Redaksi

Tidak Salah Saya Mengutamakan Anak Desa Oelbubuk Soe

Author : Dra Esthi Susanti Hudiono MSi | Friday, 11 Desember 2015 | View : 599

SBN.

Pelatihan ketrampilan hidup untuk anak SMP di Soe yang diorganisir oleh Eni adalah staf lapangan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Satya Wacana Salatiga (UKSW), Jl. Diponegoro No. 52-60, Salatiga, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melalui proses dan dialog panjang. Jadwalnya mengalami penyesuaian beberapa kali. Peran kami adalah fasilitator pemberdayaan lokal dalam membangun inner power terkait dengan isu seksualitas dan kesehatan reproduksi di tataran individu dan komunitas.

Akhirnya saya putuskan untuk tetap melaksanakan di bulan Desember 2015. Sekalipun sibuk luar biasa namun melatih anak di Soe menjadi prioritas. Ketika saya menginjak kaki di halaman pelatihan di balai desa, yang terlihat adalah gedung sekolah dan balai desa yang sederhana. Gedung hasil karya dari proyek PNPM Mandiri.

Ketika menatap mata anak-anak yang ikut pelatihan, hati saya berkata:”Tidak salah memilih melatih mereka”. Mereka sungguh membutuhkannya. Saya tertekat untuk mengusahakan adanya kelanjutan program dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Satya Wacana untuk melakukan pelatihan ketrampilan hidup dengan anak-anak Soe. Semoga kami mendapatkan kesempatan untuk membangun inner power terkait dengan seksualitas dan kesehatan reproduksi remaja di tingkat individu dan komunitas.
Kami melakukan keputusan yang benar melatih di tempat anak-anak itu tinggal dan bersekolah. Sebelumnya ada diskusi mengadakan pelatihan di hotel. Untung saya datang sebagai Master of Trainer dengan pelatih orang lokal yang telah kami latih dan pelatih dari Yayasan Hotline Surabaya. Saya bisa membayangkan dan melihat situasi sesungguhnya yang mereka hadapi.

Anak-anak yang kami latih tidak termotivasi untuk sekolah. Berorangtuakan punya banyak masalah seperti kemiskinan, pisah, diasuh oleh bukan orangtua. Mereka inilah yang kebanyakan bermigrasi ke luar NTT dan menjadi korban. Mengurangi kerentanan mereka harus melalui 3 pendekatan yakni: melatih mereka dengan memberi pengetahuan yang bisa melindungi mereka; mendampingi dan berdialog terus dengan mereka dalam melewati saat-saat sulit; serta mendidik orangtua dalam pengertian luas agar bisa melaksanakan perannya sebagai model. Langsung saya menemukan gambaran besar dari proses perjalanan masalah yang ada. Ujungnya adalah kematian ibu dan anak; eksploitasi seksual dan trafficking. Pendekatan parsial dengan dominasi pandangan dari luar, tidak akan menyelesaikan masalah secara tuntas.

Problem yang serius sekali. Kemiskinan dan budaya kekerasan yang menjadi satu. Betapa rentannya mereka ketika mereka keluar dari daerahnya. Mereka sama sekali tidak tahu bahwa di luar, tidak seramah yang mereka bayangkan. Keluar adalah dorongan alami untuk bebas dari situasi yang menyesakkan. Namun di luar bukan tempat yang aman untuk mereka. Bagaimana membangun daya tahan/inner power dari dalam untuk menghadapi situasi saat ini maupun nanti? (esh)

See Also

Mas Arswendo: Menulis Itu Gampang
Pidato Pertanggungjawaban Atas Penerimaan Soetandyo Wignjosoebroto Award
Merenungi Kepergian KH Hasyim Muzadi
Koalisi Cikeas Usung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni
Saya Mengurus Kewarganegaraan Indonesia Sendiri Dan Tidak Mudah
Lian Gouw Untuk Penyebaran Novel Sejarah Indonesia
Seminar Membangun Ke-Indonesia-an
Rencana Bekerja Untuk Otonomi Perempuan
Ketemu Anak Presiden Di Markobar Surabaya
Mengenang Mas Slamet Riyadi Sabrawi
Batik Cermin Budaya Bangsa Indonesia
Keberlangsungan Batik Dalam Pergulatan
Handoko Wibowo Penerima Yap Thiam Hien Award 2015
Cengkeh Dan Petani Berdaya
Senyum Solidaritas Wong Cilik Yang Aku Suka
Ketika Myra Diarsi Di Tlogo Wening
SBO TV Tentang Masa Orientasi Sekolah
Membimbing Karier Anak
Menulis Karya Besar Yang Berdampak Untuk Yang Lain
Festival Kartini Bersama Wakil Gubernur Dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat
Surat Cinta Untuk Kartini
Wisata Suku Bajo Terbesar Di Dunia
Wisata Darat Di Tomia Wakatobi
Jiwa Entrepreneur Di Belakang Perkembangan Wakatobi
Taman Laut Wakatobi Terbaik Di Dunia
jQuery Slider

Comments

Arsip :201920172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.600.991 Since: 05.03.13 | 0.1357 sec