Internasional

Istri Mantan Presiden Mesir Kobarkan Semangat Demonstran

Saturday, 10 Agustus 2013 | View : 795

KAIRO-SBN.

Momentum Idul Fitri rupanya tak menyurutkan aksi unjuk rasa yang dilakukan kelompok Ikhwanul Muslimin (IM). Pada hari kedua Idul Fitri, Jumat (9/8/2013), justru aksi unjuk rasa masih dilanjutkan dan mereka tengah menyiapkan strategi baru untuk memancing semangat pembangkangan tak surut di tengah-tengah peringatan pemerintah sementara dan ancaman dari militer yang selalu waspada mengacungkan moncong senapan pada para pelaku aksi demo di berbagai tempat.

Di lain pihak, pihak pemerintah Mesir interim pun tak kenal lelah melakukan pendekatan dialogis serta imbauan agar pertumpahan darah bisa dihindarkan. "Pemerintah ingin kesempatan bagi para pengunjuk rasa, terutama para pemimpin mereka yang masih nalar, suatu kesempatan bagi rekonsiliasi sekaligus mendengarkan keinginan mereka,” ujar Perdana menteri pemerintahan Mesir interim, Hazem al-Beblawi, dalam penyataan di kabinet yang disiarkan oleh media televisi, Kamis (8/8/2013) tengah malam.

Lontaran pernyataan Hazem al-Beblawi ini didengungkannya sebagai imbauan agar para pendukung Mohamed Moursi mau menghindari pertumpahan darah karena pihak militer sebenarnya sudah tak sabar ingin membubarkan mereka seusai perayaan Idul Fitri.

Pada Kamis (8/8/2013), saat perayaan hari raya Idul Fitri, Hazem al-Beblawi ingin para pengunjuk rasa yang bertahan untuk pulang ke rumah masing-masing untuk pulang ke rumah masing-masing untuk merayakan dan menghormati perayaan hari besar keagamaan tersebut. Imbauan itu bagai angin lalu karena tak digubris para demonstran. “Rakyat Mesir tetap pada pendiriannya untuk secara gigih melakukan upaya aksi unjuk rasa secara damai hingga negara ini dikembalikan takdirnya dalam iklim demokrasi dan diakhirinya kudeta," demikian bunyi pernyataan kelompok Aliansi Antikudeta pada Jumat (9/8/2013) yang turut tergabung dalam aksi unjuk rasa di Mesir.

Para demonstran pro-Moursi pada perayaan hari raya Idul Fitri malah melakukan salat Id di Masjid Rabaa al-Adawiya dan Lapangan Al-Nahda. Padahal, surat kabar pro-pemerintah Mesir interim, Al-Gumhuriya edisi penerbitan Kamis (8/8/2013), jelas-jelas memampangkan headline yang berbunyi ‘Peringatan Final’ dan ‘Peperangan Telah Mendekati Waktunya’.

“Kami merayakan Idul Fitri bersama orang tua kami di sini,” ucap Manar, seorang perempuan remaja asal Mesir. "Jika pihak keamanan datang membubarkan kami, kami tak akan bergeming dan kami tak takut," tambah dia.

Pada kesempatan itu, istri mantan Presiden Mesir, Mohamed Moursi, Naglaa Ali Mahmoud, justru sempat berpidato pada para pendukung suaminya yang tengah melakukan aksi unjuk rasa di Masjid Rabaa al-Adawiya. “Suamiku pasti kembali, insyaallah,” teriak Naglaa Ali Mahmoud. Istri mantan Presiden Mesir tersebut, Naglaa Ali Mahmoud juga mengobarkan semangat pada para demonstran agar pantang menyerah. Pemunculan istri Mohamed Moursi ini untuk pertama kalinya sejak suaminya digulingkan oleh pihak militer.

Di lain pihak, momentum hari raya Idul Fitri juga dimanfaatkan oleh sejumlah utusan khusus asing yang ingin melakukan mediasi bagi sebuah rekonsiliasi, untuk kembali ke negaranya masing-masing. Namun, hal tersebut bukan berarti mediasi damai terhenti begitu saja. "Kami tak percaya bahwa ruang bagi forum dialog sudah berakhir. Kami akan terus melakukan mediasi dan itu justru prioritas kami,” tukas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Jen Psaki. (afp)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.012.161 Since: 05.03.13 | 0.1687 sec