Internasional

Iran Pamer Rudal Pemusnah Yang Tersimpan Di Terowongan

Friday, 16 Oktober 2015 | View : 492
Tags : Iran

TEHERAN-SBN.

Televisi pemerintah Iran telah menyiarkan rekaman yang belum pernah terjadi sebelumnya, berupa terowongan bawah tanah berisi rudal lengkap dengan unit peluncur di dalamnya. Para pejabat di Iran menegaskan perangkat perang ini bisa saja digunakan jika 'musuh berbuat kesalahan'.

Gambar-gambar yang dirilis hanya tiga hari setelah Iran menguji coba rudal jarak jauh baru bahwa Amerika Serikat (AS) mengatakan mungkin telah melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Rekaman itu juga muncul sehari setelah parlemen Iran menyetujui kesepakatan nuklir tengara negara itu dengan enam kekuatan dunia pada bulan Juli.

Rekaman diikuti tekanan dari anggota parlemen untuk membuktikan militer belum dilemahkan oleh kesepakatan. Para pejabat Iran telah mengatakan perjanjian nuklir tidak akan mempengaruhi kekuatan militernya, terutama program rudal balistik.

Peluncuran rudal dan rekaman bawah tanah diikuti tekanan dari anggota parlemen untuk membuktikan militer belum dilemahkan oleh kesepakatan.

Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh, Komandan Divisi Kedirgantaraan Republik Islam Pengawal Revolusi ', menyatakan banyak terowongan seperti itu ada di seluruh negeri pada kedalaman 500 meter.

'Basis rudal jarak jauh Republik Islam itu ditempatkan dan siap di bawah pegunungan di provinsi dan kota-kota di negara itu, "katanya, menurut situs Pengawal pemerintah. Terowongan, ratusan meter panjang dan tinggi sekitar 10 meter, dipenuhi dengan rudal dan hardware.

Komandan itu mengatakan rudal itu siap diluncurkan dari seluruh Iran, berdasarkan perintah urutan 'tertinggi komandan', Ayatollah Ali Khamenei.

"Ini adalah contoh dari pangkalan rudal besar kami," katanya, menambahkan bahwa 'generasi baru dan canggih dari jarak jauh cair dan rudal bahan bakar padat' akan mulai menggantikan senjata saat tahun depan.

Komandan tampaknya menyarankan unjuk kekuatan itu dalam menanggapi kekuatan Barat, khususnya Amerika Serikat, yang meskipun kesepakatan nuklir, mengatakan opsi terhadap Iran, termasuk salah satu militer, tetap di atas meja.

'Mereka yang pin harapan pada pilihan di atas meja, hanya harus melihat pada pilihan tentara republik Islam di bawah meja. Hajizadeh mengatakan Iran tidak akan memulai perang, tapi 'jika musuh melakukan kesalahan, basis rudal akan meletus seperti gunung berapi dari kedalaman bumi.

AS pada Selasa (13/10/2015) mengatakan Teheran mungkin telah melanggar resolusi Dewan Keamanan selama tes hari Minggu (11/10/2015) dari rudal Imad baru.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan ada 'indikasi kuat' bahwa Teheran 'melakukan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB yang berkaitan dengan kegiatan rudal balistik Iran'. 

Di bawah resolusi melewati hari setelah kesepakatan nuklir tercapai, Iran dilarang oleh Dewan Keamanan mengembangkan rudal 'dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir'. Namun Gedung Putih bersikeras peluncuran akan tidak berdampak pada perjanjian nuklir yang dijadwalkan akan secara resmi dilaksanakan akhir tahun ini. (reuters/afp)

See Also

Perwakilan Nahdlatul Ulama Dan Wahid Foundation Temui Dubes Amerika Serikat
Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
China Meminjamkan Sepasang Panda Ke Indonesia
Spanyol Buru Sopir Pelaku Teror Di Barcelona
Serangan Teror Di Barcelona
Malala Yousafzai Peraih Nobel Diterima Di The University Of Oxford
Seorang Pria Lukai 5 Orang Di Swiss
Pria India Mengaku Danai Al-Qaeda Ribuan Dolar AS
PM Irak Secara Resmi Umumkan Pembebasan Mosul Dari ISIS
Pasukan Irak Bebaskan Bandara Mosul Dari ISIS
Pasukan Irak Bebaskan Dua Desa Di Dekat Mosul
ISIS Paksa Anak Kecil Dan Penyandang Disabilitas Kemudikan Truk Bermuatan Bom
Donald Trump Janji Persatukan Bangsanya Dan Bawa Perubahan
Gempa Di Italia Tengah
Polisi Istanbul Tangkap Pelaku Penembakan Kelab Malam Turki
Kongres AS Tetapkan Donald Trump Pemenang Pilpres
Kisruh Patung Budak Seks, Jepang Tarik Duta Besarnya Untuk Korsel
Penembakan Di Fort Lauderdale Tewaskan 5 Orang
AS Akan Pindahkan Empat Tahanan Guantanamo Ke Arab Saudi
Michelle Obama Akan Tampil Terakhir Sebagai First Lady Di Tonight Show
Turki Tahan 147 Terduga Militan ISIS
Turki Ancam Penjarakan Pengguna Sosmed Sanjung Terorisme
ISIS Mengaku Bertanggung Jawab Atas Serangan Istanbul
Tak Ada Korban WNI Dalam Serangan Istanbul
jQuery Slider
Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.220.591 Since: 05.03.13 | 0.2205 sec