Nasional

Presiden Joko Widodo Diskusi Dengan Mahasiswa Di Istana Negara

Tuesday, 19 Mei 2015 | View : 584

JAKARTA-SBN.

Para mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (18/5/2015) malam.

Puluhan pimpinan BEM dari UI, UNJ, UIN, Universitas Trisakti, ITB, Unpad, Unpas, UGM, dan ITS datang memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Mereka yang datang umumnya adalah para pimpinan BEM dari Universitas Trisakti, UIN, Telkom University, Unpad, ITB, UGM, ITS, Unpar, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta, UPI, UI, serta Universitas Atma Jaya.‎

Acara sendiri sejatinya dimulai pukul 19.00 WIB. Namun karena tidak semua datang tepat waktu, acara diawali dengan makan malam bersama.

Makan malam mahasiswa dari perwakilan BEM sej‎umlah kampus ternama kali ini mungkin terasa begitu spesial. Bagaimana tidak, para mahasiswa yang tergabung dalam BEM tersebut makan malam di Istana Negara bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya nggak tahu menunya, soalnya telat datang," beber Ketua BEM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, Liu Timotius Christian di Kantor Presiden, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2015) malam.

Praktis acara dimulai pukul 20.00 WIB. Lokasinya di meja makan besar di dalam Istana Negara. Lokasi yang sama saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang tadi menerima para pimpinan lembaga tinggi negara.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa perwakilan mahasiswa berdiolog dan tukar pikiran terkait berbagai persoalan kebangsaan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) malam ini memang mempersiapkan waktunya secara khusus untuk menerima mahasiswa. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut ingin mendengar langsung apa saja uneg-uneg dari mahasiswa ini.

Kata Liu Timotius Christian, Presiden Jokowi saat itu ditemani oleh Teten Masduki, anggota tim komunikasi Presiden serta Seskab Andi Widjajanto. Sedangkan di seberang meja, para mahasiswa duduk dan berbicara tiap-tiap perwakilan kampus.

"Kami dulu yang bicara, setelah ditampung, baru dijawab seluruhnya," jelas Liu Timotius Christian.

Suasana pertemuan sendiri berlangsung sangat cair. Para mahasiswa bebas menyampaikan keluh kesahnya yang direspon oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah sesi itu selesai, barulah diadakan tanya jawab.

"Di sini yang dibicarakan hal-hal kecil, jadi diskusi gitu," lanjutnya.

Hanya 10 menit sesi ini berlangsung karena padatnya jadwal Kepresidenan.

Sekitar pukul 22.00 WIB, belasan mahasiswa ini digiring ke Kantor Presiden. Di podium yang biasa digunakan oleh Menteri atau tamu-tamu Presiden berbicara, kali ini diisi oleh mahasiswa.

Para mahasiswa tersebut menjelaskan apa-apa sa‎ja isi diskusi dengan Presiden. Termasuk masih adanya ketidakpuasan terhadap beberapa jawaban Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Para mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia menemui Presiden Jokowi sapaan Joko Widodo untuk menyampaikan rencana aksi demo besar-besaran pada 20 Mei nanti.

Salah satu pihak yang ikut dalam pertemuan itu adalah Ketua Harian Kagama, Budi Karya Sumadi. Menurutnya, dalam pertemuan itu dibahas mengenai berbagai masalah yang dihadapi masyarakat saat ini.

"Tadi Presiden minta masukan dari segala lapisan masyarakat, alumni-alumni, dan juga pemuda-pemudi terkait beberapa masalah masyarakat," ungkap Budi Karya Sumadi.

Pria yang kini memimpin PT. Angkasa Pura II itu menuturkan, para mahasiswa justru takjub karena dalam pertemuan itu. Sebab, Presiden Jokowi sapaan akrab Joko Widodo meski berstatus tidak membuat jarak dengan mahasiswa yang dikenal getol mengkritik Pemerintah.

“Satu hal yang surprise bagi kami, pertemuan itu bersahaja, ada unsur kesetaraan di situ dan dia (Jokowi) menjelaskan persoalan bangsa dan secara bertahap beliau akan menyelesaikan dengan skala prioritas,” papar Budi Karya Sumadi.

Menurut Budi Karya Sumadi, dalam pertemuan itu Presiden Jokowi juga membeber sejumlah prioritas Pemerintah beberapa tahun ke depan di hadapan para mahasiswa. "Beliau menjelaskan persoalan bangsa dan secara bertahap beliau akan menyelesaikan dengan skala prioritas. Dari yang paling susah dulu, yang paling  banyak dampak ke masyarakat, baru nanti pada persoalan bangsa yang lain," imbuh Budi Karya Sumadi.

Para mahasiswa menganggap pertemuan itu sebagai bentuk komunikasi yang baik antara Presiden dengan masyarakat. Mahasiswa, beber Budi Karya Sumadi, berharap komunikasi tersebut tetap terjalin rutin dengan Presiden.

Mereka juga berjanji akan terus mendukung kebijakan Pemerintah yang membawa kebaikan untuk masyarakat.  "Insya Allah ini akan menjadi hal yang baik antara Pak Jokowi, Pemerintah dengan masyarakat yang diwakili alumni," tandas Budi Karya Sumadi.

Ketua BEM UI Andi Aulia Rahman menolak untuk ikut tergabung dalam gerakan 20 Mei. BEM UI akan tetap turun ke Jalan pada 21 Mei, hanya saja ia menyangkal jika aksi itu untuk menurunkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.538.428 Since: 05.03.13 | 0.1461 sec