Olah Raga

Jorge Lorenzo Menang MotoGP Ceko

Sunday, 16 Agustus 2015 | View : 838

BRNO-SBN.

Pebalap Movistar Yamaha asal Negeri Matador, Spanyol, Jorge Lorenzo mengakhiri puasa kemenangan dengan menjuarai MotoGP Ceko lewat penampilan yang dominan. Pebalap Jorge Lorenzo memenangi MotoGP Ceko 2015, Minggu (16/8/2015).

Jorge Lorenzo mencatat kemenangan kelimanya musim ini dengan finis pertama pada balapan GP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (16/8/2015).

Sementara itu, rekan Jorge Lorenzo, sesama pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, finis di posisi ketiga. Juara bertahan Marc Marquez berada di posisi kedua diikuti Valentino Rossi.

Jorge Lorenzo tampil dominan sepanjang balapan. Start dari posisi terdepan, pebalap Movistar Yamaha asal Spanyol itu tak tersentuh pebalap lain hingga balapan berakhir.

Jorge Lorenzo sempat beberapa kali mendapat gangguan dari Marc Marquez. Namun, kecepatan Marc Marquez tetap tak sanggup menandingi laju Jorge Lorenzo.

Pada balapan di Sirkuit Brno, Minggu (16/8/2015), Jorge Lorenzo memimpin lomba dari awal sampai akhir dengan catatan waktu 42 menit 53,042 detik. Juara dunia MotoGP dua kali itu nyaris unggul 4,5 detik dari Marc Marquez dan 10,3 detik dari Valentino Rossi, yang finis ketiga.

Bagi Jorge Lorenzo, ini adalah kemenangan kelimanya di musim 2015. Setelah terakhir juara di Catalunya, Jorge Lorenzo harus puas finis ketiga di Assen, Belanda; finis keempat di Sachsenring, Jerman; dan runner-up di Indianapolis, Amerika Serikat (AS).

Persaingan untuk memperebutkan posisi ketiga lebih menarik. Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Andrea Iannone silih berganti menempati posisi ketiga.

Pada lap ketujuh, Valentino Rossi sukses melewati Andrea Dovizioso dan menjaga posisi ketiga hingga balapan berakhir, dan meraih podium ke-11 dari 11 seri yang dilalui.

Sementara itu, Dani Pedrosa yang merupakan juara bertahan GP Ceko menunjukkan semangat yang luar biasa. Meski kakinya cedera, Dani Pedrosa mampu finis di posisi kelima.

Dani Pedrosa memisahkan duo Ducati dengan menempati posisi kelima yang didapatnya di akhir balapan. Dani Pedrosa finis di belakang Andrea Iannone dan di depan Andrea Dovizioso.

Kemenangan Jorge Lorenzo ini juga mengakhiri dominasi Honda di Sirkuit Brno yang memenangi empat seri sebelumnya lewat tiga pebalap berbeda. Kemenangan Jorge Lorenzo ini sekaligus memutus dominasi Honda di Ceko. Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, Honda selalu mendominasi GP Ceko. Sebelum balapan hari Minggu, Jorge Lorenzo juga merupakan pembalap non-Honda terakhir yang bisa menang di Brno, terjadi pada 2010.

Selain itu, Jorge Lorenzo berhasil melengkapi catatan bagus yang dibuat sejak sesi latihan. Setelah finis sebagai yang tercepat pada latihan bebas ke-1, ke-3, dan ke-4 kualifikasi, Jorge Lorenzo sukses memenangi balapan.

Jorge Lorenzo mempertahankan posisinya di posisi terdepan, Marc Marquez kedua. Bradley Smith kehilangan posisinya sehingga tertinggal dari Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi. Di tikungan keempat, Valentino Rossi menyalip Andrea Dovizioso untuk menempati posisi ketiga.

Di lap kelima, Dani Pedrosa melewati Pol Espargaro dan menekan Bradley Smith di posisi keenam. Di lap kedelapan, Jorge Lorenzo masih terdepan disusul Marc Marquez, Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, dan Dani Pedrosa.

Jorge Lorenzo kini unggul 0,3 detik dari Marc Marquez kini menjauh menjadi 0,8 detik di lap kesembilan. Dani Pedrosa menjadi pebalap tercepat ketiga di lintasan tapi masih terpaut 1,8 detik dari duo Ducati.

