Nasional

Universitas Kristen Petra Surabaya Beri Kesempatan Siswa SMA Kuliah

Thursday, 20 Agustus 2015 | View : 1119

SURABAYA-SBN.

Perhelatan "Petra Parade 2015" yang digelar selama empat hari berturut-turut di kampus Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya pada mulai hari Selasa-Jumat tanggal 18-21 Agustus 2015 juga memberi kesempatan kepada para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk merasakan kuliah melalui kegiatan "Branded Schooling Experience" (BSE).

Dan kepada para siswa SMA yang ingin melanjutkan kuliah, Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, menggelar Branded Schooling Experience (BSE) dengan memberikan kesempatan para siswa mengikuti perkuliahan.

"Kami membuka kesempatan pada para siswa SMA, orang tua serta masyarakat luas untuk mengenal berbagai jurusan yang ada di UK Petra dengan hadir dan mengikuti perkuliahan secara langsung pada ruang perkuliahan yang sudah kami sediakan. Gratis," jelas Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc., Dr. Eng., Rektor UK Petra saat ditemui awak media, Jumat (14/8/2015).

"Dalam Open House Petra Parade 2015, kami membuka 24 kelas setiap harinya di setiap program studi untuk memberi kesempatan seluas-luasnya pada para siswa SMA untuk mencicipi bagaimana merasakan bangku kuliah melalui kegiatan BSE," papar Rektor UK Petra, Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc., Dr. Eng. di kampus setempat, Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Kamis (20/8/2015).

Dalam Petra Parade 2015 ini memang para siswa SMA berkesempatan mencicipi bagaimana berkuliah melalui kegiatan Branded Schooling Experience (BSE). Setiap harinya dibuka kurang lebih 24 kelas di setiap program studi yang ada di UK Petra mulai hari Selasa hingga Jumat tanggal 18-21 Agustus 2014 mulai pukul 8.30-12.30 WIB. Bagi masyarakat sekitar, UK Petra pun mengadakan Petra Green Bazaar pada tanggal 20 Agustus 2015 mulai pukul 9.00-12.00 WIB bertempat di lapangan parkir depan entrance hall UK Petra.

Ia mengatakan kegiatan BSE tersebut dimulai pukul 8.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB yang terbagi dalam enam paket dan dua "shift" (giliran) dengan pelaksanaan pada setiap hari.

Misalnya, di Laboratorium Bahan Gedung P Universitas Kristen Petra, para pengunjung bisa secara langsung praktek membuat batik pada pukul 11.10-12.30 dalam kelas Program Studi Desain Interior.

“Dalam Open House ini, kami akan membuka kesempatan seluas-luasnya pada para siswa SMA. Selain untuk para pelajar, kegiatan ini juga untuk orang tua serta masyarakat luas untuk mengenal berbagai jurusan yang ada di UK Petra dengan langsung mengunjungi Laboratorium sekaligus mencicipi kuliah”, ungkap Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc., Dr. Eng. selaku Rektor UK Petra.

Dengan demikian, ia berharap BSE akan membuat para pelajar tidak akan salah pilih jurusan saat kuliah nantinya, kemudian para orang tua juga mempunyai gambaran tentang program studi yang ada sehingga mereka tidak akan memaksakan kehendaknya pada sang anak.

Bertema Holistic Growth, Fruitful Life, sederet aktivitas yang dapat dinikmati siswa SMA, orang tua serta masyarakat luas, gelaran Petra Parade 2015 dijadwalkan bakal digelar 18 Agustus hingga 21 Agustus 2015 mendatang.

Mengambil tema Holistic Growth, Fruitful Life, acara Petra Parade 2015 ini akan menggelar berbagai kegiatan bagi para siswa SMA dan masyarakat umum bagaimana sebuah frase pertumbuhan hidup yang utuh sehingga dapat “berbuah” untuk kemudian dinikmati oleh orang lain.

Sementara itu, Ketua Umum Petra Parade 2015, Purnama E.D. Tedjokoesoemo, S.Sn., M.Sc. mengatakan untuk tema tahun ini merupakan kelanjutan tema tahun sebelumnya yaitu "Holistic Growth, Fruitful Life".

"Tema tahun ini merupakan kelanjutan tema tahun sebelumnya. Berkembang secara keseluruhan, di hati dan rasa kami lambangkan dengan Pohon dan buah, dengan mewujudkan kegiatan yang mengasah kemampuan pribadi masing-masing. Itulah tema kami tahun ini," terang Purnama E.D. Tedjokoesoemo, S.Sn., M.Sc., Ketua Umum Petra Parade 2015.

"Tema itu berarti hati dan rasa yang dilambangkan dengan sebuah pohon dan buah dengan mewujudkan kegiatan yang mengasah kemampuan pribadi masing-masing," katanya.

Pihaknya mengambil tema "Holistic Growth" dan "Fruitful Life" tentang bagaimana sebuah frase pertumbuhan hidup yang utuh, sehingga dapat membuahkan sesuatu yang berguna untuk kemudian dinikmati oleh orang lain yang menitikberatkan pada "Light - Integrity - Growth - Humility - Truth" (LIGHT).

“Kegiatan ini merupakan rangkuman kegiatan Petra Parade tahun lalu yang menitikberatkan pada LIGHT (Light-Integrity-Growth-Humility-Truth), yaitu bagaimana “berbuah” di masyarakat setelah mengenal LIGHT itu. Jadi berkembang secara keseluruhan tidak hanya sosial saja akan tetapi rasa dan hati juga. Dengan icon Pohon dan buah serta kegiatan-kegiatan yang mengasah kemampuan diri terangkum dalam perhelatan 2015 ini”, ungkap Purnama E.D. Tedjokoesoemo, S.Sn., M.Sc. selaku Ketua Umum Petra Parade 2015 ini.

