Internasional

Pemprov DKI Jakarta Dihadiahi 8 Set Permainan Lego Oleh Ratu Denmark

Thursday, 22 Oktober 2015 | View : 454

JAKARTA-SBN.

Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa "Ahok" mendampingi kunjungan Ratu Denmark Margrethe II ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Cideng, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015).

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerima delapan set permainan Lego yang diberikan oleh Ratu Denmark Margrethe II, ketika melakukan kunjungan ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cideng, Jakarta Pusat.

Ratu Denmark, Margrethe II memberikan delapan set lego untuk disimpan di RPTRA tersebut serta enam RPTRA lainnya yang sudah jadi.

Delapan set permainan Lego tersebut diterima oleh Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M., Kamis (22/10/2015).

Permainan lego tersebut bisa digunakan oleh anak-anak yang bermain ke RPTRA tersebut.

"Selain RPTRA Cideng, rencananya Pemerintah Denmark juga akan memberikan permainan Lego di enam RPTRA lain yang sudah dibangun di Jakarta," kata mantan anggota Komisi II DPR RI Fraksi Golongan Karya (Golkar), Basuki Tjahaja Purnama.

Menurut dia, kunjungan yang dilakukan oleh Ratu Margrethe II di RPTRA Cideng merupakan suatu kehormatan. Dalam kunjungan itu, Ratu Margrethe II dapat mengetahui kondisi anak-anak secara langsung.

"Kita kan punya hubungan dagang cukup baik, saya kira satu kehormatan Ratu mau datang. Dia tanya apa konsepnya, ya, saya sampaikan, kalau ini bukan sekedar taman karena setiap keluarga di Jakarta punya kesusahan masing-masing," ujar Basuki Tjahaja Purnama di lokasi.

Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan pada Ratu Margrethe II, RPTRA dibutuhkan karena masyarakat membutuhkan tempat untuk berkumpul mulai dari bayi hingga tua sehingga bisa berbagi rasa dan memperhatikan satu sama lain.

"Tadi saya sampaikan kepada beliau bahwa RPTRA ini bukan sekadar taman. Setiap keluarga di Jakarta punya kesusahan masing-masing, makanya kita butuh satu tempat untuk berkumpul dan saling berbagi sesama warga," papar mantan Bupati Belitung Timur tersebut, Basuki Tjahaja Purnama.

Selain tempat berkumpul dan berbagi, dia mengungkapkan bahwa RPTRA juga merupakan tempat bagi seluruh warga setempat untuk belajar berdagang, terutama dengan adanya PKK Mart.

"Saya katakan, saya bangun ini pun kita minta tanya sama seluruh lapisan umur, kalian inginnya apa. Tempat ini juga saya jelaskan, ini untuk belajar, dagang juga, makanya kita PKK Mart ini adalah produk dengan harga grosir," katanya.

"Dengan adanya PKK Mart yang didirikan di RPTRA, warga bisa belajar berdagang. Harga di PKK Mart juga cukup bersaing karena langsung dari pabrik. PKK Mart akan menjadi distributor bagi toko-toko kelontong yang dimiliki warga," jelasnya.

Untuk membantu peningkatan ekonomi kerakyatan di DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah mendata warga yang memiliki usaha toko kelontong dirumahnya.

Dari hasil pendataan sementara, ada sebanyak 3.000 toko kelontong yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Irwandi mengatakan ribuan toko kelontong yang tersebar di enam wilayah DKI Jakarta akan menjadi konsumen dari PKK Mart.

"Jadi kemarin baru kami data. Sudah ada sekitar 3.000 toko kelontong rumahan. Nah ini adalah konsumen-konsumen kami. Jadi PKK Mart ini nanti menjadi distributor," kata Irwandi, Kamis (22/10/2015).

Untuk menyuplai barang-barang ke PKK Mart, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan produsen makanan dan minuman serta Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), sehingga bisa mendapatkan harga produsen.

"Kami nanti bekerja sama dengan pabrikan dan Aprindo. Dan pabrik-pabrik itu semua akan mensuplai PKK Mart, begitu juga Aprindo," ujarnya.

Ketua Umum Aprindo, Roy N Mandey mengatakan pihaknya mendukung rencana Pemprov DKI mendirikan PKK Mart di RPTRA. Aprindo siap menyuplai barang-barang yang akan dipasok ke PKK Mart.

"Kami akan mendukung dari pengadaan barangnya, distribusi barangnya, sehingga bisa didistribusikan PKK Mart kepada warung rumahan, pedagang kelontong atau asongan. Jadi, kami harapkan ini adalah satu distribusi channel yang baru dalam mengatasi perlambatan ekonomi," katanya.

Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Ratu Margrethe II juga terlihat senang setelah mendengar hal tersebut ditambah lagi Duta Besar Denmark untuk Indonesia juga turut menyampaikan sebelumnya.

"Makanya dia senang, mau lihat permainan apa saja, salah satunya saya terimakasih dapat lego itu," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, delapan set Lego yang diterima langsung dimainkan oleh anak-anak yang sudah berkumpul di RPTRA Cideng.

Didampingi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Ratu Margrethe II pun sempat menghampiri anak-anak yang tengah asyik mememainkan Lego tersebut.

RPTRA Cideng sendiri dipilih untuk diberikan lego pertama kali karena merupakan RPTRA yang paling luas dan paling mudah untuk mobilitas, terutama pengawalan. (ant/jos)

See Also

Boris Johnson Terpilih Sebagai PM Inggris Baru
Menlu Inggris Ancam Iran
Laut China Selatan Tegang
Presiden AS Pecat Direktur Dinas Rahasia
Kapal China Dekati Pulau Filipina
Thailand Dilanda Badai Pabuk
Warga Kelas Menengah Australia Akan Kian Sulit Dapat Kredit Perumahan
Donald Trump Kunjungi Militer AS Di Irak
Kota Surabaya Raih Guangzhou Awards 2018
Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
Turki Adakan Pemilu Hari Ini
Arab Saudi Resmi Mencabut Larangan Perempuan Menyetir
Gempa Guncang Osaka
Amerika Serikat Keluar Dari Dewan HAM PBB
Suriah Berhasil Usir ISIS
Kementerian Pertanian Cegah Rock Melon Australia Masuk Indonesia
Perwakilan Nahdlatul Ulama Dan Wahid Foundation Temui Dubes Amerika Serikat
Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
China Meminjamkan Sepasang Panda Ke Indonesia
Spanyol Buru Sopir Pelaku Teror Di Barcelona
Serangan Teror Di Barcelona
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.538.777 Since: 05.03.13 | 0.1517 sec