Hukum

Eksekusi 8 Terpidana Mati Sudah Dilaksanakan

Wednesday, 29 April 2015 | View : 374

NUSAKAMBANGAN-SBN.

Ratusan polisi telah mensterilkan Dermaga Wijaya Pura, Cilacap, Rabu (29/4/2015) sekitar pukul 01.00 WIB. Sterilisasi ini dilakukan setelah delapan terpidana mati kasus narkoba dieksekusi pada Rabu sekitar pukul 00.30 WIB.

Eksekusi terpidana mati telah dilakukan di kawasan Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Sekitar Pukul 00.25 WIB, terdengar dua kali suara tembakan di kawasan dermaga Wijayapura, Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan pantauan, Rabu (29/4/2015), sedikitnya terdengar dua kali letusan suara tembakan dari arah Lapas Nusakambangan. Meskipun dari lokasi eksekusi ke dermaga Wiajayapura cukup jauh, namun suasana tengah malam membuat suara tembakan bisa terdengar.

Kedelapan terpidana itu adalah Andrew Chan (warga negara Australia), Myuran Sukumaran (Australia), Raheem Agbaje Salami (Nigeria), dan Zainal Abidin (Indonesia). Selain itu, ada pula Rodrigo Gularte (Brasil), Silvester Obiekwe Nwaolise alias Mustofa (Nigeria), Martin Anderson alias Belo (Ghana), dan Okwudili Oyatanze (Nigeria).

Sebelumnya, keluarga duo "Bali Nine", Myuram Syukumaran dan Andrew Chan, sempat menggelar acara doa di depan Gerbang Pelabuhan Wijaya Pura, Selasa (28/4/2015) malam. Dengan bersenandungkan lagu rohani, mereka memanjatkan doa supaya kedua keluarganya tersebut diampuni semua dosa-dosanya.

"Saya datang ke sini hanya untuk mendoakan saudara-saudara saya supaya diampuni dosa-dosanya," jelas salah satu keluarga duo Bali Nine, Michele, kepada wartawan Selasa malam.

Empat anggota keluarga Duo Bali Nine tampak berpelukan dan memanjatkan doa secara bersamaan. Mereka menangis penuh haru dan meminta pertolongan kepada Tuhan.

Dua terpidana mati kasus narkoba anggota "Bali Nine", Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, yang telah dieksekusi pada Rabu (29/4/2015) dini hari, bakal disemayamkan di Jalan Daan Mogot Km2 Nomor 353, Jakarta Barat.

Dari informasi yang diperoleh Antara, Rabu (29/4/2015), untuk terpidana mati Martin Anderson alias Belo disemayamkan di Kalibalang Poncol, Bekasi Utara.

Sylvester Obiekwe Nwolise di Rumah Sakit PGI Cikini, Jakarta Pusat, Rodrigo Gularte di Rumah Sakit (RS) St. Carolus, Jakarta Pusat, Raheem Agbaje Salami di TPU Serayu Madiun, Jawa Timur, Ukwudilu Oyantanze di Ambarawa, dan Zainal Abidin di Cilacap.

Pada kesempatan sebelumnya, Kejaksaan Agung menyatakan jenazah terpidana mati asal Australia, "Duo Bali Nine", nantinya akan disemayamkan dahulu di satu tempat Jakarta Barat sebelum diterbangkan ke negaranya.

"Jadi ada permintaan dari Pemerintah Australia melalui Kemenlu mengirimkan surat pada Kemenlu Indonesia, agar kedua jenazah ini disemayamkan di suatu tempat di wilayah Jakbar setelah itu esok harinya akan diterbangkan ke Australia," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Tony Tribagus Spontana, di Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Dua terpidana mati kasus narkoba anggota "Bali Nine", Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, yang telah dieksekusi pada Rabu (29/4/2015) dini hari, bakal disemayamkan di Jalan Daan Mogot Km2 Nomor 353, Jakarta Barat.

Kejaksaan Agung (Kejagung) memastikan delapan terpidana mati telah dieksekusi pada pukul 00.35 WIB di lapangan Limus Buntu, Nusa Kambangan.

Setelah resmi dinyatakan meninggal dunia pukul 01.02 WIB, para terpidana mati itu akan dimandikan dan diambil proyektil peluru dari jantungnya.

"Selanjutnya jenazah dimandikan dan diambil proyektilnya dari tubuh dan dijahit kembali," kata Kapuspenkum Tony Tribagus Spontana, Rabu (29/4/2015).

Menurut Tony Tribagus Spontana, kedelapan jenazah itu akan didoakan sesuai dengan keyakinan yang dianut, selanjutnya dibawa menggunakan ambulans menuju ke tempat persemayaman.

Rencananya, jenazah terpidana mati itu akan dibawa melalui jalan darat, sebelum diterbangkan ke negara asalnya. Kemudian Jaksa akan mendampingi hingga nantinya terpidana dimakamkan atau dibawa ke negara asalnya. (ant/jos)

See Also

Keterangan Ahli Di Sidang Praperadilan Terkait Eksekusi Penahanan Matheus Mangentang
Peras Mantan Petinggi Polri, Hukuman Sisca Dewi Diperberat
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
KPK Akan Segera Periksa Saksi Dan Tersangka Suap KONI
KPK Cekal Robert Tantular Ke Luar Negeri
Tim Resmob Dan Tarsius Bitung Lumpuhkan Pencuri Kambuhan
Mahkamah Agung Hukum Alfian Tanjung 2 Tahun Penjara
Polda Jatim Duga Ada Kesalahan Teknis Proyek Berujung Jalan Gubeng Ambles
KPAI Apresiasi Langkah Cepat Polri Proses Bahar Bin Smith
Polri Sebut Penahanan Tersangka Bahar Bin Smith Murni Kasus Hukum
Polri Koordinasi Dengan LPSK Amankan 2 Remaja Korban Bahar Bin Smith
Usai OTT KPK, Kemenpora Lanjutkan Program SEA Games-Olimpiade
KPK Sita Miliaran Rupiah Terkait OTT Pejabat Kemenpora Dan KONI
Polri Kantongi Bukti Penganiayaan Oleh Bahar Bin Smith
KPK OTT Pejabat Kemenpora Dan Pengurus KONI
Polres Metro Jakarta Selatan Buru Pembunuh Perempuan Muda Di Kebagusan City
Pembunuh Keji Sopir Taksi Online Divonis 10 Tahun Penjara
Uang Pengganti E-KTP, KPK Sita Rp 862 Juta Dari Setya Novanto
Keterangan Ahli Ketua DPD KAI DKI Jakarta Pada Sidang Lanjutan Julius Lobiua
TNI AL Ringkus Pelaku Narkoba Di Tanjung Ahus
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.501.697 Since: 05.03.13 | 0.1111 sec