"LIGHT yang dimaksud secara total akan bisa membuahkan hasil bagi orang lain dan menjadi berkembang secara keseluruhan yang tidak hanya sosial saja, akan tetapi rasa dan hati dengan ikin pohon dan buah serta kegiatan-kegiatan yang mengasah kemampuan diri," imbuhnya.

Dalam Petra Parade 2015, pihaknya menyajikan rangkaian acara, mulai dari pembukaan dan penutupan, Petra Olympiad, Green Bazar, Seminar Parenting, Giant Puzzle, Festival Rujak Manis, Festival Lampion, International Vaganza, Green Tote Bag, dan Branded Schooling Experience (BSE).

Petra Parade 2015 ini, diawali dengan rangkaian Opening, kemudian diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Petra Olympiad, Green Bazar, Seminar Parenting, Giant Puzzle, Festival Rujak Manis, Festival Lampion, Internasional Vaganza, hingga Branded Schooling Experience (BSE).

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan lomba "Cutte canvas totebag" bertemakan "Glow your fantasy" yang diikuti oleh 20 pelajar SMA dengan menyeleksi gambar atau sketch melalui online dari peserta sekitar 45 pelajar.

"Kami memilih tema tersebut karena para pelajar SMA ini akan beranjak menjadi seorang mahasiswa, sehingga apa yang dibayangkan di masa kuliah tersebut akan diaplikasikan melalui kanvas tas tote bag," kata salah satu panitia Cutte Canvas Tote Bag, Valensia Hesti Rosyendra.

Tak hanya itu saja, masih pada suasana peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70 tahun, Petra Parade 2015 dijadwalkan menggelar berbagai lomba. Dalam Petra Parade kali ini masih dalam nuansa Kemerdekaan Republik Indonesia juga akan digelar lomba-lomba kemerdekaan bernama Trialthon seperti dari lomba balap bakiak, balap karung, dan masih banyak lainnya yang diperuntukkan bagi mahasiswa serta karyawan UK Petra, Surabaya.

Berbagai gelaran di sajikan dalam Petra Parade 2015 ini, mulai dari Rangkaian Opening-Closing, Petra Olympiad, Green Bazar, seminar Parenting, Giant Puzzle, Festival Rujak manis, Festival Lampion, Internasional Vaganza, Green Tote Bag hingga Branded Schooling Experience (BSE).

Uniknya, dalam opening Petra Parade ini nantinya akan ada sejumlah 12 orang mahasiswa asing akan melangkah dengan diiringi musik khas Indonesia memperagakan pakaian daerah. Tidak hanya itu, dijadwalkan ada 12 mahasiswa luar negeri yang ikut tampil memeriahkan opening Petra Parade dengan satu diantaranya adalah memperagakan pakaian daerah Nusantara. Tak mau kalah, para mahasiswa asing juga akan unjuk gigi memperkenalkan budayanya masing-masing dalam Internasional Vaganza yang di gelar hari keempat, 21 Agustus 2015 mulai pukul 9.00-12.00 WIB di Lapangan Hijau UK Petra.

Tak ketinggalan, para tamu undangan diminta untuk menorehkan tinta di kanvas sebesar kurang lebih 60×40 cm sebanyak 20 kanvas yang nantinya sketsa tersebut diteruskan oleh komunitas Scrabling Surabaya. Dan akan membentuk sebuah kesenian khas Jawa Timur yang kemudian di tampilkan dalam acara opening tersebut. Kesemuanya ini akan dikemas apik mulai hari Selasa (18/8/2015) mulai pukul 18.00 WIB di Lapangan Hijau UK Petra. (ant/jos)

See Also

Warga Kodim 0716/Demak Turut Dalam Car Free Day
Veteran Demak Nostalgia Akan Sejarah Dengan Nobar
Mahapasti Gelar Konservasi Mangrove Dan Bersih Pantai
Ibu Persit Kodim 0716/Demak Menyabet 2 Penghargaan
Kodim 0716/Demak Kedatangan Tim Wasrik ItDam IV/Diponegoro
Rektor UMK Sebut Tiga Syarat Menjadi Pemimpin
Danrem 162/Wira Bhakti Memastikan Seluruh Jajarannya Putar Film G 30 S/PKI
Status Awas Gunung Agung
Presiden Joko Widodo Tonton Film G 30 S/PKI
Menjawab Tantangan Dengan Kerja Bersama
Kronologi Angkot KWK U11 Terbakar Di Pluit
Pelantikan Pejabat Pemprov DKI Jakarta Akan Digelar
Libur, Satgas TMMD Dan Warga Tetap Rehab Rumah
Sungkem Dengan Sesepuh, Mohon Kesuksesan TMMD
RT Yang Rajin Pantau Warganya Di Lokasi TMMD
Semangati Warga, Kades Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Perehaban RTLH Dikerjakan Seteliti Mungkin
Satgas TMMD Terapkan Sistem Banjardowo Untuk Ringankan Pekerjaan
Hari Ke-7 TMMD, Semangat 45 Satgas TMMD Tetap Terjaga
Paket Komplet Di Rehab RTLH TMMD Rempoah
Di Pekerjaan Vital TMMD, Danramil 02/Baturaden Tak Melepas
Manunggalnya TNI Dengan Rakyat Semakin Nyata Di TMMD Rempoah
Semangat Kebersamaan Picu Rehab Rumah Mbah Yasroni
Tetap Semangat Di Pekerjaan TMMD
Pantau Langsung Perehaban Rumah Di TMMD
jQuery Slider
Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.111.834 Since: 05.03.13 | 0.4582 sec