Politik

Maroef Sjamsoeddin Akui Rekam Percakapan Untuk Lindungi Diri

Saturday, 05 Desember 2015 | View : 497

JAKARTA-SBN.

Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Marsda (Purn.) Maroef Sjamsoeddin berbicara di handphone sebelum sidang sebagai saksi di MKD DPR RI, Jakarta, Kamis (3/12/2015). Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin usai disumpah saat sidang sebagai saksi di MKD DPR RI, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin melambaikan tangan ke awak media saat sidang sebagai saksi di MKD DPR RI, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin tersenyum saat menjalani sidang sebagai saksi di MKD DPR RI, Jakarta, Kamis (3/12/2015). Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin bersaksi terkait kasus dugaan pelanggaran etik yang dilakukan Ketua DPR RI periode 2014-2019, Drs. H. Setya Novanto, Ak.

Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin, mengaku merekam pertemuan dia dengan Ketua DPR RI periode 2014-2019, Drs. H. Setya Novanto, Ak. dengan pengusaha minyak Muhammad Riza Chalid di Hotel Ritz-Carlton lantai 21, Pacific Place, Jendral Sudirman Kav. Business District, Jl. Jend. Sudirman No.52-53, Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung Kav.E.1.1 No.1, Mega Kuningan, Kota Jakarta Selatan, pada 8 Juli 2015 lalu.

Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin merekam pembicaraan tersebut dengan menggunakan telepon seluler miliknya.

Saat dihadirkan di persidangan Mahkamah Kehormatan DPR (MKD), Kamis (3/12/2015), Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin menjabarkan alasannya merekam percakapan tersebut. Selain karena curiga pertemuan dengan Setya Novanto itu dihadiri Muhammad Riza Chalid, Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin mengakui sengaja merekam percapakan itu untuk proteksi diri.

"Saya perlu mempersiapkan nanti terjadi hal-hal yang membalikan saya. Saya memerlukan self protection, untuk melindungi diri," terang Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin saat memberikan klarifikasi di MKD DPR RI.

Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin menegaskan aksi perekaman yang dia lakukan itu mengacu pada nilai-nilai akuntabilitas. Apalagi saat itu, kapasitasnya sebagai Presdir PT. Freeport Indonesia, tengah diajak berbicara dengan Ketua DPR RI periode 2014-2019, Drs. H. Setya Novanto, Ak. dan pengusaha minyak, Muhammad Riza Chalid.

"Karena saya sendiri dan mereka berdua, saya membutuhkan self protection kalau ada hal-hal itu, saya bisa melindungi diri," jelas Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin.

Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu khawatir pertemuan itu disalahgunakan oleh lawan bicaranya. Bisa saja, pada suatu waktu, dia dilaporkan balik kepada atasannya, Chairman/Co-Founder Freeport-Mcmoran Inc., James "Jim Bob" R. Moffett, atas pertemuan itu.

"Bagaimana kalau nanti saya yang dilaporkan lebih dulu ke Jim Bob? Saya punya bahasan soal itu. Itu antisipasi saya," pungkas Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin.

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.444.419 Since: 05.03.13 | 0.1778 sec