Nasional

Presiden Hari Ini Akan Resmikan Waduk Rotiklot Di NTT

Monday, 28 Desember 2015 | View : 658

KUPANG-SBN.

Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa "Jokowi" dijadwalkan hari ini meresmikan dimulainya pembangunan Waduk Rotiklot yang berada di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai hadiah Natal bagi warga di perbatasan RI-Timor Leste.

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya mengatakan persiapan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Waduk Rotiklot di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (28/12/2015) sudah 100 persen.

"Secara keseluruhan persiapan fisik jalan menuju lokasi untuk groundbreaking sejauh 500 meter sudah siap, termasuk persiapan lainnya untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo," ucapnya kepada wartawan di Kupang, Minggu (27/12/2015).

Presiden Joko Widodo direncanakan memulai pembangunan (groundbreaking) bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada esok hari. Bendungan ini berada di wilayah perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

Intinya, sambung Frans Lebu Raya, saat ini persiapan di lapangan sudah rampung termasuk pembangunan sebuah heliped di Rotiklot untuk pendaratan helikopter yang membawa Presiden Joko Widodo dan rombongan.

Setelah itu, pada tanggal 28 Desember 2015, Presiden Jokowi akan kembali lagi ke Kupang untuk menghadiri perayaan Natal Bersama tingkat Nasional yang dipusatkan di Ibu Kota Provinsi NTT. "Waduk Rotiklot merupakan waduk terbesar ketiga di NTT, setelah waduk Tilong dan Raknamo di wilayah Kabupaten Kupang akan diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Joko Widodo saat akan berkunjung ke Kupang pada 28 Desember 2015 untuk menghadiri perayaan Natal Bersama Tingkat Nasional," tambah dia.

"Dalam kunjungannya ke NTT tersebut, Presiden Jokowi akan memanfaatkan kesempatan terbang ke Atambua, Ibu Kota Kabupaten Belu untuk melakukan peletakkan batu pertama pembangunan waduk Rotiklot di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu," ujarnya.

"Ini merupakan hadiah Natal dan Tahun Baru dari Presiden Jokowi sebagai kepala Negara dan Kepala Pemerintahan bagi warga perbatasan harus mengapresiasi dan mensyukurinya, sebagai satu anugerah besar di akhir dan awal tahun ini," katanya.

Apalagi, sambung dia, Waduk Rotiklot merupakan waduk terbesar ketiga di NTT, setelah waduk Tilong dan Raknamo di wilayah Kabupaten Kupang.

Karena itu (terbesar ketiga) waduk Rotiklot dengan daya tampung sekitar 2,9 juta kubik air itu dibangun dengan sumber dana dari APBN sebesar Rp 450 miliar.

Gubernur Lebu Raya menjelaskan waduk Rotiklot dengan daya tampung sekitar 2,9 juta kubik air itu dibangun dengan sumber dana dari APBN sebesar Rp 450 miliar.

Waduk ini sudah dirancang, selain untuk pengendali banjir, juga untuk kebutuhan listrik, pertanian, sawah dan objek pariwisata. "Waduk ini sudah dirancang, selain untuk pengendali banjir, juga untuk kebutuhan listrik, pertanian, sawah dan objek pariwisata," lanjutnya.

Dia menambahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah mengusulkan pembangunan enam waduk kepada Kementerian Pekerjaan Umum guna mengatasi kekurangan air di musim kemarau di daerah ini.

"Dari enam waduk yang diusulkan itu, dua di antaranya sudah terealisasi, yakni waduk Raknamo di Kabupaten Kupang dan Rotiklot di Kabupaten Belu," imbuh dia.

Sementara empat sisanya yang belum terealisasi adalah waduk Kolhua di Kota Kupang, waduk Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan, waduk Napunggete di Kabupaten Sikka dan waduk Lambo di Kabupaten Nagekeo.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mudjiadi membenarkan rencana groundbreaking bendungan itu oleh Presiden pada Senin (28/12/2015). "Iya benar, Presiden akan memulai pembangunan bendungan Rotiklot besok," bebernya kepada awak media di Jakarta, Minggu (27/12/2015).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga direncanakan mendampingi Presiden Joko Widodo untuk melakukan pencanangan dimulainya pembangunan Bendungan Rotlikot tersebut.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, pembangunan bendungan Rotiklot akan dilakukan oleh konsorsium PT. Nindya Karya-PT. Universal Suryaprima dengan nilai kontrak Rp 470,53 miliar dan konsultan supervisi KSO PT. Indra Karya Cabang I Malang, PT. Patria Jasa Nusaprakarsa, PT. Arga Pasca Rencana dengan nilai kontrak Rp 21,95 miliar. Pengerjaannya ditargetkan selama 37 bulan sampai dengan 2018.

Nantinya, Bendungan Rotiklod akan memiliki volume tampungan 2,9 juta meter kubik yang berfungsi untuk menyuplai kebutuhan air irigasi seluas 500 hektare, penyediaan air baku 50 liter/detik untuk pelayanan kebutuhan masyarakat dan pelabuhan Atapupu dan sekitarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, Joko Widodo sedang berada di Kupang Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur pada 27-28 Desember 2015 mulai dari Labuan Bajo, ujung Barat Pulau Flores meresmikan Bandara Komodo di daerah itu, lalu ke Atambua untuk meletakan batu pertama pembangunan Bendungan Rotiklot di wilayah yang berbatasan dengan Negara Timor Leste itu.

Dari Labuan Bajo, Presiden akan bertolak ke Kupang dan pada hari yang sama, Presiden akan melanjutkan perjalanan ke Atambua dan pada 28 Desember, Presiden menghadiri perayaan Natal bersama dengan.masyatakat NTT di Kupang untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke wilayah Timur lainnya.

Tiba di Kupang, Minggu (27/12/2015) petang, Presiden Joko Widodo meresmikan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 5 MW di Desa Oelpuah, Kupang Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (27/12/2015).

"Ini merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas paling besar buatan Indonesia," tutur Presiden Jokowi usai menandatangani plakat peresmian instalasi yang dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT. Lembaga Elektronika Nasional/LEN Industri (Persero). (ant/jos)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.669.943 Since: 05.03.13 | 0.1768 sec