Olah Raga

Chelsea Pecat Jose Mourinho

Friday, 18 Desember 2015 | View : 780

LONDON-SBN.

Nasib José Mário dos Santos Mourinho Félix OIH atau lebih dikenal dengan nama sebagai Jose Mourinho di Chelsea akan ditentukan setelah pertemuan empat mata dengan sang empunya klub, Roman Abramovich, Rabu (16/12/2015).

Menurut isu yang beredar, pertemuan ini akan menghasilkan keputusan final mengenai masa depan Mou di Chelsea.

Daily Mail menyebutkan Roman Abramovich akan berbicara lebih lanjut para petinggi Chelsea lainnya seperti Bruce Buck, Marina Granovskaia, dan Michael Emenalo.

Jika Roman Abramovic memecat Jose Mourinho, maka Chelsea harus membayar 40 juta Pound atau sekitar Rp 845 miliar kepada Mou.

Pelatih asal Portugal itu masih terikat kontrak selama empat tahun hingga 2019.

Dalam klausal kontrak terbaru yang ditandatangani pada Mei lalu, The Blues wajib membayar Mou sebesar Rp 5 miliar per pekan.

Jose Mourinho dikabarkan mendapat pesangon sebesar 40 juta pound (Rp 834 miliar) setelah dicopot dari jabatannya sebagai manajer tim Chelsea.

Namun, kabar tersebut kini telah mendapat bantahan.

Jose Mourinho dipecat manajemen klub sebagai manajer tim setelah hanya mampu membawa Chelsea berada di posisi ke-16 hingga pekan ke-16 Premier League. Bahkan The Blues hanya unggul satu poin dari Norwich City yang berada di zona degradasi.

Menurut prediksi media Inggris, manajemen Chelsea bakal memutus kontrak pelatih berjuluk The Only One menyusul hasil buruk di Liga Inggris.

Chelsea memutuskan memecat Jose Mourinho setelah menuai serangkaian hasil buruk di Premier League musim ini. The Special One kehilangan jabatan hanya berjarak tujuh bulan setelah berhasil memberikan gelar Premier League musim 2014-2015.

Bersama Jose Mourinho musim ini, Chelsea menelan 12 kekalahan dalam 25 pertandingan di semua kompetisi.

Sementara itu, di Premier League, ia mengalami sembilan kekalahan dari 16 pertandingan.

Kekalahan tersebut jelas berbanding terbalik dengan pencapaian Chelsea musim lalu di mana ia hanya menuai tiga kekalahan.

Kiprah Jose Mourinho selama di Chelsea telah menghasilkan tiga gelar Premier League, dua di antaranya dimenangi pada kesempatan pertama antara 2004 hingga 2007.

Jose Mourinho juga sudah memenangi Piala FA pada 2007 serta tiga Piala Liga pada 2005, 2007, dan 2015.

Ketiga kekalahan tersebut dialami saat melakoni partai tandang melawan West Bromwich Albion, Tottenham Hotspur, dan Newcastle United.

Kini Chelsea berada di peringkat 16 klasemen sementara dan telah menuai sembilan kekalahan dari 16 laga domestik.

Terakhir, Chelsea dihempas Leicester City 2-1.

Jose Mourinho baru menandatangani kontrak baru berdurasi empat musim bersama Chelsea pada Agustus 2015. Manajer berusia 52 tahun itu memiliki gaji sebesar 12 juta pound per musim.

Pemecatan Jose Mourinho menjadikan Chelsea harus mengeluarkan kompensasi sebesar 40 juta pound atau sekitar 834 miliar rupiah sesuai dengan klausul kontraknya.

Pada September 2007 pelatih asal Portugal itu juga pernah dipecat dengan biaya kompensasi sebesar 16 juta pound.

Menurut editor BBC Sports, Dan Roan, Jose Mourinho tidak akan menerima uang pesangon sebesar 40 juta pound seperti yang dikabarkan banyak media. Manajer asal Portugal itu hanya akan mendapat sisa dari gaji tahunannya yang akan dibayarkan secara bertahap hingga akhir musim.

"Jose Mourinho melakukan pertemuan dengan dengan klub sekitar pukul 14:30 GMT setelah ia diberitahu bahwa masa-masa terakhirnya di Chelsea telah datang," tulis Dan Roan di BBC.

"Dia tidak akan mendapat kompensasi sebesar 40 juta pound seperti yang telah dispekulasikan. Pemahaman saya adalah Mourinho hanya akan menerima sisa dari total gaji tahunannya sebesar 12 juta pound hingga akhir musim ini."

