Politik

17 Anggota Komite Konvensi Demokrat Terbentuk

Sunday, 11 Agustus 2013 | View : 1049

JAKARTA-SBN.

Mantan Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat yang sekarang adalah Sekretaris Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Ir. Jero Wacik, S.E. mengungkapkan anggota Komite Konvensi penjaringan Calon Presiden terdiri dari 7 orang kader partai dan 10 tokoh independen. "Komposisi anggota komite konvensi seperti itu, menunjukkan kepada publik, bahwa kami serius melaksanakan konvensi secara demokratis,” tutur Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI ke-14, Ir. Jero Wacik, S.E. di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Ahad (11/8/2013).

Dibentuknya Komite Konvensi yang melibatkan tokoh-tokoh eksternal partai bisa berdampak positif pada pelaksanaan hajatan konvensi penjaringan Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrat. Dengan melibatkan tokoh dari luar partai, setidaknya publik akan melihat bahwa konvensi berjalan fair.

“Setidaknya, keberadaan tokoh-tokoh dari eksternal partai meletakkan konvensi tak di bawah kepentingan orang tertentu,” tukas pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Andi Syafrani, di Jakarta, Ahad (11/8/2013). “Upaya menggandeng orang nonpartisan untuk masuk Komite Konvensi bertujuan menarik serta membuat konvensi tersebut berjalan fair,” kata Andi Syafrani. “Harapannya tentu agar partai-partai lain tertarik ikut, Konvensi tidak dalam kontrol satu kekuatan politik di Demokrat,” lanjutnya. “Dengan begitu, tokoh atau calon dari luar Demokrat tertarik ikut maju dalam konvensi karena fairness yang ditawarkan,” sambung dia. “Ini agar para capres nonparpol tertarik ikut dan merasa nyaman,” tambah dia. Seharusnya, ujar Andi Syafrani, keberadaan Komite Konvensi yang mengakomodasi tokoh dari luar partai bisa berdampak positif secara politik.

Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat (DPP PD) akhirnya memutuskan dan menetapkan 17 anggota komite konvensi penjaringan calon presiden. Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI ke-12 sejak 21 Oktober 2004 hingga 1 Oktober 2009 menyebutkan penunjukan dan penetapan anggota komite konvensi itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) DPP Partai Demokrat Nomor 19 Tahun 2013 tentang Pembentukan Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat. “Berdasarkan Surat Keputusan Majelis Tinggi Nomor 19 Tahun 2013 tentang Konvensi Capres Partai Demokrat 2014, memutuskan pembentukan Komite Konvensi yang terdiri dari 17 orang dengan Muhammad Maftuh Basyuni sebagai Ketua Komite merangkap anggota,” kata Ir. Jero Wacik, S.E., Ahad (11/8/2013).

Namun, karena ini ajang politik, pasti banyak pula prejudice atau prasangka orang tentang adanya muatan-muatan politik di arena konvensi tersebut. Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Ir. Jero Wacik, S.E. mengatakan Majelis Tinggi Partai Demokrat secara resmi mengumumkan pembentukan Komite Konvensi Capres Partai Demokrat beserta nama-nama pengurusnya. Mantan Menteri Agama (Menag), Muhammad Maftuh Basyuni, terpilih menjadi ketua yang juga merangkap anggota komite.

“Muhammad Maftuh Basyuni sebagai mantan Menag dianggap sangat kompeten oleh Majelis Tinggi Partai Demokrat untuk memimpin Komite Konvensi,” ujar Ir. Jero Wacik, S.E. kelahiran Singaraja 64 tahun silam. “Dia itu netral, negarawan, kredibel, bijak. Kita harapkan beliau akan bisa mengemban tugas komite ini dengan jujur, independen, dan dapat mencari Capres yang terbaik bagi indonesia,” sambung Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Ir. Jero Wacik, S.E.

Mantan anggota DPR RI, Ir. Jero Wacik, S.E. menerangkan komite konvensi diberikan mandat oleh Majelis Tinggi Partai Demokrat untuk menyelenggarakan konvensi Calon Presiden RI 2014-2019. “Majelis Tinggi Partai memberikan mandat penuh kepada komite konvensi untuk menyusun tugasnya,” ujar Menteri ESDM, Ir. Jero Wacik, S.E. “Anggota komite wajib berkonsultasi dengan Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat kalau terdapat persoalan fundamental dan tak diatur dalam ketentuan penyelenggaraan konvensi,” tambah alumnus Institut Teknologi Bandung tahun 1974 ini.

Menteri ESDM Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Ir. Jero Wacik, S.E. melanjutkan, komite ini diberikan tugas dengan mandat dari Majelis Tinggi Partai Demokrat untuk menyelenggarakan konvensi serta menetapkan dan mengusulkan “Capres yang akan diusung Partai Demokrat pada Pemilu 2014 sesuai aturan konvensi,” ucap Ir. Jero Wacik, S.E. “Mereka wajib berpegang teguh pada AD/ART Partai Demokrat dan peraturan tata tertib yang berlaku karena mereka mendapat mandat penuh dalam melaksanakan tugasnya,” jelas alumnus Universitas Indonesia tahun 1983 tersebut.

“Sampai saat ini telah ada 11 nama yang diundang untuk mengikuti konvensi capres Demokrat,” kata mantan anggota DPR RI tersebut. “Kami menghubungi satu-satu. Kode etik nggak boleh sebut dulu, beliau-beliau menyatakan serius untuk ikut. Nanti komitenya akan menghubungi lebih detail, pembicaraan lebih lanjut,” imbuh Ir. Jero Wacik, S.E. “Sejumlah tokoh yang diundang tersebut dari berbagai kalangan, termasuk menteri dan partai politik di luar Demokrat,” ujar dia lagi. Namun demikian, dia belum bisa membeberkan nama-nama tersebut untuk mematuhi kode etik.

Sekretaris Komite Konvensi, Suaidi Marrasabessy, mengatakan dengan diputuskannya susunan kepengurusan Komite Konvensi, dia bersama ketua dan anggota lainnya akan bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi, Susilo Bambang Yudhoyono.

“Tugas komite konvensi dengan sendirinya berakhir setelah calon presiden dan wakil presiden yang diusung oleh Partai Demokrat ditetapkan," tandas mantan Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat, Ir. Jero Wacik, S.E.

Anggota Komite Konvensi Demokrat:

1. Muhammad Mahtuf Basyuni Ketua Komite merangkap Anggota

2. Taufiqqurahman Ruki Wakil Ketua merangkap Anggota

3. Suaidi Marrasabessy Sekretaris merangkap Anggota

4. Andi Timo Pangerang Bendahara merangkap Anggota

5. Soegeng Sarjadi

6. Margiono

7. T.P. Rachmat

8. Effendi Ghazali

9. Christianto Wibisono

10. Indrawaty Sukadis

11. Didi Irawadi Syamsuddin

12. Hinca Panjaitan

13. Wisnu Wardhana

14. Putu Suasta

15. Humprey Djemat

16. Charis Rully

17. Vera Febyanthy (tri/kj)

See Also

Sosialisasi Pilkada Jadi Tantangan KPU
Bawaslu RI Pastikan Pilkada Luber Dan Jurdil
Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.313.051 Since: 05.03.13 | 0.2219 sec