Nasional

Aparat Gabungan Kawal Sampah DKI

Saturday, 07 Nopember 2015 | View : 555

BEKASI-SBN.

Aparat gabungan dari unsur kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat (Jabar), mengintensifkan pengawalan distribusi sampah DKI Jakarta.

"Pengawalan ini kita lakukan guna memastikan sampah DKI bisa terdistribusi dengan aman sampai ke Bantargebang, Kota Bekasi," kata Kepala Bagian Operasi Polresta Bekasi Kota Kompol Hersianthony di Bekasi, Sabtu (7/11/2015).

Menurut Kompol Hersianthony, para personel gabungan itu disiagakan di sepanjang Jalan Raya Alternatif Cibubur Kota Bekasi yang menjadi rute lintasan truk sampah DKI menuju Jakarta.

Salah satu upaya pengawasan adalah mengantisipasi terjadinya pemblokiran truk sampah milik Pemprov DKI Jakarta yang menuju TPST Bantargebang Kota Bekasi.

Sebanyak 700 personel gabungan dari pihak Kepolisian Polresta Bekasi Kota, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi sebelumnya dilepas melalui apel siaga di Mapolresta Bekasi Kota.

"Penjagaan akan dilanjutkan hingga pukul 00.00 WIB nanti," ujar Kompol Hersianthony.

Kompol Hersianthony mengatakan, agenda pengawalan itu belum dapat ditentukan berlangsungnya sampai kapan karena harus menunggu instruksi Kapolresta Bekasi Kota.

"Kami mengimbau agar warga masyarakat tidak melakukan aksi penghadangan truk sampah. Karena hal itu akan benyak menimbulkan kerugian kepada masyarakat lain yang terkena imbas kemacetan," tukas Kompol Hersianthony.

Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. datang ke Balai Kota untuk membahas persoalan sampah yang tengah mengkungkung Ibu Kota, Jumat (6/11/2015).

"Kita datang ke sini kita mau menyampaikan kepada Gubernur, ini masalah sampah kan problem. Ini kalau arus sampah tidak jalan dengan normal itu akan mengakibatkan penumpukan di Jakarta. Itu akan mengganggu ketertiban umum," ungkap Irjen. Pol. Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. usai bertemu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Ia mengatakan, dari hasil pembicaraan dengan Gubernur DKI JakartaBasuki Tjahaja Purnama, pihaknya akan menindaklanjuti dengan membentuk tim dari jajaran reserse untuk mengungkap kemungkinan penyimpangan dalam hal pengelolaan sampah.

"Lalu kami akan bekerja sama, berupaya menjamin agar arus sampah dapat berjalan dengan lancar dari Jakarta ke Bantargebang. Oleh karena itu, ini akan melibatkan Kota Bekasi, kami akan berkordinasi, Kapolres Bekasi Kota akan membentuk tim di sana," ujarnya.

Hal tersebut sebagai bentuk dukungan supaya truk-truk sampah dapat beroperasi dengan lancar serta tidak diadang oleh sekelompok masyarakat yang tidak bertanggungjawab. Dengan tegas ia pun memerintahkan supaya menangkap orang-orang yang mengadang truk tanpa ampun.

"Saya juga sudah berkordinasi dengan Kapolda Jawa Barat dan Kapolres Bogor. Memang dilakukan langkah-langkah mediasi di sana. Diantaranya, jam 21.00-05.00, tapi kalau melihat jumlah volume sampah yang cukup banyak, dan jumlah truk yang banyak, bertemu di satu titik di jam yang sama itu akan mengakibatkan terjadinya penumpukan," terangnya.

Hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya kemacetan lalu lintas sehingga membuat publik terganggu pula. Dengan demikian, pihaknya pun akan membicarakan lagi dengan Kapolri, Kapolda Jawa Barat dan Kapolres, agar waktu operasi bisa dibuka, lebih panjang.

"Kalau memang diperlukan, kami akan lihat siapa ini yang berada di belakang penghadangan. Apakah betul murni dari masyarakat atau dari kelompok tertentu. aksi premanisme. Ini yang sedang kita jalankan. Kami sudah tahu kelompok-kelompoknya," pungkas Irjen. Pol. Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. (ant)

See Also

Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.909.186 Since: 05.03.13 | 0.1473 sec