Olah Raga

Indonesia Ganyang Kamboja 6-1

Saturday, 06 Juni 2015 | View : 944

SINGAPURA-SBN.

Tim nasional Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Kamboja U-23 dalam partai lanjutan grup A SEA Games 2015. Pertandingan lanjutan Grup A SEA Games 2015 antara Indonesia U-23 dan Kamboja U-23 di di Stadion Jalan Besar, 100 Tyrwhitt Rd., Kallang, Singapura, Sabtu (6/6/2015) malam waktu setempat sangat menentukan bagi kedua tim.

Indonesia membutuhkan kemenangan untuk membuka peluang ke semi-final, sedangkan Kamboja ingin memperlicin jalan mereka ke empat besar.

Dalam laga itu, Garuda Muda dituntut untuk bisa menang, karena pada laga perdana sebelumnya Merah Putih kalah 2-4 dari Myanmar, sementara Kamboja secara meyakinkan membekuk Filipina 3-1.

Jika menelan kekalahan di laga nanti malam, Indonesia berada di ujung tanduk. Sebab, dua pertandingan terakhir tidak akan mudah, yakni menghadapi Filipina dan tuan rumah Singapura.

Melihat betapa pentingnya kemenangan di laga ini, nampaknya pelatih Aji Santoso tidak ingin kembali kecolongan. Dalam susunan pemain yang akan turun, dia coba melakukan sedikit perombakan.

Berkaca dari kekalahan melawan Myanmar, pelatih Aji Santoso bakal melakukan perombakan di lini belakang dan tengah.

Teguh Amirudin diturunkan sebagai pengganti M. Natshir di bawah mistar gawang.

Hansamu Yama yang melakukan blunder saat melawan Myanmar juga dibangku cadangkan oleh pelatih asal Surabaya, Jawa Timur itu. Hansamu Yama yang tampil kurang meyakinkan kemungkinan besar akan digantikan Vava Mario Yagalo.

Sedangkan di lini tengah, Paolo Oktavianus Sitanggang dan Hargianto berpeluang tampil sebagai starter. Wawan Febrianto yang biasa beroperasi di sisi sayap kiri juga kehilangan tempat. Aji Santoso lebih memillih untuk memainkan gelandang jebolan Timnas U-19, Paulo Oktavianus Sitanggang terlebih dulu.

Sementara di sektor lini penyerang, Aji Santoso mesti memilih antara Yandi Sofyan dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

“Kami akan melakukan rotasi tiga hingga empat pemain. Saya juga mempertimbangkan skema, dan pola baru. Tujuannya untuk penyegaran tim, dan mendapatkan formasi yang pas,” ujar Aji Santoso.

Sementara itu, pelatih Kamboja Lee Tae Hoon mengaku berusaha membenahi kekurangan yang ada di dalam tim besutannya. Lee Tae Hoon tak mau terlena dengan kemenangan atas Filipina di laga perdana.

Walau memetik kemenangan, Lee Tae Hoon masih belum puas dengan performa barisan belakang. Arsitek asal Korea Selatan ini berharap penampilan anak asuhnya jauh lebih baik kala menghadapi Indonesia.

“Fokus kami adalah lolos ke semi-final. Di pertandingan sebelumnya, barisan pertahanan banyak membuat kesalahan. Untuk itu, kami harus bermain lebih baik. Setiap laga menjadi tantangan buat kami,” terang Lee Tae Hoon.

Lee Tae Hoon bakal menjadikan striker Vathanaka Chan sebagai starter. Ketika menundukan Filipina, Vathanaka Chan masuk di babak kedua, karena bermasalah dengan kebugarannya.

Indonesia menang dengan skor telak 6-1 atas Kamboja hingga menit ke-75 pertandingan Grup A cabang sepak bola Sea Games di Stadion Jalan Besar di Kallang, Singapura, pada Sabtu malam (6/6/2015). Keenam gol Indonesia dihasilkan oleh hattrick Muchlis Hadi Ning Syaifulloh  pada menit ke-12, ke-67, dan ke-74, Ahmad Noviandani menit ke-36, Wawan Febrianto menit ke-85 dan Evan Dimas menit ke-93, sedangkan gol tunggal Kamboja dijaringkan melalui Udom menit ke-55.

