Olah Raga

Jorge Lorenzo Juara MotoGP Prancis

LE MANS-SBN.

Hal yang jarang terjadi beberapa tahun terakhir ini, tim Movistar Yamaha bisa menempatkan dua pebalapnya di puncak klasemen sementara MotoGP, setelah Jorge Lorenzo menjuarai Grand Prix Prancis dan Valentino Rossi finis di belakangnya, Minggu (17/5/2015). Jorge Lorenzo meraih kemenangan kedua beruntunnya musim ini  dengan finis pertama pada MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (17/5/2015). Rekan satu timnya di Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menyusul finis kedua.

Tim Movistar Yamaha kembali merayakan akhir pekan sempurna setelah Jorge Lorenzo keluar sebagai pemenang Grand Prix Prancis di sirkuit Le Mans, Prancis, disusul Valentino Rossi yang tampil heroik, sementara di sisi lain dua pebalap Repsol Honda gagal naik podium, Minggu (17/5/2015).

Jorge Lorenzo dinobatkan sebagai penakluk MotoGP Le Mans 2015, Minggu (17/5/2015) malam WIB. Memulai start dari baris terdepan, juara MotoGP dua kali itu langsung menggeber sejak tikungan pertama. Dengan demikian, ia berhasil meneruskan kemenangan di seri sebelumnya, yaitu di Sirkuit Jerez.

Para pebalap turun dengan ban depan dan belakang soft untuk menyelesaikan balapan yang berlangsung 28 putaran tersebut.

Persaingan ketat sudah tersaji sejak start. Jorge Lorenzo melakukan start yang sangat berani dan nyaris menyenggol pebalap Ducati Andrea Iannone yang tepat berada di sisi kirinya. Insiden itu membuat pole-sitter Marc Marquez bergerak menghindar dan makin tercecer di belakang.

Jorge Lorenzo mengawali balapan dengan sempurna. Ia berhasil merebut tempat terdepan yang dimiliki oleh Marc Marquez pada tikungan pertama yang melorot ke posisi empat. Duo Ducati beriringan di posisi dua dan tiga.

Begitu merebut posisi terdepan, Jorge Lorenzo mengeluarkan gaya khasnya untuk langsung melesat dan membuat gap dari seluruh pebalap di belakangnya dan mengunci trofi Le Mans dia yang keempat di kelas MotoGP. Jorge Lorenzo pun menegaskan dirinya sebagai pebalap tersukses di Le Mans.

Lap pertama berakhir, Jorge Lorenzo memimpin diikuti Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, Marc Marquez, dan Valentino Rossi.

Memasuki lap kedua, Dani Pedrosa terjatuh. Pebalap yang baru turun balapan lagi setelah absen pada tiga seri tersebut bisa melanjutkan balapan dan harus berjuang dari belakang.

Tak berselang lama, Stefan Bradl juga terjatuh dan harus mengakhiri balapan.

Sementara Aleix Espargaro kembali ke pit dan berhenti karena masalah pada motornya.

Marc Marquez kembali kehilangan posisi di lap dua saat Valentino Rossi menyalipnya. Pada lap ketiga, Valentino Rossi berhasil melewati Marc Marquez untuk mendapatkan tempat keempat.

Korban kembali jatuh. Kali ini giliran Scott Redding yang kehilangan kendali motor di tikungan enam.

Tak berselang lama giliran Bradley Smith yang menggesernya ke peringkat enam. Pada lap keenam, Marc Marquez kehilangan posisi setelah sempat melebar. Bradley Smith mengambil tempat kelima.

Di depan, empat pebalap bersaing memperebutkan tempat pertama yaitu Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, dan Valentino Rossi.

Di rombongan kedua ada Bradley Smith, Marc Marquez, dan Cal Crutclow. Namun, pada lap ke-8 Cal Crutchlow terjatuh dan balapannya pun berakhir.

Sementara itu jarak mulai terlihat dengan Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso bersaing di depan, tepatnya setelah 10 lap berjalan.

Valentino Rossi membuktikan janjinya untuk tampil habis-habisan di balapan ini, dengan langsung menekan Marc Marquez dan menyalipnya untuk merebut posisi empat.

Setelah itu pelan-pelan dia menekan duo Ducati Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso di depannya. Mendekati akhir lap ke-11, Valentino Rossi melewati Andrea Iannone dan berada di urutan ketiga. Dua putaran berikutnya, dia naik ke posisi kedua setelah melewati Andrea Dovizioso. Valentino Rossi sukses mengatasi perlawanan mereka masing-masing di putaran ke-11 dan ke-13. Jorge Lorenzo masih memimpin.

