Hukum

Polisi Bekuk 5 Remaja Merampok 4 Minimarket

Tuesday, 10 Nopember 2015 | View : 626
Tags : Bekasi

BEKASI-SBN.

Kepolisian Resor Kota Bekasi (Polresta Bekasi Kota) berhasil membekuk kawanan perampok spesialis minimarket di wilayah setempat. Kepolisian Resor Kota Bekasi menangkap lima remaja yang merampok empat minimarket selama Oktober 2015.

Dari lima pelaku, empat di antaranya masih berusia belasan tahun, bahkan satu masih di bawah umur. Para perampok ini bernama Sarip Fidayatulloh alias Kumung, 18 tahun; Warman Toyo (18); Deni Alfian Pitoy (19); Ilham Fajar (19); dan MS (15).

Kepala Polresta Bekasi Komisaris Besar (Kombes Pol.) M. Awal Chairuddin, S.I.K., M.H. mengatakan para tersangka antara lain, Sarip Fidayatulloh alias Kumung, 18 tahun, Warman Toyo (18), Deni Alfian Pitoy (19), Ilham Fajar (19), dan MS (15). "Tersangka ditangkap kemarin sore di Cikarang Barat dan Cikarang Utara," beber Kombes Pol. M. Awal Chairuddin, S.I.K., M.H. di Kepolisian Resor Kota Bekasi, Jalan Pramuka No.79, RT001/RW002 Margajaya, Bekasi Selatan, Bekasi, Selasa (10/11/2015).

Sementara, satu tersangka lain, AS, masih dalam pengejaran. "Satu lagi rekan mereka, AS, masih jadi buron," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Bekasi Komisaris Polisi (Kompol) Raden Muhammad Jauhari, S.I.K., M.Si., Selasa (10/11/2015).

Menurut Kombes Pol. M. Awal Chairuddin, S.I.K., M.H., penangkapan terhadap kelompok lokal itu, bermula dari penyelidikan kepolisian dari kasus perampokan empat minimarket selama Oktober 2015 di Cikarang Barat, Cikarang Utara, dan Karang Bahagia.

Polisi berhasil mengidentifikasi para tersangka. Setelah mendapatkan informasi keberadaan para tersangka, petugas gabungan dari Unit Kejahatan dan Kekerasan Satuan Reserse Kriminal Polresta Bekasi, Kepolisian Sekor Cikarang Utara, dan Cikarang Barat, menggerebeknya. "Kami menangkap lima orang," beber Kombes Pol. M. Awal Chairuddin, S.I.K., M.H.

Hasil pemeriksaan sementara, modus yang digunakan para tersangka ialah mempersenjatai diri dengan senjata api jenis airsoft gun dan senjata tajam. Pelaku lalu masuk ke dalam toko yang sudah diincarnya. "Mereka masuk lalu mengancam karyawan Alfamart atau Indomaret menggunakan senjata yang dibawanya," jelas Kombes Pol. M. Awal Chairuddin, S.I.K., M.H.

Setelah para penjaga toko tak berdaya, pelaku dengan leluasa menguras uang di laci kasir dan brankas. Tak hanya itu, pelaku juga mengambil rokok serta kosmetik yang ada di rak toko. Puas dengan jarahannya, pelaku melarikan diri menggunakan sepeda motor. "Pelaku teridentifikasi berdasarkan rekaman kamera pengawas dan keterangan saksi," terang Kombes Pol. M. Awal Chairuddin, S.I.K., M.H.

Dalam kasus itu, sambung Kombes Pol. M. Awal Chairuddin, S.I.K., M.H., polisi menyita empat unit sepeda motor matik, satu pelat nomor, tiga unit telepon selular, dompet salah satu pelaku berisi uang Rp 50 ribu, golok, dan senjata airsoft gun.