Selisih kecepatan Marc Marquez dan Jorge Lorenzo semakin membesar. Di lap kesepuluh, untuk pertama kalinya Marc Marquez tertinggal lebih dari satu detik dari Jorge Lorenzo. Valentino Rossi, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, dan Dani Pedrosa berturut-turut di belakangnya.

Kegagalan Valentino Rossi memenangi balapan ini karena dia sempat tercecer ke posisi lima saat start dilakukan. Ketika akhirnya bisa kembali ke posisi tiga di putaran kedua, dia sudah tertinggal 1,5 detik dari Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

Pebalap Movistar Yamaha itu, Jorge Lorenzo langsung melesat sejak start dilakukan dan tak terkejar lagi hingga finis, sama persis dengan caranya memenangi empat seri beruntun sebelum ini.

Tidak seperti di Indianapolis pekan lalu, Jorge Lorenzo mampu mengatasi tekanan pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan terus meningkatkan jarak mereka berdua setelah masuk paruh kedua dari balapan 22 putaran itu.

Jorge Lorenzo semakin nyaman di depan saat balapan tinggal menyisakan sembilan lap. Pebalap Spanyol itu memimpin 2,4 detik dari Marc Marquez, rival terdekatnya.

Sementara itu, Dani Pedrosa terus menekan duo Ducati. Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, dan Dani Pedrosa kini hanya terpaut satu detik.

Jorge Lorenzo semakin tidak terhentikan. Di lap ke-19, Jorge Lorenzo cuma terpaut 0,002 dari memimpin tiga detik.

Andrea Iannone kembali membuktikan sebagai pebalap terbaik Ducati dengan mengalahkan rekan setimnya Andrea Dovizioso untuk merebut posisi empat, posisi yang bisa dibilang telah menjadi langganan dia.

Sementara itu Dani Pedrosa nyaris menyalip Andrea Dovizioso di tikungan kelima untuk merebut posisi kelima tapi belum berhasil.

Jorge Lorenzo kini memimpin 3,5 detik di lap ke-20.

Sedangkan Dani Pedrosa akhirnya berhasil mendapatkan posisi kelima setelah menyalip Andrea Dovizioso di lap terakhir. Andrea Dovizioso bahkan akhirnya menyerah dari tekanan pebalap Repsol Honda Dani Pedrosa yang secara dramatis merebut posisi lima di putaran terakhir.

Pebalap Tech 3 Yamaha Bradley Smith juga memantapkan posisi sebagai pebalap non-pabrikan terbaik dengan finis ketujuh, di belakang enam motor Yamaha, Honda dan Ducati.

Rekan setimnya, Pol Espargaro, finis tepat di belakangnya, diikuti sang kakak Aleix Espargaro yang menunggangi Suzuki.

Pebalap LCR Honda Cal Crutchlow bernasib sial dan terjatuh di pertengahan lomba. Malang untuk Cal Crutchlow. Pebalap Inggris itu jatuh dari motornya di tikungan kesebelas saat balapan menyisakan tujuh putaran dan dipastikan gagal finis. Nasib serupa diterima Maverick Vinales yang juga terjatuh. Maka Danilo Petrucci dari tim Pramac Racing bisa promosi dan mengamankan posisi 10 besar.

Jorge Lorenzo untuk pertama kalinya musim ini akhirnya bisa mengambil alih puncak klasemen dari rekan setimnya Valentino Rossi, setelah menjuarai Grand Prix Republik Ceska dari pole position, Minggu (16/8/2015).

Valentino Rossi finis di belakang mereka dan tetap mempertahankan rekor 100% podium, namun perolehan poinnya dengan Jorge Lorenzo sama 211. Jorge Lorenzo berhak memimpin klasemen karena menang lebih banyak yaitu lima kali, dibandingkan Valentino Rossi tiga kali.

Dengan hasil ini persaingan perebutan gelar juara dunia semakin ketat. Berkat kemenangan ini, Jorge Lorenzo berhak memimpin klasemen pebalap dengan 211 poin. Kemenangan tersebut mengantar Jorge Lorenzo ke puncak klasemen sementara dengan 211 poin.

