Redaksi

Inner Power Mulai Dari Pengenalan Dan Pemahaman Diri Dan Orang Lain

Author : Dra Esthi Susanti Hudiono MSi | Monday, 07 Desember 2015 | View : 301

SBN.

Hari ini saya bicara teknik mendapatkan inner power. Teknik dasarnya adalah pengenalan dan pemahaman diri dan orang lain. Inner power saya ini bisa dimulai dari usia kapanpun dan dalam kerangka pencegahan maupun mengatasi masalah yang terjadi.

Mengenali dan pemahaman diri bukan proses sekali jadi lalu selesai. Kita harus terus menerus melakukan up date. Saya sendiri terus menerus melakukan up date dalam mengenali dan memahami diri. Luar biasa, selalu mendapatkan temuan. Saya mengenali memiliki kemampuan firasat dan otak kanan saya juga kuat belum lama. Konyolnya justru saya mengenali model belajar setelah tua. Namun semua tetap relevan dalam kerangka pengembangan diri.

Pengenalan dan pemahaman diri ada yang khusus dan umum. Yang umum berkait dengan fase-fase perkembangan manusia. Yang kritis ada di fase pubertas dan fase setengah baya. Perubahan hormonal dan susunan kimiawi tubuh yang ekstrim ini sangat besar pengaruhnya terhadap psikis. Karena itu mengenali dan memahami apa yang terjadi dan kemudian melakukan penyesuaian diri sangat penting.

Kalau pengenalan dan pemahaman yang terpusat pada diri sendiri maka hasilnya adalah ketidakseimbangan. Karena itu pengenalan dan pemahaman terhadap orang lain juga harus masuk ke dalam kerangka membangun inner power.

Perilaku orang lain apalagi dengan orang terdekat sangat menentukan kesehatan mental kita. Perilaku orang lain melalui perkataan dan perbuatan yang membuat hati kita terluka bisa mentransformasi kata dan perbuatan itu menjadi dendam, marah dan takut serta khawatir.

Hidup yang digerakkan oleh dendam, marah, takut dan khawatir akan membuat kita tidak ke mana-mana. Emosi ini terekspresikan secara luas dan tidak hanya mengenai orang yang menjadi biang keladi. Akibatnya hubungan dengan orang lain menjadi terganggu. Proses perkembangan diri terganggu berat. Karena itu perasaan negatif tersebut harus ditransformasikan ulang menjadi positif, minimal netral. Caranya bagaimana? Cara yang paling mudah adalah dengan mengenali dan memahami mengapa orang itu melakukan perbuataan dan perkataan yang menyakiti kita.

Pengenalan dan pemahaman kita akan mengurangi intensitas dan dampak perasaan yang ditimbulkan. Ada yang bisa menghilangkan sama sekali setelah mengenali dan memahami dan ada yang masih menyisakan emosi. Namun intensitasnya akan berkurang. Dengan demikian emosi menjadi lebih terkendali dan hubungan sosial yang ada menjadi bisa dijaga.

Jadi kenali dan pahami emosi negatif Anda dan sumber terjadinya. Lalu ubahlah emosi tersebut melalui mengenali dan memahami orang yang jadi penyebab. Setelah itu buatlah cara khas Anda sendiri untuk mengontrol emosi tersebut. Dengan kata lain jangan sampai emosi tersebut menjadi pengendali Anda di saat-saat Anda mengambil keputusan dan tindakan penting. Selamat pagi. God bless you all. Saya lagi di Soe jadi Master of Trainer untuk Pendidikan Ketrampilan Hidup yang bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Satya Wacana. Nanti saya sampaikan pengalaman saya di Soe. (esh)

See Also

Mas Arswendo: Menulis Itu Gampang
Pidato Pertanggungjawaban Atas Penerimaan Soetandyo Wignjosoebroto Award
Merenungi Kepergian KH Hasyim Muzadi
Koalisi Cikeas Usung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni
Saya Mengurus Kewarganegaraan Indonesia Sendiri Dan Tidak Mudah
Lian Gouw Untuk Penyebaran Novel Sejarah Indonesia
Seminar Membangun Ke-Indonesia-an
Rencana Bekerja Untuk Otonomi Perempuan
Ketemu Anak Presiden Di Markobar Surabaya
Mengenang Mas Slamet Riyadi Sabrawi
Batik Cermin Budaya Bangsa Indonesia
Keberlangsungan Batik Dalam Pergulatan
Handoko Wibowo Penerima Yap Thiam Hien Award 2015
Cengkeh Dan Petani Berdaya
Senyum Solidaritas Wong Cilik Yang Aku Suka
Ketika Myra Diarsi Di Tlogo Wening
SBO TV Tentang Masa Orientasi Sekolah
Membimbing Karier Anak
Menulis Karya Besar Yang Berdampak Untuk Yang Lain
Festival Kartini Bersama Wakil Gubernur Dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat
Surat Cinta Untuk Kartini
Wisata Suku Bajo Terbesar Di Dunia
Wisata Darat Di Tomia Wakatobi
Jiwa Entrepreneur Di Belakang Perkembangan Wakatobi
Taman Laut Wakatobi Terbaik Di Dunia
jQuery Slider

Comments

Arsip :201920172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.596.479 Since: 05.03.13 | 0.1294 sec