Belajar dari kekalahan 2-4 atas Myanmar dalam pertandingan pertama, pelatih Aji Santoso memilih menurunkan Paulo Oktavianus Sitanggang sejak menit pertama.

Alhasil, dalam pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh SCTV itu, aliran serangan skuat Garuda Muda terus menerus mengalir meskipun sesekali diselingi oleh serangan balasan Kamboja.

Gol pertama Indonesia melalui Muchlis Hadi Ning Saifulloh dengan sontekan jarak dekat memanfaatkan umpan silang Adam Alis pada menit ke-12.

Setelah itu sejumlah serangan dibangun dengan gencar, namun beberapa kali gagal akibat terburu-buru ingin menuntaskan menjadi gol.

Pada menit ke-34 Ahmad Noviandani nyaris menggandakan keunggulan melalui sundulan dari umpan lambung Paulo Oktavianus Sitanggang dari sisi kanan wilayah pertahanan Kamboja, namun bola masih tipis melambung di atas mistar gawang lawan.

Namun, hanya 2 menit kemudian Dani tak mau lagi membuang peluang. Kembali mendapat umpan terobosan dari Paulo Oktavianus Sitanggang, Dani secara jeli melihat celah yang terbuka dan melepas tendangan dari sudut yang relatif sempit untuk menjadikan skor 2-0.

Pada injury time babak pertama tendangan jarak jauh Adam Alis jatuh tipis di sisi kanan gawang Kamboja.

Memasuki babak kedua, Indonesia mencoba tetap menekan Kamboja. Pada menit ke-51 umpan silang terukur Dani disambar Muchlis Hadi Ning Saifulloh, tapi bola tipis melebar ke kiri atas gawang lawan.

Justru pada menit ke-55 Kamboja mencetak gol balasan lewat penalti Prak Mony Udom. Penalti diberikan wasit Turki Al Khudair dari Arab Saudi karena Syaiful Indra Cahya melanggar Ngoy Srin.

Pelanggaran di dalam kotak penalti itu sesungguhnya sama sekali tidak diperlukan, karena bola sudah ditepis mengarah keluar lapangan oleh kiper Teguh Amirudin.

Pada menit 60 sebenarnya Indonesia berpeluang menambah gol. Namun tendangan keras Dani dari sedikit di luar kotak penalti sangat tipis di atas mistar gawang lawan.

Akhirnya gol ketiga datang lagi dari Muchlis Hadi Ning Saifulloh dengan tendangan terukur dari dalam kotak penalti memanfaatkan umpan sundulan kepala Dani yang bermula dari tendangan bebas Muhammad Abduh Lestaluhu.

Muchlis Hadi Ning Saifulloh akhirnya mampu mencetak hattrick ketika pada menit ke-74 mampu menyambar dengan kepala bola rebound hasil tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilepas Evan Dimas Darmono yang menghantam tiang kanan gawang Kamboja setelah tersentuh tangan kiper Um Serei Rath.

Indonesia terus menguasai permainan. Gol kelima datang pada menit ke-85 dari Wawan Febrianto yang masuk menggantikan Paulo Oktavianus Sitanggang setelah dia melakukan umpan satu-dua dengan Muchlis Hadi Ning Saifulloh dan menyontek bola dari dalam kotak penalti di tengah kepungan tiga pemain lawan.

Pada menit 89 seharusnya Indonesia sudah bisa mencetak gol keenam. Namun umpan silang dari Ilham Udin Armayn kepada Evan Dimas yang sudah berdiri sangat bebas meleset diekskusinya dan bola mental ke wawan juga tidak tepat ke bidang sasaran karena melayang di atas mistar.

Namun pada injury time hadir juga gol keenam melalui Evan Dimas. Gol ini tak lepas dari kepiawaian Wawan Febrianto yang lagi-lagi bergerak lincah di antara kepungan pemain lawan dan melepas umpan silang yang tinggal disorongkan ke gawang kosong oleh Evan Dimas.

