Nasional

Evakuasi Pesawat Batik Air Berlangsung Lambat

Saturday, 07 Nopember 2015 | View : 750

YOGYAKARTA-SBN.

Pesawat maskapai penerbangan Batik Air berpenumpang 161 orang dengan nomor penerbangan ID 6380 jurusan Jakarta-Yogyakarta itu tergelincir di Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat mendarat sekitar pukul 15.05 WIB pada Jumat (6/11/2015) sore.

General Manager PT. Angkasa Pura I Kolonel (Penerbang) Agus Pandu Purnama mengatakan evakuasi pesawat Batik Air yang tergelincir di Landasan Ujung Timur Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (6/11/2015) sore, dilakukan Jumat (6/11/2015) malam ini.

Pesawat Batik Air ID-6380 yang tergelincir di Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakakarta, Jumat (6/11/2015) baru akan ditarik malam ini dari ujung landasan ke apron.

"Evakuasi pesawat insyaallah nanti malam," ucap Kolonel (Penerbang) Agus Pandu Purnama di kawasan Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta, Jumat (6/11/2015).

Menurut dia evakuasi pesawat rute penerbangan Cengkareng-Yogyakarta akan dilakukan dengan mendatangkan tim dari Jakarta yang akan membawa peralatan untuk menarik pesawat.

"Saat ini kondisi pesawat sedang dicek dan dijaga, nanti malam kita datangkan peralatan dari Jakarta untuk menarik ke apron," jelas General Manager Bandara Internasional Adisutjipto, Kolonel Pnb Agus Pandu Purnama.

"Malam ini akan dievakuasi. Namun kami masih menunggu alat dari Jakarta dan Solo," tambah GM Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Kolonel Penerbang Agus Pandu Purnama, Jumat (6/11/2015).

Proses pengangkatan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6380 yang tergelincir di landasan Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta, Jumat (6/11/2015), rencananya akan menggunakan bantuan balon udara atau selve.

"Untuk membantu evakuasi kami gunakan balon udara. Balon ini memiliki kekuatan 45 ton," imbuh dia.

Evakuasi dilakukan dengan memindahkan pesawat dari ujung Utara landasan pacu (runway) 27 menuju Apront atau tempat parkir pesawat untuk memperlancar lalu lintas penerbangan lainnya.

Kolonel Penerbang Agus Pandu Purnama menuturkan, tim teknis Bandara Internasional Adisutjipto sudah melakukan rute untuk evakuasi pesawat Batik Air yang tergelincir di Runway 27 sore tadi.

"Masih ada 6 flight lagi dari Yogyakarta. Kami menunggu penerbangan selesai," kata Kolonel Penerbang Agus Pandu Purnama.

Sementara itu Komandan Pangkalan Udara, Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Marsekal Pertama (Marsma) TNI AU Imran Baidirus, S.E. mengatakan bahwa pesawat mengalami kerusakan di ban depan karena terperosok ke dalam tanah.

Berdasarkan pengamatan badan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6380 disorot dengan lampu.

Pascakecelakaan Batik Air tersebut, aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto sudah kembali normal setelah sempat ditutup selama satu jam. Aktivitas penerbangan pun tampak lancar meski pasca-kejadian landasan sempat ditutup satu jam.

Evakuasi pesawat Batik Air yang tergelincir di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta berlangsung lambat.

Hingga Sabtu (7/11/2015) dini hari, tim evakuasi baru bisa mengangkat badan pesawat, tetapi belum bisa memindahkannya ke lokasi aman.

Sementara itu, akun Twitter pengamat penerbangan Gerry Soejatman yang beralamat di GerryS, membagikan sejumlah foto yang terjadi sesaat setelah pesawat itu tergelincir.

See Also

Warga Kodim 0716/Demak Turut Dalam Car Free Day
Veteran Demak Nostalgia Akan Sejarah Dengan Nobar
Mahapasti Gelar Konservasi Mangrove Dan Bersih Pantai
Ibu Persit Kodim 0716/Demak Menyabet 2 Penghargaan
Kodim 0716/Demak Kedatangan Tim Wasrik ItDam IV/Diponegoro
Rektor UMK Sebut Tiga Syarat Menjadi Pemimpin
Danrem 162/Wira Bhakti Memastikan Seluruh Jajarannya Putar Film G 30 S/PKI
Status Awas Gunung Agung
Presiden Joko Widodo Tonton Film G 30 S/PKI
Menjawab Tantangan Dengan Kerja Bersama
Kronologi Angkot KWK U11 Terbakar Di Pluit
Pelantikan Pejabat Pemprov DKI Jakarta Akan Digelar
Libur, Satgas TMMD Dan Warga Tetap Rehab Rumah
Sungkem Dengan Sesepuh, Mohon Kesuksesan TMMD
RT Yang Rajin Pantau Warganya Di Lokasi TMMD
Semangati Warga, Kades Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Perehaban RTLH Dikerjakan Seteliti Mungkin
Satgas TMMD Terapkan Sistem Banjardowo Untuk Ringankan Pekerjaan
Hari Ke-7 TMMD, Semangat 45 Satgas TMMD Tetap Terjaga
Paket Komplet Di Rehab RTLH TMMD Rempoah
Di Pekerjaan Vital TMMD, Danramil 02/Baturaden Tak Melepas
Manunggalnya TNI Dengan Rakyat Semakin Nyata Di TMMD Rempoah
Semangat Kebersamaan Picu Rehab Rumah Mbah Yasroni
Tetap Semangat Di Pekerjaan TMMD
Pantau Langsung Perehaban Rumah Di TMMD
jQuery Slider
Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.111.923 Since: 05.03.13 | 0.2036 sec