Hukum

Tim Densus 88 Awasi Pergerakan Terorisme Di Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

Monday, 28 Desember 2015 | View : 402

BANYUWANGI-SBN.

Pengamanan di jalur penyeberangan Gilimanuk-Ketapang, menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Bali, semakin diperketat sejak menjelang Natal hingga Tahun Baru. Pengamanan arus bagi kendaraan bermotor dan orang pada jalur perairan Selat Bali (Gilimanuk-Ketapang) sejak menjelang Natal hingga Tahun Baru, juga semakin diawasi secara teliti.

Hal itu tidak saja dengan penambahan personel pengamanan tidak saja dari Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri serta Tim Gegana Brimob, tetapi juga diterjunkan pula sebuah kapal patroli KP Perkutut dari Mabes Polri, untuk memantau aktivitas penyeberangan di Ketapang-Gilimanuk.

Kapolres Banyuwangi, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bastoni Purnama, yang dihubungi awak media, Senin (28/12/2015), salah satu sasaran pengamanan di jalur penyeberangan itu, yakni mengantisipasi kemungkinan aksi para terduga teroris dari Jawa Timur, untuk menyasar penyeberangan itu menuju Bali.

“Sasarannya, mengantisipasi kemungkinan keberadaan teroris di Jatim sendiri dan sekaligus mengantisipasi masuknya teroris dari Pulau Jawa ke Pulau Bali. Ditpolair Mabes Polri mengerahkan satu kapal cepat untuk pengamanan penyeberangan, sehingga kita optimalkan pengamanan Selat Bali dari aneka gangguan kamtibmas,” beber Kapolres Banyuwangi AKBP Bastoni Purnama usai ikut berpatroli di Selat Bali, yang dikonfirmasi, Senin (28/12/2015) tadi pagi.

“Sekaligus juga mengantisipasi masuknya teroris dari Pulau Jawa ke Pulau Bali,” imbuh AKBP Bastoni Purnama, yang baru saja kembali dari patroli bersama pasukannya di penyebaran Gilimanuk-Ketapang di Selat Bali.

Menurutnya, Ditpolair Mabes Polri, mengerahkan satu kapal cepat untuk pengamanan penyeberangan, sehingga pengamanan Selat Bali dari aneka gangguan kamtibmas lebih bisa dimaksimalkan.

Kapal patroli Ditpolair tersebut, diterjunkan sejak menjelang Natal dan direncanakan dioperasionalkan hingga 2 Januari 2016 di Selat Bali.

Selain siaga mengantisipasi teroris, juga patroli laut mengawasi keselamatan pelayaran kapal. Jelang perayaan Natal hingga memasuki tahun baru, arus kendaraan dari Ketapang dan sebaliknya terus mengalami peningkatan.

Kapal patroli Ditpolair tersebut menurut dia diterjunkan sejak menjelang Natal dan kemungkinan tetap dioperasionalkan di Selat Bali hingga 2 Januari 2016 mendatang. “Jadi selain siaga mengantisipasi teroris, juga patroli laut mengawasi keselamatan pelayaran kapal. Sebab, sejak sebelum Natal hingga kemarin, arus kendaraan dari Ketapang dan sebaliknya terus mengalami peningkatan, diprediksi peningkatan akan terus berlanjut hingga H-2 sampai dengan H+2 Tahun Baru,” tambah dia.

Ia membenarkan, kendati arus kendaraan dan penumpang (orang) terus meningkat padat, namun aktivitas penyeberangan tetap lancar.

Mengantisipasi antrean kendaraan jelang tahun baru, Polres Banyuwangi juga meminta pengelola pelabuhan menunda jadwal penghentian operasional kapal LCT di Selat Bali. "Sehingga, antrean kendaraan tak terlalu mengular di Ketapang," tegas Kapolres Banyuwangi.

Pihaknya juga meminta tujuh dermaga di Ketapang seluruhnya dioperasikan, dan selama pengamanan Natal dan Tahun Baru dengan sandi Operasi Lilin Semeru 2015, hanya angkutan sembako yang diprioritaskan menyeberang ke Bali.

“Untuk angkutan selain sembako, kita minta minggir dulu sedikit bersabar sebagai bagian dari antisipasi terjadinya antrean mengular di Ketapang,” pungkas Kapolres Banyuwangi, AKBP Bastoni Purnama.

See Also

Keterangan Ahli Di Sidang Praperadilan Terkait Eksekusi Penahanan Matheus Mangentang
Peras Mantan Petinggi Polri, Hukuman Sisca Dewi Diperberat
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
KPK Akan Segera Periksa Saksi Dan Tersangka Suap KONI
KPK Cekal Robert Tantular Ke Luar Negeri
Tim Resmob Dan Tarsius Bitung Lumpuhkan Pencuri Kambuhan
Mahkamah Agung Hukum Alfian Tanjung 2 Tahun Penjara
Polda Jatim Duga Ada Kesalahan Teknis Proyek Berujung Jalan Gubeng Ambles
KPAI Apresiasi Langkah Cepat Polri Proses Bahar Bin Smith
Polri Sebut Penahanan Tersangka Bahar Bin Smith Murni Kasus Hukum
Polri Koordinasi Dengan LPSK Amankan 2 Remaja Korban Bahar Bin Smith
Usai OTT KPK, Kemenpora Lanjutkan Program SEA Games-Olimpiade
KPK Sita Miliaran Rupiah Terkait OTT Pejabat Kemenpora Dan KONI
Polri Kantongi Bukti Penganiayaan Oleh Bahar Bin Smith
KPK OTT Pejabat Kemenpora Dan Pengurus KONI
Polres Metro Jakarta Selatan Buru Pembunuh Perempuan Muda Di Kebagusan City
Pembunuh Keji Sopir Taksi Online Divonis 10 Tahun Penjara
Uang Pengganti E-KTP, KPK Sita Rp 862 Juta Dari Setya Novanto
Keterangan Ahli Ketua DPD KAI DKI Jakarta Pada Sidang Lanjutan Julius Lobiua
TNI AL Ringkus Pelaku Narkoba Di Tanjung Ahus
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.498.795 Since: 05.03.13 | 0.108 sec