Kemenangan ini membuka kembali peluang Indonesia untuk ke semifinal setelah kalah 2-4 dalam pertandingan pertama dari Myanmar. Pintu semifinal terbuka bagi Indonesia.

Dengan kemenangan telak 6-1 atas Kamboja di laga kedua Grup A sepakbola Sea Games XXVIII/2015 di Stadion Jalan Besar Singapura pada Sabtu (6/6/2015) ini membuat Indonesia meraih nilai tiga poin dan ada di posisi kedua. Nilai Indonesia sama dengan yang didapat Singapura dan Kamboja, namun Merah Putih unggul selisih gol.

Kini, dengan sisa dua pertandingan, melawan Filipina pada Selasa (9/6/2015) dan Kamis (11/6/2015) melawan tuan rumah Singapura, peluang lolos ke semifinal terbuka lebar. Asalkan, di dua sisa pertandingan itu, semua dimenangkan Indonesia. Hal itu mengantisipasi kemungkinan lain digeser Singapura yang juga sudah mengoleksi tiga poin.

Susunan pemain:

Indonesia U-23:

1-Teguh Amiruddin; 3-Muhammad Abduh Lestaluhu, 4-Syaiful Indra Cahya, 13-Manahati Lestusen, 15-Agung Prasetyo; 6-Evan Dimas Darmono, 7-Ahmad Noviandani, 17-Paulo Oktavianus Sitanggang (Wawan Febrianto '85), 18-Adam Alis Setyano, 19-Zulfiandi; 9-Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

Pelatih: Aji Santoso.

Kamboja U-23:

1-Um Serei Rath; 3-Nen Sothearoth, 5-Soeuy Visal, 6-Sam Oeun Pidor; 8-Hoy Phalin, 12-Sos Suhana, 14-Tit Dina, 16-Ngoy Srin, 17-Chhin Chhoeun; 7-Prak Mony Udom, 10-Keo Sokpheng.

Pelatih: Lee Tae-hoon (Korea Selatan).

Wasit: Turki Al Khudair (Arab Saudi).

Top Skor:

4: Chananan Pombuppha (Thailand).

3: Muchlis Hadi Ning Syaifulloh (Indonesia), Nguyn Công Phng (Vietnam).

2: Prak Mony Udom (Kamboja), Ahmad Noviandani (Indonesia), Sithu Aung (Myanmar), Chenrop Samphaodi (Thailand), Nurul Sriyankem (Thailand), Mc Hng Quân (Vietnam).

1: Azwan Ali Rahman (Brunei), Faiq Jefri Bolkiah (Brunei), Chan Vathanaka (Kamboja), Keo Sokpheng (Kamboja), Abduh Lestaluhu (Indonesia), Evan Dimas (Indonesia), Wawan Febrianto (Indonesia), Phoutthasay Khochalern (Laos), Soukchinda Natphasouk (Laos), D. Saarvindran (Malaysia), Syahrul Azwari Ibrahim (Malaysia), Kyaw Zin Lwin (Myanmar), Nay Lin Tun (Myanmar), Shine Thura (Myanmar), Ye Ko Oo (Myanmar), Paolo Salenga (Filipina), Faris Ramli (Singapura), Sheikh Abdul Hadi (Singapura), Narubadin Weerawatnodom (Thailand), Rungrath Poomchantuek (Thailand), Sarach Yooyen (Thailand),  Thitipan Puangchan (Thailand), Tristan Do (Thailand), Jairo Neto (Timor Leste), Paulo Helber (Timor Leste), Lê Thanh Bình (Vietnam), Nguyn Thanh Hin (Vietnam), Nguyn Vn Toàn (Vietnam), Phm c Huy (Vietnam), Phm Mnh Hùng (Vietnam), Trn Phi Sn (Vietnam), Võ Huy Toàn (Vietnam).

Klasemen Grup A (main, menang, seri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, nilai):

 Myanmar

2

2

0

0

6

3

+3

6

 Kamboja

1

1

0

0

3

1

+2

3

 Singapura

2

1

0

1

2

2

0

3

 Indonesia

1

0

0

1

2

4

−2

0

 Filipina

2

0

0

2

1

4

−3

0

See Also

The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.538.332 Since: 05.03.13 | 0.1408 sec