Jika hal ini benar, artinya Jose Mourinho tidak benar-benar dipecat oleh Chelsea. Kontraknya akan tetap berlaku, hanya saja mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid itu tidak lagi dipercaya klub mengemban jabatan sebagai manajer tim.

Chelsea akhirnya resmi memecat pelatih kepala Jose Mourinho setelah Presiden klub Roman Abramovich masih menaruh harapan.

Melalui pernyataan resmi klub, The Blues mengucapkan salam perpisahan mendalam kepada arsitek berjuluk The Special One itu.

"Semua di Chelsea berterima kasih kepada Jose Mourinho atas kontribusi besar sejak ia kembali sebagai manajer pada musim panas 2013," tulis pernyataan klub.

"Ada tiga titel (Liga), Piala FA, Community Shield dan tiga gelar Piala Liga. Ia merupakan manajer tersukses dalam 110 tahun sejarah klub."

"Klub dan Mourinho telah menyepakati hal ini demi kebaikan kedua belah pihak. Klub ingin Mourinho berpisah secara baik-baik dan akan selalu menjadi sosok yang digemari, dihormati di Chelsea."

Jose Mourinho didepak dari Stamford Bridge usai kekalahan 2-1 melawan Leicester City di King Power Stadium, Selasa (15/12/2015) dini hari.

Hasil kekalahan tersebut membuat Chelsesa tersungkur di peringkat ke-16 tabel liga dengan hanya meraih 15 poin mendekati zona degradasi.

Chelsea akhirnya memecat pelatih Jose Mourinho usai mengalami sembilan kali kekalahan dari 16 pekan Liga Primer Inggris musim ini.

Pemecatan pelatih asal Portugal itu seperti dilansir BBC Sport, Kamis (17/12/2015).

Chelsea secara resmi memecat manajer asal Portugal, Jose Mourinho. Mourinho dipecat setelah Chelsea tampil buruk pada musim ini.

Kabar mengenai pemecatan Mourinho diumumkan oleh media Inggris, BBC. Menurut BBC, Jose Mourinho dipecat setelah tujuh bulan membawa klub tersebut juara Liga Primer Inggris.

BBC menulis bahwa Jose Mourinho akan menerima seluruh sisa gajinua selama musim ini. Pihak Chelsea memberi tahu Jose Mourinho mengenai pemecatan ini setelah klub mengadakan pertemuan pada sore ini.

Kabar besar datang dari Chelsea, Kamis (17/12/2015) malam WIB. Jose Mourinho akhirnya dipecat sebagai manajer seperti dilansir BBC. Ia dikabarkan menerima pesangon yang sangat besar.

The Blues saat ini menempati peringkat ke-16 klasemen sementara, dengan hanya berselisih satu poin untuk berada di zona degradasi.

Musim lalu, Jose Mourinho sukses membawa tim London Barat menjuarai titel Premier League dan Piala Liga tapi musim ini merupakan masa terkelam bagi Mou.

Chelsea mengalami sembilan kali kekalahan yang merupakan rekor terburuk selama dia melatih. Chelsea saat ini berada di zona kritis dan nyaris degradasi.

Jose Mourinho dipecat setelah Chelsea tampil buruk pada musim ini. Klub tersebut terpuruk di urutan 16 klasemen Liga Primer Inggris.

Chelsea hanya terpaut satu poin dari tim yang berada di zona degradasi. Puncak kekesalan fans adalah ketika Chelsea kalah 2-1 dari Leicester City pekan ini.

Pemecatan Jose Mourinho memunculkan beberapa calon pengganti. Pep Guardiola, Guus Hiddink, Brendan Rodgers, dan Juande Ramos sudah dikaitkan sebagai calon suksesor Jose Mourinho. Pep Guardiola, Guus Hiddink, Brendan Rodgers, dan Juande Ramos disebut-sebut sebagai pengganti Jose Mourinho.

Belum ada yang pasti siapa pengganti Jose Mourinho. Rumornya, Chelsea kemungkinan bakal mendatangkan Pep Guardiola atau Diego Simeone akhir musim panas ini.

Mantan pelatih interim Chelsea, Guus Hiddink juga berpeluang kembali menangani tim Biru. (dailymail/bbc)

See Also

Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
Jaga Kebugaran Tubuh, Persit Kodim 0721/Blora Gelar Senam Aerobic
Owi/Butet Selamatkan Muka Indonesia Dengan Raih Emas Olimpiade Rio 2016
Eko Yuli Irawan Raih Perak Kedua Bagi Indonesia
Posisi Rio Haryanto Di Manor Racing Digantikan Esteban Ocon
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.222.104 Since: 05.03.13 | 0.3026 sec