The Doctor melewati Andrea Iannone dan dibarengi oleh kesalahan yang dilakukan Andrea Dovizioso di sebuah tikungan. Hasilnya, ia kehilangan 0,7 detik dan membuat Jorge Lorenzo semakin nyaman di depan.

Menyisakan 15 lap lagi tak disia-siakan Vale, dengan pasti ia merebut posisi kedua dari Andrea Dovizioso. Kini dua Yamaha beriringan di depan dengan jarak 1,8 detik yang memisahkan antara Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

"Classic manuever by the master!" kata komentator balapan Fox Sports TV saat adegan menyalip Dovi diulang dalam gerakan lambat. Dovi akhirnya harus puas berada di podium ketiga.

Ketika balapan tersisa 12 putaran, Valentino Rossi tertinggal 1,7 detik dari Jorge Lorenzo. Sementara di belakang, Marc Marquez masih tertahan di posisi keenam, di belakang Bradley Smith.

Jorge Lorenzo memperlebar jarak dengan Valentino Rossi hingga di atas dua detik ketika balapan tersisa sembilan putaran.

Marc Marquez tampil di bawah performa terbaiknya, terlihat saat dia langsung tercecer ke posisi empat saat lampu start padam, langsung disalip Jorge Lorenzo dan duo Ducati. Usai ditaklukkan Valentino Rossi, Marc Marquez terjebak cukup lama di belakang pebalap Tech 3 Yamaha  Bradley Smith.

Juara dunia Marc Marquez sebetulnya berpeluang besar mengulangi kemenangannya d Sirkuit Le Mans setelah dia merebut pole position, namun akhirnya untuk finis podium pun dia gagal di Grand Prix Prancis, Minggu (17/5/2015).

Saat start dilakukan dia sudah tercecer, dan tidak seperti biasanya dia terjebak cukup lama di posisi enam dan lima, sebelum akhirnya finis keempat.

Hasil itu pun diraihnya lewat perjuangan sengit melawan pebalap Ducati Andrea Iannone dalam lima putaran terakhir.

“Kami mengira temperatur udara yang naik akan menguntungkan kami. Ternyata tidak demikian," kata Marc Marquez di twitter @box_repsol.

"Temperatur naik secara tajam, dan sepanjang akhir pekan ini kami belum pernah menggeber motor dalam kondisi seperti ini."

Marc Marquez tertinggal sekitar 20 detik dari pemenang balapan Jorge Lorenzo.

"Pada putaran keempat saya mulai menyadari ada banyak masalah dengan ban depan, dan saya kira semua motor Honda mengalami masalah yang sama. Faktanya banyak pebalap yang jatuh setelah kehilangan grip di bagian depan."

Rekan Marc Marquez di tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, gagal bersinar dalam comeback-nya setelah absen di tiga seri. Rekan dia, Dani Pedrosa dan pebalap LCR Honda Cal Crutchlow memang terjatuh dalam balapan ini. Dia terjatuh ketika balapan baru masuk putaran dua. Meskipun mampu melanjutkan lomba, Dani Pedrosa hanya bisa finis ke-16.

Selain Dani Pedrosa, pebalap Forward Racing Stefan Bradl dan pebalap LCR Honda Cal Crutchlow juga terjatuh dan gagal melanjutkan lomba.

Dani Pedrosa menandai comeback-nya dengan nasib sial setelah terjatuh di Grand Prix Prancis, Minggu (17/5/2015), saat balapan baru masuk dua putaran.

Pebalap Repsol Honda itu sebelumnya absen di tiga seri karena harus menjalani operasi, dan memulai balapan dari posisi start kedelapan.

Pada putaran yang sama, pebalap Forward Racing Stefan Bradl juga terjatuh sendiri.

Dani Pedrosa sanggup meneruskan lomba tapi saat ini tercecer ke posisi 20, sementara Stefan Bradl gagal melanjutkan lomba.

Panitia menyatakan kedua pebalap dalam kondisi baik-baik saja.

"Kami harus menarik pelajaran dari balapan ini khususnya dari data yang telah kami kumpulkan."

Sementara itu, Marc Marquez semakin kesulitan mengejar ketinggalannya. Jangankan untuk bersaing dengan Jorge Lorenzo yang sudah berada 12 detik di depannya, Baby Alien pun kesulitan menyalip Bradley Smith di urutan lima dengan 10 lap yang tersisa.