Jorge Lorenzo akhirnya bisa merebut puncak klasemen dari tangan rekan setimnya Valentino Rossi, namun poin mereka sama 211 dengan tujuh balapan tersisa. Perolehan poin Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi sama-sama 211.

Catatan poin tersebut sama persis dengan raihan rekan satu timnya di Movistar Yamaha, Valentino Rossi, yang finis ketiga di Brno. Valentino Rossi finis 10 detik lebih di belakang Jorge Lorenzo.

Namun, Valentino Rossi menempati posisi kedua karena kalah jumlah kemenangan. Jorge Lorenzo menang lima kali, sementara Valentino Rossi hanya tiga kali.

Tambahan 25 poin ini membuat Jorge Lorenzo memiliki 211 poin sama dengan Valentino Rossi di posisi teratas klasemen, namun berhak atas posisi pertama karena lebih banyak memenangi balapan.

Kemenangan Jorge Lorenzo di Grand Prix Republik Ceska Minggu (16/8/2015) adalah trofi kelima musim ini, dibandingkan tiga kemenangan oleh Valentino Rossi.

Hanya dua pebalap Movistar Yamaha itu yang sudah menembus poin di atas 200, sementara peringkat ketiga juara dunia Marc Marquez baru mendapat 159 poin atau terpaut 52 poin. Marc Marquez masih di urutan ketiga dengan mengumpulkan 159 poin.

Marc Marquez hanya bisa menyaingi Jorge Lorenzo pada 10 putaran awal balapan GP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (16/8/2015). Selanjutnya, pebalap Repsol Honda tersebut tertinggal empat detik lebih dan harus puas finis kedua.

"Hari ini Jorge satu langkah di depan kami," kata Marc Marquez usai balapan. "Kami sudah melihatnya saat sesi pemanasan, ketika dia mungkin dua langkah di depan."

Marc Marquez mengaku mengambil risiko pada awal balapan dengan selalu menempel ketat Jorge Lorenzo. Namun, ketika ban belakangnya mulai habis, muncullah masalah dengan cengekeraman dan akselerasi.

"Saya berkata, 'oke, sekarang saatnya mengontrol jarak dengan Valentino (Rossi)', karena saya terlalu banyak mengambil risiko pada awal balapan. Pada pertengahan balapan, ini mulai berlebihan," lanjut pebalap 22 tahun tersebut.

Meski gagal melanjutkan dua kemenangan beruntun yang didapat di Jerman dan Indianapolis, Marc Marquez tetap senang bisa menyelesaikan balapan dengan berdiri di atas podium.

Dia masih berada di peringkat ketiga klasemen sementara, tertinggal 52 angka dari Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang kini mengoleksi poin sama, 211. Masih ada tujuh balapan tersisa musim ini.

"Itu sangat jauh. Sangat sulit untuk mengejar 52 poin dari satu pebalap, apalagi dua pebalap. Mereka berdua punya kecepatan yang sangat bagus, dan seperti kita lihat di sini (Brno), keduanya berada di podium lagi," kata Marc Marquez.

Namun, itu bukan berarti Marc Marquez akan menyerah. Bersama tim, dia akan mencari cara agar bisa mengalahkan kedua pebalap tersebut.

"Seperti di sini, kami akan mengambil risiko sampai pada batasnya. Seperti saya katakan sebelumnya, Brno merupakan salah satu sirkuit yang sangat sulit buat Honda dan gaya balap saya. Selanjutnya kami akan ke sirkuit yang seharusnya lebih baik, tetapi Jorge juga kuat di Silverstone (Inggris)," kata Juara Dunia MotoGP 2013 dan 2014 tersebut.

"Sekarang bersama Vale kami akan memulai persaingan dari nol lagi seperti pada balapan pertama, dan kita lihat apa yang akan terjadi," kata Jorge Lorenzo yang selalu memimpin sejak awal putaran untuk memenangi lima balapannya musim ini.

"Saya tertinggal 29 poin (setelah tiga seri), lalu sedikit demi sedikit, saya memenangi empat balapan secara beruntun, dan terutama setelah dua balapan terakhir, saya bisa meraih banyak poin," tambah pemegang dua gelar juara dunia MotoGP tersebut.

