Hukum

Artis Eddies Adelia Divonis 3 Bulan Penjara

Tuesday, 28 April 2015 | View : 1581

JAKARTA-SBN.

Artis Eddies Adelia sebagai terdakwa kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terlihat tenang di dalam ruang persidangan.

Eddies Adelia yang mengenakan jilbab warna merah muda itu divonis oleh Ketua Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan selama tiga bulan penjara.

Eddies Adelia terbukti bersalah dan divonis tiga bulan masuk penjara kembali atas kasus pidana Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pada tahun 2014. Eddies Adelia dinilai menerima uang panas dari perbuatan yang dilakukan suaminya, Ferry Setiawan.

Hakim yang diketuai oleh Made Sutrisna SH pun menyatakan istri Ferry Setiawan itu terbukti menerima sejumlah uang dari sang suami yang memang terjerat kasus itu lebih dulu.

"Menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan menerima transfer uang yang patut diduga hasil tindak pidana," kata Ketua Majelis Hakim, Made Sutrisna di Ruang Sidang, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (28/4/2015).

Selama duduk kursi persidangan dan mendengarkan putusan Majelis Hakim, Eddies Adelia terlihat tenang.

Eddies Adelia dijatuhi kurungan k‎embali selama tiga bulan dari tuntutan yang diberikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) selama lima bulan.

Ringannya hukuman yang diberikan oleh Eddies Adelia lantaran dirinya sangat kooperatif selama menjalani persidangan.

Eddies Adelia mengibaratkan penjara yang akan dihuninya karena kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) sebagai pesantren.

"‎Di sana saya merasa pesantren, apapun saya merasa bersyukur dengan pembelajaran hidup saya. Bagi istri-istri lain pembelajaran kita harus nanya kalau dapat nafkah," ujar Eddies Adelia usah menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (28/4/2015).

Eddies Adelia tampak ikhlas dan menerima vonis yang dua bulan lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penutut Umum (JPU) selama lima bulan.

Eddies Adelia mengatakan akan pikir-pikir ketika ditanyakan upaya banding. Saat ini Eddies Adelia masih berpikir-pikir untuk mengajukan banding.‎ "Masih pikir-pikir yang mulia," ungkap Eddies Adelia dalam persidangan.

"‎Bismillah saja saya dari awal saya menerima konsekuensi hal terburuk udah saya jalanin. Saya merasa tidak bersalah karena saya murni istri yang menerima nafkah dari suami," pungkasnya.

Pada 18 September 2014, Eddies Adelia sempat menghuni Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, namun pada Desember 2014 statusnya berubah menjadi tahanan kota.

Suami Eddies Adelia tersandung kasus hukum dengan tuduhan Tindak Pidana Penipuan, Penggelapan, dan Pencucian Uang sebesar Rp 45 Milyar dengan menggunakan Draft Loading Fiktif.

Diberitakan sebelumnya, Juru bicara Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol.) Rikwanto mengatakan ada penipuan lain senilai Rp 24 miliar yang telah dilakukan oleh Ferry Setiawan alias Ferry Ludwankara (35 tahun). Laporan tersebut, sambung mantan Wakapolwil Banyumas ini, diserahkan pada Rabu (10/10/2013) lalu dengan tuduhan penipuan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). "Jadi totalnya sekitar Rp 45 miliar," beber mantan Kapolres Klaten, Kombes Pol. Rikwanto di kantornya, Senin (4/11/2013).

Ferry Setiawan bersama rekannya Rizky Rachmad, 32 tahun, dilaporkan oleh seorang pengusaha bernama Apriyadi Malik pada 24 September 2013 ke Polda Metro Jaya. Ferry Setiawan dilaporkan karena telah menipunya sehingga mengakibatkan kerugian Rp 21 miliar. Ferry Setiawan yang juga merupakan suami dari artis Eddies Adelia ini ditangkap di Jakarta setibanya dari Singapura pada 18 Oktober 2013 lalu.

Adapun Rizky, lanjut Kombes Pol. Rikwanto, ditangkap di Jakarta.

Ferry Setiawan merupakan pengusaha pemasok batubara ke PT PLN yang mencari modal dengan menggunakan final draft loading fiktif.

Sedangkan Rizky ditangkap karena merupakan pembuat final draft fiktif yang digunakan Ferry Setiawan.

Keduanya dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP tentang Tindak Pidana Penipuan, Penggelapan, dan Pencucian Uang, serta Pasal 5 Undang-Undang Nomor 8
Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pencucian Uang.

Mantan Wakapolwil Banyumas, Kombes Pol. Rikwanto mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengumpulkan keterangan-keterangan dari para saksi termasuk Eddies Adelia.

Eddies Adelia, imbuh mantan Kapolres Klaten ini, akan dimintai keterangan mengenai apakah ia turut menerima aliran uang tersebut.

Mengenai aset, Kombes Pol. Rikwanto menyatakan belum ada aset Ferry Setiawan yang disita oleh Kepolisian. "Kami masih telusuri uangnya dialirkan ke mana saja," ungkap Kombes Pol. Rikwanto. (tem/jos)

See Also

Keterangan Ahli Di Sidang Praperadilan Terkait Eksekusi Penahanan Matheus Mangentang
Peras Mantan Petinggi Polri, Hukuman Sisca Dewi Diperberat
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
KPK Akan Segera Periksa Saksi Dan Tersangka Suap KONI
KPK Cekal Robert Tantular Ke Luar Negeri
Tim Resmob Dan Tarsius Bitung Lumpuhkan Pencuri Kambuhan
Mahkamah Agung Hukum Alfian Tanjung 2 Tahun Penjara
Polda Jatim Duga Ada Kesalahan Teknis Proyek Berujung Jalan Gubeng Ambles
KPAI Apresiasi Langkah Cepat Polri Proses Bahar Bin Smith
Polri Sebut Penahanan Tersangka Bahar Bin Smith Murni Kasus Hukum
Polri Koordinasi Dengan LPSK Amankan 2 Remaja Korban Bahar Bin Smith
Usai OTT KPK, Kemenpora Lanjutkan Program SEA Games-Olimpiade
KPK Sita Miliaran Rupiah Terkait OTT Pejabat Kemenpora Dan KONI
Polri Kantongi Bukti Penganiayaan Oleh Bahar Bin Smith
KPK OTT Pejabat Kemenpora Dan Pengurus KONI
Polres Metro Jakarta Selatan Buru Pembunuh Perempuan Muda Di Kebagusan City
Pembunuh Keji Sopir Taksi Online Divonis 10 Tahun Penjara
Uang Pengganti E-KTP, KPK Sita Rp 862 Juta Dari Setya Novanto
Keterangan Ahli Ketua DPD KAI DKI Jakarta Pada Sidang Lanjutan Julius Lobiua
TNI AL Ringkus Pelaku Narkoba Di Tanjung Ahus
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.497.205 Since: 05.03.13 | 0.1796 sec