Menurut Kompol Raden Muhammad Jauhari, S.I.K., M.Si.,  komplotan ini terbilang lihai. "Mereka beraksi rata-rata tak sampai 5 menit," ujar mantan Kanit II Jatanras Satreskrim Restro Jakarta Utara, Kompol Raden Muhammad Jauhari, S.I.K., M.Si.

"Saat merampok, mereka menutupi wajah dengan helm serta membawa senjata airsoft gun dan celurit untuk menakut-nakuti penjaga toko," tambah dia.

Sebelum merampok toko target, remaja tersebut mengamati kondisi di dalam toko dan situasi di sekitarnya. Kemudian dua-tiga remaja tersebut masuk dan menodongkan senjata. "Tujuannya agar penjaga toko takut," terang Kompol Raden Muhammad Jauhari. "Tapi mereka juga tak segan melukai," imbuh dia.

Setelah penjaga toko tak berkutik, mereka menguras uang di kasir dan brankas. Bukan hanya itu, remaja ini juga menggasak rokok dan kosmetik yang dipajang di rak. "Kerugian mencapai ratusan juta rupiah," ucap Kasat Reskrim Polresta Bekasi. Uang hasil rampasan itu kemudian dipakai untuk bersenang-senang dan taruhan di arena balapan liar.

Sejumlah minimarket yang mereka rampok adalah Alfamart di Jalan Gatot Subroto di Cikarang Utara pada 8 Oktober, Alfamart di Jalan Raya Imam Bonjol di Cikarang Barat pada 9 Oktober, Alfamart di Jalan R.E. Martadinata di Cikarang Utara pada 28 Oktober, dan Indomaret di Jalan Cikarang-Sukatani di Karang Bahagia pada 5 Oktober.

Polisi menyita 4 sepeda motor matik, 1 pelat nomor, 3 telepon selular, dompet salah satu pelaku berisi uang Rp 50 ribu, golok, dan senjata airsoft gun.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka, lima remaja itu kini mendekam di sel tahanan Polresta Bekasi.

Para perampok remaja tersebut dijerat dengan Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan kekerasan. Ancaman hukumannya di atas 5 (lima) tahun penjara. (tem/jos)

See Also

Keterangan Ahli Di Sidang Praperadilan Terkait Eksekusi Penahanan Matheus Mangentang
Peras Mantan Petinggi Polri, Hukuman Sisca Dewi Diperberat
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
KPK Akan Segera Periksa Saksi Dan Tersangka Suap KONI
KPK Cekal Robert Tantular Ke Luar Negeri
Tim Resmob Dan Tarsius Bitung Lumpuhkan Pencuri Kambuhan
Mahkamah Agung Hukum Alfian Tanjung 2 Tahun Penjara
Polda Jatim Duga Ada Kesalahan Teknis Proyek Berujung Jalan Gubeng Ambles
KPAI Apresiasi Langkah Cepat Polri Proses Bahar Bin Smith
Polri Sebut Penahanan Tersangka Bahar Bin Smith Murni Kasus Hukum
Polri Koordinasi Dengan LPSK Amankan 2 Remaja Korban Bahar Bin Smith
Usai OTT KPK, Kemenpora Lanjutkan Program SEA Games-Olimpiade
KPK Sita Miliaran Rupiah Terkait OTT Pejabat Kemenpora Dan KONI
Polri Kantongi Bukti Penganiayaan Oleh Bahar Bin Smith
KPK OTT Pejabat Kemenpora Dan Pengurus KONI
Polres Metro Jakarta Selatan Buru Pembunuh Perempuan Muda Di Kebagusan City
Pembunuh Keji Sopir Taksi Online Divonis 10 Tahun Penjara
Uang Pengganti E-KTP, KPK Sita Rp 862 Juta Dari Setya Novanto
Keterangan Ahli Ketua DPD KAI DKI Jakarta Pada Sidang Lanjutan Julius Lobiua
TNI AL Ringkus Pelaku Narkoba Di Tanjung Ahus
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.541.994 Since: 05.03.13 | 0.1407 sec