Tim Densus 88 Awasi Pergerakan Terorisme Di Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

Monday, 28 Desember 2015 | View : 454

BANYUWANGI-SBN.

Pengamanan di jalur penyeberangan Gilimanuk-Ketapang, menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Bali, semakin diperketat sejak menjelang Natal hingga Tahun Baru. Pengamanan arus bagi kendaraan bermotor dan orang pada jalur perairan Selat Bali (Gilimanuk-Ketapang) sejak menjelang Natal hingga Tahun Baru, juga semakin diawasi secara teliti.

Hal itu tidak saja dengan penambahan personel pengamanan tidak saja dari Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri serta Tim Gegana Brimob, tetapi juga diterjunkan pula sebuah kapal patroli KP Perkutut dari Mabes Polri, untuk memantau aktivitas penyeberangan di Ketapang-Gilimanuk.

Kapolres Banyuwangi, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bastoni Purnama, yang dihubungi awak media, Senin (28/12/2015), salah satu sasaran pengamanan di jalur penyeberangan itu, yakni mengantisipasi kemungkinan aksi para terduga teroris dari Jawa Timur, untuk menyasar penyeberangan itu menuju Bali.

“Sasarannya, mengantisipasi kemungkinan keberadaan teroris di Jatim sendiri dan sekaligus mengantisipasi masuknya teroris dari Pulau Jawa ke Pulau Bali. Ditpolair Mabes Polri mengerahkan satu kapal cepat untuk pengamanan penyeberangan, sehingga kita optimalkan pengamanan Selat Bali dari aneka gangguan kamtibmas,” beber Kapolres Banyuwangi AKBP Bastoni Purnama usai ikut berpatroli di Selat Bali, yang dikonfirmasi, Senin (28/12/2015) tadi pagi.

“Sekaligus juga mengantisipasi masuknya teroris dari Pulau Jawa ke Pulau Bali,” imbuh AKBP Bastoni Purnama, yang baru saja kembali dari patroli bersama pasukannya di penyebaran Gilimanuk-Ketapang di Selat Bali.

Menurutnya, Ditpolair Mabes Polri, mengerahkan satu kapal cepat untuk pengamanan penyeberangan, sehingga pengamanan Selat Bali dari aneka gangguan kamtibmas lebih bisa dimaksimalkan.

Kapal patroli Ditpolair tersebut, diterjunkan sejak menjelang Natal dan direncanakan dioperasionalkan hingga 2 Januari 2016 di Selat Bali.

Selain siaga mengantisipasi teroris, juga patroli laut mengawasi keselamatan pelayaran kapal. Jelang perayaan Natal hingga memasuki tahun baru, arus kendaraan dari Ketapang dan sebaliknya terus mengalami peningkatan.

Kapal patroli Ditpolair tersebut menurut dia diterjunkan sejak menjelang Natal dan kemungkinan tetap dioperasionalkan di Selat Bali hingga 2 Januari 2016 mendatang. “Jadi selain siaga mengantisipasi teroris, juga patroli laut mengawasi keselamatan pelayaran kapal. Sebab, sejak sebelum Natal hingga kemarin, arus kendaraan dari Ketapang dan sebaliknya terus mengalami peningkatan, diprediksi peningkatan akan terus berlanjut hingga H-2 sampai dengan H+2 Tahun Baru,” tambah dia.

Ia membenarkan, kendati arus kendaraan dan penumpang (orang) terus meningkat padat, namun aktivitas penyeberangan tetap lancar.

Mengantisipasi antrean kendaraan jelang tahun baru, Polres Banyuwangi juga meminta pengelola pelabuhan menunda jadwal penghentian operasional kapal LCT di Selat Bali. "Sehingga, antrean kendaraan tak terlalu mengular di Ketapang," tegas Kapolres Banyuwangi.

Pihaknya juga meminta tujuh dermaga di Ketapang seluruhnya dioperasikan, dan selama pengamanan Natal dan Tahun Baru dengan sandi Operasi Lilin Semeru 2015, hanya angkutan sembako yang diprioritaskan menyeberang ke Bali.

“Untuk angkutan selain sembako, kita minta minggir dulu sedikit bersabar sebagai bagian dari antisipasi terjadinya antrean mengular di Ketapang,” pungkas Kapolres Banyuwangi, AKBP Bastoni Purnama.

See Also

Bareskrim Polri Tetap Usut Korupsi PD Sarana Jaya
KPK Perpanjang Penahanan Kadis PUPR Mojokerto
Bareskrim Polri Tahan 7 Tersangka Terkait Kasus Praktik Bank Gelap Hanson International
KPK Perpanjang Penahanan Dirut PT. CMI Teknologi Rahardjo Pratjihno
KPK Geledah Rumah Anggota DPRD Tulungagung
Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 27 Saksi Pemilik Rekening Saham
KPK Geledah Gedung DPRD Tulungagung
KPK Periksa Direktur Utama PT. Antam (Persero) Tbk
KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.189.802 Since: 05.03.13 | 0.2063 sec