Persaingan menjadi juara dunia antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo juga pernah terjadi pada 2009. Rossi menang dan meraih gelar juara dunia terakhirnya hingga sekarang.

"Balapan kami cukup mirip. Kami membalap dengan smooth, dan punya kecepatan bagus saat menikung. Kami sangat konsisten saat melakukan putaran balapan, dan tidak banyak melakukan kesalahan," jawab Jorge Lorenzo ketika ditanya perbandingan kekuatan antara dirinya dan Valentino Rossi.

"Mungkin dia mengerem lebih keras, dan mengggunakan setelan berbeda untuk mengerem lebih keras dan belakangan, yang membuatnya punya keuntungan saat bersaing ketat. Namun, saya punya kecepatan lebih baik saat menikung," lanjutnya.

Persaingan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi akan berlanjut pada GP Inggris yang akan berlangsung di Sirkuit Silverstone, 28-30 Agustus 2015 mendatang.

Hasil lengkap MotoGP Republik Ceska:

Pos Rider Team Bike Gap
1 Jorge Lorenzo Yamaha Yamaha 42m53.042s
2 Marc Marquez Honda Honda 4.462s
3 Valentino Rossi Yamaha Yamaha 10.397s
4 Andrea Iannone Ducati Ducati 13.071s
5 Daniel Pedrosa Honda Honda 15.650s
6 Andrea Dovizioso Ducati Ducati 15.725s
7 Bradley Smith Tech 3 Yamaha 21.821s
8 Pol Espargaro Tech 3 Yamaha 23.240s
9 Aleix Espargaro Suzuki Suzuki 43.784s
10 Danilo Petrucci Pramac Racing Ducati 45.261s
11 Yonny Hernandez Pramac Racing Ducati 49.973s
12 Scott Redding Marc VDS Honda 50.174s
13 Alvaro Bautista Aprilia Gresini Aprilia 54.437s
14 Stefan Bradl Aprilia Gresini Aprilia 54.624s
15 Loris Baz Forward Racing Yamaha Forward 1m00.316s
16 Hector Barbera Avintia Racing Ducati 1m01.595s
17 Nicky Hayden Aspar Honda 1m02.388s
18 Mike Di Meglio Avintia Racing Ducati 1m05.944s
19 Jack Miller LCR Honda 1m11.407s
20 Claudio Corti Forward Racing Yamaha Forward 1m50.033s
21 Karel Abraham AB Motoracing Honda 2m02.655s

Gagal finis:

- Maverick Vinales Suzuki Suzuki Retirement
- Cal Crutchlow LCR Honda Retirement
- Eugene Laverty Aspar Honda Retirement
- Alex de Angelis IodaRacing Project ART/Aprilia Retirement

Klasemen Pebalap MotoGP setelah seri ke-11:

Pos Rider Points
1 Jorge Lorenzo 211
2 Valentino Rossi 211
3 Marc Marquez 159
4 Andrea Iannone 142
5 Bradley Smith 106
6 Andrea Dovizioso 104
7 Daniel Pedrosa 91
8 Pol Espargaro 81
9 Cal Crutchlow 74
10 Danilo Petrucci 63
11 Maverick Vinales 62
12 Aleix Espargaro 53
13 Yonny Hernandez 41
14 Scott Redding 37
15 Hector Barbera 20
16 Alvaro Bautista 16
17 Loris Baz 15
18 Jack Miller 12
19 Stefan Bradl 11
20 Michele Pirro 8
21 Nicky Hayden 8
22 Eugene Laverty 7
23 Hiroshi Aoyama 5
24 Mike Di Meglio 2
25 Alex de Angelis 1

See Also

Menpora Kunjungi Unesa Yang Mempunyai Fasilitas Olahraga Lengkap
Menpora Sebut Unesa Jadi Pusat Sports Science Nasional
Taekwondoin Kakak Beradik Tambah Koleksi Medali
Tim Jiti C Rajawali Sakti Tambah Pundi Medali
Bernard Gregory Susilo Rebut Medali Perak Jian Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Bernard Gregory Susilo Raih Perak Qiang Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Berawal Dari Hobi, Bernard Gregory Susilo Toreh Prestasi Cabor Wushu
The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.495.225 Since: 05.03.13 | 0.2551 sec