Internasional

Presiden Sambut Kunjungan Perdana Ratu Denmark

Thursday, 22 Oktober 2015 | View : 598

JAKARTA-SBN.

Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan kehormatan perdana Ratu Margrethe II Denmark beserta Pangeran Henrik di Istana Merdeka, Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015).

Presiden Jokowi menyambut kedatangan sang Ratu beserta Pangeran secara resmi dengan upacara penyambutan kenegaraan tepat pada pukul 10.30 WIB.

Ibu Negara Iriana mengenakan kebaya berwarna oranye cerah dengan balutan batik cokelat, sementara Margrethe memakai terusan hijau cerah bermotif bunga berwarna ungu merlot lengkap dengan topinya.

Acara penerimaan dimulai dengan dinyanyikannya Lagu Kerajaan Denmark, Kong Christian stod ved højen mast, dilanjutkan dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya disertai penembakan meriam sebanyak 21 kali. Presiden Jokowi dan Ratu Denmark Margrethe II lantas melakukan tradisi berjalan sejajar di karpet merah berbentuk segitiga.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut Jokowi memandu Ratu Denmark Margrethe II untuk menandatangani buku tamu, sebelum akhirnya kedua kepala negara bersiap untuk melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Kerajaan Denmark pada pukul 11.10 WIB.

Setelah acara itu, Ratu Denmark Margrethe II beserta rombongan akan bertolak meninggalkan Istana untuk menghadiri kunjungan kehormatan lainnya. Namun, pada pukul 19.00 WIB nanti, ia akan kembali ke Istana Negara.

Di sana, mantan Wali Kota Solo tersebut, Jokowi akan menjamu Ratu Denmark Margrethe II dalam acara Jamuan Makan Malam Kenegaraan.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk pertama kalinya, Ratu Denmark, Margrethe II, bersama suaminya, Pangeran Henrik, akan bertandang ke Indonesia pada 21-24 Oktober mendatang.

"Ini akan menjadi sejarah karena ini momen penting karena dalam satu tahun, Ratu hanya berkunjung ke negara lain 1-2 kali saja. Tahun ini, Ratu memilih Indonesia," ujar Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Casper Klynge, di sela santap siang bersama jurnalis di kediamannya di Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Kunjungan ini sudah dipersiapkan sejak lama. Menurut Casper Klynge, Ratu pun sudah beberapa kali melontarkan keinginannya untuk bertandang ke Indonesia.

"Saya sempat bertemu dengan Ratu sekitar tiga kali sebelumnya, ia selalu bertanya mengenai kesempatan datang ke Indonesia," kata Casper Klynge.

Kepastian akhirnya didapatkan Klynge sekitar delapan bulan lalu. "Tentu saya sangat senang karena Ratu berusia 65 tahun dan rela terbang jauh ke negara yang saya wakili," kata Casper Klynge.

Didampingi Menteri Luar Negeri Denmark, Kristian Jensen, dan Menteri Energi Denmark, Lars Christian Lilleholt, Margrethe akan singgah ke Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Dalam setiap kunjungan, Ratu Margrethe II akan membahas masalah maritim, agribisnis, teknologi ramah lingkungan, dan gaya hidup. Casper Klynge membocorkan bahwa salah satu perusahaan yang akan dikunjungi adalah pabrik ECCO di Surabaya.

Selain itu, para delegasi juga akan berbagi ilmu cara menjalankan teknologi maritim dan daur ulang yang baik untuk alam. "Denmark sangat ahli dalam bidang ini. Kami harap, kita dapat berbagi pengetahuan. Tak hanya itu, kami juga akan bahas pengembangan pasar," ucap Casper Klynge.

Casper Klynge juga mengakui akan ada beberapa nota kesepahaman yang ditandatangani antara pemerintah Indonesia dan Denmark. Meskipun enggan menyebut sektor spesifik, Casper Klynge memastikan bahwa MoU tersebut merupakan langkah awal dari ikatan kerja sama erat kedua bangsa.

Selain membahas isu berat, Ratu Margrethe II dan Consort, HRH Pangeran Henrik akan menikmati suguhan kebudayaan di tanah Yogyakarta. Menginjakkan kaki ke tanah Asia, sambung Casper Klynge, akan menjadi momen kenangan tersendiri bagi Consort.

"Suami Ratu adalah orang Prancis yang tumbuh di Vietnam. Ia sangat ingin kembali ke Asia," tutur Casper Klynge.

Perjalanan pun akan diakhiri dengan kunjungan Ratu Margrethe II ke Candi Prambanan. (cnn/jos)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.215.103 Since: 05.03.13 | 0.2426 sec