"Balapan ini sangat berat secara mental namun saya tetap bisa bersenang-senang saat terjebak dengan Smith dan Iannone,” imbuh Marc Marquez.

Adegan paling seru dalam balapan ini terjadi pada perebutan posisi empat antara Marc Marquez, pebalap Tech 3 Yamaha Bradley Smith dan Andrea Iannone. Duel memperebutkan posisi empat terjadi antara sang juara bertahan, Bradley Smith, dan Andrea Iannone.

Baru pada sisa enam putaran Marc Marquez mulai ngotot mencari posisi lebih baik. Balapan tersisa enam putaran ketika Marc Marquez akhirnya berhasil melewati Bradley Smith.

Setelah itu dia terlibat duel seru dengan Andrea Iannone merebutkan posisi empat. Dia lalu bersaing ketat dengan Andrea Iannone untuk memperebutkan tempat keempat.

Sedikitnya mereka saling salip delapan kali di lima putaran terakhir. Pada lima putaran terakhir, Marc Marquez dan Andrea Iannone terus saling salip nyaris di semua tikungan.

Pada tiga putaran terakhir, Marc Marquez berada di urutan keempat, tetapi Andrea Iannone dan Bradley Smith mengekor tepat di belakangnya.

Dua lap berselang, Marc Marquez berhasil mengambil alih urutan empat, disusul Andrea Iannone, serta Bradley Smith.

Kedua pebalap beberapa kali saling mendahului dan menempel ketat. Dalam satu kesempatan ban depan Marc Marquez sampai terangkat ketika dia menggeber motornya habis-habisan.

Marc Marquez akhirnya memenangi duel dengan Andrea Iannone di putaran terakhir. Marc Marquez berhasil memenangi persaingan dengan Andrea Iannone dan finis keempat. Andrea Iannone dan Bradley Smith finis kelima dan keenam.

Saat last lap ini, Jorge Lorenzo memimpin dengan dua detik lebih dari Valentino Rossi, disusul Andrea Dovizioso, Marc Marquez, dan Andrea Iannone menutup di lima besar.

Jorge Lorenzo akhirnya berhasil finis pertama, disusul Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso. Garis finis pun dilewati oleh pebalap asal Spanyol itu dan mengukuhkan dirinya sebagai juara MotoGP Le Mans 2015. Ini merupakan kemenangan ketiga Jorge Lorenzo di Le Mans untuk kelas MotoGP setelah 2009 dan 2012.

Bagi Jorge Lorenzo, ini kemenangan kedua berturut-turut untuk semakin menegaskan kebangkitannya setelah terpuruk di tiga seri perdana. Sementara itu, Valentino Rossi tak sekalipun luput dari hasil podium setelah lima seri digelar, dua diantaranya dia menangi.

Valentino Rossi mengaku sudah tampil habis-habisan di Grand Prix Prancis, namun harus puas finis kedua di belakang rekan setimnya Jorge Lorenzo, yang disebutnya "terlalu kencang", Minggu (17/5/2015).

"Saya sudah mengambil risiko cukup banyak dan mencoba hal berbeda dalam balapan ini. Tapi Jorge terlalu kencang," kata Valentino Rossi tak lama usai balapan.

"Namun saya menjalani pertarungan yang hebat dengan dua motor Ducati," imbuhnya.

Dalam balapan ini dua pebalap Movistar Yamaha memang terlibat pertarungan dengan duo Ducati Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso yang berada di baris depan sejak awal. Velentino Rossi akhirnya bisa menyalip mereka masing-masing pada putaran ke-11 dan ke-13.

The Doctor pantas mensyukuri hasil ini mengingat dia memulai balapan dari posisi start ketujuh.

"Bisa mendapat nilai 20 sangat penting untuk klasemen," pungkas Valentino Rossi.

Pebalap Ducati Andrea Dovizioso harus rela tergusur ke posisi tiga klasemen, namun setidaknya dia kembali finis di podium. Setelah Valentino Rossi, dia tercatat sebagai pebalap paling konsisten dengan empat kali finis podium. Namun, kemenangan pertama Ducati sejak era Casey Stoner 2010 belum juga terwujud.

Di belakang Bradley Smith adalah rekan setimnya Pol Espargaro yang finis ketujuh, disusul Yonny Hernandesz dari Pramac Racing. Maverick Viñales mengamankan poin untuk Suzuki dengan finis kesembilan, sementara posisi 10 ditempati Danilo Petrucci dari Pramac Racing.

