Nasional

Kapolri Sebut Anak Imam Samudera Punya Jaringan Radikal Di Indonesia

Thursday, 29 Oktober 2015 | View : 777

JAKARTA-SBN.

Anak pelaku bom Bali 2002, Imam Samudera bernama Umar Jundul Haq (19) tewas terbunuh di Suriah. Pemuda 19 tahun ini merupakan putra sulung Imam Samudera yang telah di eksekusi mati pada 2008 lalu bersama Amrozi dan Muklas.

Umar Jundul Haq yang biasa dipanggil Uncu, diyakini telah bergabung ke kelompok teroris Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) atau Negara Islam atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Islamic State (IS) atau The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau Islamic State of Iraq and Syria atau Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) yang lebih dikenal dengan Islamic State (IS) atau Negara Islam (IS) sejak dua tahun yang lalu.

Kematian Umar Jundul Haq alias Uncu pertama kali disebut oleh pengamat terorisme dari Instittute for Policy Analysis of Conflict (IPAC) Sydney Jones.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) ke-22 yang mulai menjabat sejak 17 April 2015, Jenderal Polisi (Jend. Pol.) Drs. Badrodin Haiti membenarkan soal informasi tewasnya Umar Jundul Haq. Ia mendapat kabar itu, sekitar dua minggu silam.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) ke-22 yang mulai menjabat sejak 17 April 2015, Jenderal Polisi (Jend. Pol.) Drs. Badrodin Haiti memastikan tewasnya Umar Jundul Haq (19), putera pelaku bom Bali 2002, Imam Samudera, di Suriah.

"Saya dapat informasi itu sekitar dua pekan lalu dari jaringan di sana. Benar itu anaknya Imam Samudera," ungkap mantan Kadivkum Polri (2010) Jend Pol. Drs. Badrodin Haiti kepada wartawan di PTIK Jakarta, Jl.Tirtayasa No.6 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin (26/10/2015).

Mantan Kapolda Jawa Timur (2010-2011), Jend. Pol. Drs. Badrodin Haiti membenarkannya ketika dikonfirmasi soal apakah Umar Jundul Haq memiliki jaringan radikal di Indonesia.

“Ya punyalah. Jaringan ISIS dan jaringan teroris. Pastinya jaringan ini berbahaya," terang mantan Kapolda Sulawesi Tengah (2006) Jend Pol. Drs Badrodin Haiti, Rabu (29/10/2015).

Lebih lanjut, ditanya soal apakah pihaknya sudah memerintahkan tim Densus 88 untuk memetakan jaringan radikal dibawah Umar Jundul Haq, mantan Kapolda Banten (2004) Jend Pol. Drs. Badrodin Haiti ‎membenarkan. Namun ia enggan membeberkan secara detail soal pemetaan tersebut.

"Sudah, tapi tidak bisa saya beberkan," imbuh mantan Kapolda Sumatera Utara (2009-2010).

Selain anak Imam Samudera, Polri juga mencatat ada 350 Warga Negara Indonesia (WNI) yang bergabung dengan kelompok teroris Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) atau Negara Islam atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Islamic State (IS) atau The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau Islamic State of Iraq and Syria atau Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) yang lebih dikenal dengan Islamic State (IS) atau Negara Islam (IS).

Mantan Dir I Bareskrim Polri (2008-2009), Jend Pol. Drs. Badrodin Haiti menambahkan berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, saat ini ada sekitar 350 WNI yang berada di Suriah dan bergabung dengan kelompok teroris Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) atau Negara Islam atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Islamic State (IS) atau The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau Islamic State of Iraq and Syria atau Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) yang lebih dikenal dengan Islamic State (IS) atau Negara Islam (IS).

"Itu datanya by name, belum termasuk yang ilegal‎ juga ada," tegas mantan Kapoltabes Medan (2000), Jend Pol. Drs. Badrodin Haiti. (tri/jos)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.649.166 Since: 05.03.13 | 0.1697 sec