Ekonomi

Yunani Terancam Keluar Zona Euro

Thursday, 25 Juni 2015 | View : 369

BRUSSELS-SBN.

Pembicaraan penting antara Yunani dan para kreditur internasional berakhir tanpa hasil Kamis (25/6/2015) pagi WIB, sehingga muncul kekhawatiran baru soal status negara Dewa Dewi itu dalam daftar negara bermata uang Euro. Setelah delapan jam perundingan sampai Rabu (24/6/2015) malam, Perdana Menteri (PM) Yunani Alexis Tsipras bersama tiga pimpinan institusi keuangan yang menangani Yunani, meninggalkan Brussels, Belgia, tanpa berbicara dengan para wartawan.

Yunani memiliki utang 1,6 miliar Euro (US$ 1,8 miliar) yang harus dibayarkan Selasa pekan depan ke Dana Moneter Internasional (IMF). Negara itu tidak akan mampu membayar kecuali para kreditur mencairkan 7,2 miliar Euro (US$ 8,1 miliar) sebagai dana talangan. Jika gagal bayar, Yunani akan dikeluarkan dari daftar negara bermata uang Euro.

Tim teknis akan melanjutkan pembahasan mereka hari ini terkait detil rencana reformasi Yunani dan melihat sejauh mana proposal Yunani bisa memenuhi persyaratan para kreditor sebelum tenggat waktu berakhir. Perdana Menteri (PM) Yunani Alexis Tsipras juga diperkirakan kembali ke perundingan dengan para pejabat Komisi Eropa dan IMF hari ini.

Sebelumnya, kebuntuan pembicaraan memaksa para menteri keuangan dari zona Euro untuk memotong pertemuan agar dilanjutkan Kamis. Keprihatinan atas pembicaraan utang Yunani telah membebani pasar keuangan sehingga indeks saham jatuh di Amerika Serikat (AS).

Yunani telah berjanji melakukan kenaikan pajak untuk menghemat anggaran, sedangkan IMF tampaknya menginginkan lebih banyak pemotongan anggaran. Namun, Perdana Menteri (PM) Yunani Alexis Tsipras menolak saran IMF selaku kreditur dengan menyebut kedua belah pihak masih sangat jauh dari kesepakatan.

“Dari pihak Yunani tidak bisa menyepakati begitu saja,” kata pejabat pemerintah Yunani setelah Perdana Menteri (PM) Yunani Alexis Tsipras menyerahkan proposalnya yang berisi pemotongan anggaran gaji publik dan jangka waktu menghentikan anggaran jaringan pengaman pensiun.

“Ini adalah perundingan yang berat, tapi ada kemauan bersama untuk mendapatkannya di suatu tempat,” ujar seorang pejabat yang tidak mau dsiebutkan.

Para menteri keuangan dijadwalkan bertemu dan membicarakan detil reformasi keuangan Yunani, sembari menantikan persetujuan pemimpin Uni Eropa dalam dua hari pertemuan sejak hari ini. Yunani membutuhkan keputusan sebelum tanggal 30 Juni 2015 saat dana talangannya sudah jatuh tempo dan harus membayar utang sebesar 1,6 miliar Euro dari IMF. Pemerintah Yunani juga berada di bawah tekanan dari partai-partai sayap kiri dan serikat buruh, yang menyebut proposal akan menjadi beban lanjutan bagi penghematan Yunani yang melelahkan. (sp/jos)

See Also

Ditunggu Warga, Pensertifikatan Tanah Massal Di TMMD Kalikondang
Bursa Asia Ditutup Bervariasi
Semangat Babinsa Koramil 09/Karangtengah Dampingi Panen Perdana MT I
Kontrol Hasil Panen, Babinsa 03/Wonosalam Lakukan Pengubinan Padi
Bersama Warga, Babinsa 06/Wedung Siap Sukseskan Swasembada Pangan
Mendesa Klaim Bank Dunia Contoh Indonesia Terkait Penganggaran Dana Desa
Mulai Hari Ini Harga Pertamina Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite Turun
Bursa Asia Dan AS Menguat
Menko Maritim Sebut Bandara Kulonprogo Mulai Layani Penerbangan April 2019
Kodim 0716/Demak Buka Stand Pasar Murah
Babinsa Kodim 0716/Demak Perkuat Alsintan Dengan Diklat
Mengoptimalkan LTT Dengan Pemanfaatan Alsintan
Awas Tamu Tak Diundang Di Saat Panen Tiba
Demak Panen Raya Perdana Jagung Hibrida
Dandim 0716/Demak Jamin Demplot Kodim Kualitas Dan Produktivitasnya Panen Bagus
Generasi Muda Didorong Untuk Kreatif
Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Menteri Perindustrian Bertemu Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss, Bahas Kerja Sama Dua Negara
Presiden Joko Widodo Terima Kunjungan Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss
Babinsa Pendampingan Nyemprot Tanaman Padi
7,23 Juta Wajib Pajak Yang Sudah Lapor SPT
Koperasi Kodim 0716/Demak Ikuti Pasar Murah
Babinsa Koramil 10/Kradenan Bersama Petani Panen Jagung
Babinsa Koramil 05/Cepu Bantu Petani Bajak Sawah
Persit Ranting 9/Kedungtuban Semangati Suami Tanam Padi
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.444.076 Since: 05.03.13 | 0.1464 sec