Ini adalah kali pertama X Fuera memenangi dua seri berturut-turut tahun ini. Kemenangan ini sekaligus melanjutkan momentum keperkasaan Jorge Lorenzo di Jerez dua pekan lalu, mengangkatnya ke posisi dua klasemen. Sebelumnya, pebalap Spanyol itu berjaya di Sirkuit Jerez.

Tambahan 25 poin juga berarti besar bagi posisi Jorge Lorenzo di klasemen pebalap. Dengan tambahan 25 poin dirinya semakin mendekati Valentino Rossi di puncak klasemen yang juga mengemas 20 poin. Dengan poin yang diperoleh sekaligus memangkas jarak dari pemimpin klasemen Valentino Rossi menjadi 15 poin saja. Ia menyalip Andrea Dovizioso dan kini terpaut 15 poin dari Valentino Rossi di puncak klasifikasi. Valentino Rossi memimpin klasemen dengan keunggulan 15 poin atas Jorge Lorenzo, yang menggeser Andrea Dovizioso ke posisi tiga.

Secara Total, The Doctor masih memuncaki klasemen dengan 102 poin, disusul Jorge Lorenzo 87 poin, dan Dovi 82 poin.

Sementara itu, Marc Marquez yang hanya menambah 13 poin berada di urutan lima dengan 69 poin. Sang juara bertahan, Marc Marquez hanya bisa bertarung untuk posisi empat besar.

Berikut hasil lengkap balapan MotoGP (Grand Prix) Le Mans Prancis 2015:

1. Jorge LORENZO SPA Movistar Yamaha Yamaha 43'44.143.
2. Valentino ROSSI ITA Movistar Yamaha Yamaha +3.820.
3. Andrea DOVIZIOSO ITA Ducati Ducati +12.380.
4. Marc MARQUEZ SPA Repsol Honda Honda +19.890.
5. Andrea IANNONE ITA Ducati Ducati +20.237.
6. Bradley SMITH GBR Yamaha Tech 3 Yamaha +21.145.
7. Pol ESPARGARO SPA Yamaha Tech 3 Yamaha +35.493.
8. Yonny HERNANDEZ COL Pramac Racing Ducati +39.601.
9. Maverick VIÑALES SPA SUZUKI ECSTAR Suzuki +41.571.
10. Danilo PETRUCCI ITA Pramac Racing Ducati +42.789.
11. Nicky HAYDEN USA Aspar Honda +53.636.
12. Loris BAZ FRA Athinà Forward Racing Yamaha +1'00.617.
13. Hector BARBERA SPA Avintia Racing Ducati +1'04.272.
14. Eugene LAVERTY IRL Aspar Honda +1'05.259.
15. Alvaro BAUTISTA SPA Aprilia Gresini Aprilia +1'05.515.
16. Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Honda +1'20.907.
17. Alex DE ANGELIS RSM Octo IodaRacing ART +1'21.663.
18. Marco MELANDRI ITA Aprilia Gresini Aprilia 1 Lap.

Gagal finis:
Jack MILLER AUS LCR Honda Honda 14 Laps.
Karel ABRAHAM CZE AB Motoracing Honda 14 Laps.
Cal CRUTCHLOW GBR CWM LCR Honda Honda 21 Laps.
Scott REDDING GBR EG 0,0 Marc VDS Honda 25 Laps.
Mike DI MEGLIO FRA Avintia Racing Ducati 25 Laps.
Aleix ESPARGARO SPA Team SUZUKI ECSTAR Suzuki 26 Laps.
Stefan BRADL GER Athinà Forward Racing Yamaha 27 Laps.

Klasemen sementara MotoGP setelah seri kelima:

1. Valentino ROSSI 102.
2. Jorge LORENZO 87.
3. Andrea DOVIZIOSO 83.
4. Marc MARQUEZ 69.
5. Andrea IANNONE 61.
6. Cal CRUTCHLOW 47.
7. Bradley SMITH 46.
8. Pol ESPARGARO 35.
9. Aleix ESPARGARO 31.
10. Maverick VIÑALES 27.
11. Danilo PETRUCCI 25.
12. Yonny HERNANDEZ 20.
13. Scott REDDING 13.
14. Hector BARBERA 13.
15. Dani PEDROSA 10.
16. Nicky HAYDEN 8.
17. Loris BAZ 6.
18. Jack MILLER 6.
19. Hiroshi AOYAMA 5.
20. Alvaro BAUTISTA 3.
21. Eugene LAVERTY 2.
22 Stefan BRADL Yamaha Forward GER 1.

(foxsportstv)

See Also

The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.589.911 Since: 05.03.13 | 0.1368 sec