Nasional

DPR RI Tegaskan Tidak Akan Bangun Gedung Baru

Friday, 24 April 2015 | View : 379

JAKARTA-SBN.

Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto, berkelit bahwa lembaga Parlemen hendak membangun gedung baru melalui proyek Ikon Nasional. Menurutnya, proyek itu akan diutamakan demi pembangunan Perpustakaan, Museum, dan Pusat Riset (Research Center).

"Yang dibangun bukan gedung baru, tapi Museum dan Perpustakaan DPR. Selama ini kita tidak punya. Karena kita tahu di mancanegara, Museum itu suatu ikon. Sehingga adik dan anak-anak kita bisa mengunjungi Museum, baca risalah rapat, bisa baca hal yang terkait DPR. Ini bukan gedung baru," jelas Agus Hermanto, Jumat (24/4/2015).

Dia menekankan bahwa pihaknya belum memiliki gambaran akan nilai anggaran untuk pembangunan gedung baru. Yang ada hanyalah dana perencanaan saja.

"Tapi di pidato Ketua DPR, disebutkan bahwa ada membangun untuk anggota dan tenaga ahli anggota DPR?" tanya wartawan.

"Sekali lagi saya tegaskan. Yang dimaksud ikon itu Perpustakaan dan Museum. Lalu Research Center. Tentu kalau Research Centre kan ada tenaga ahlinya. Untuk ruang kerja anggota, kita masih pakai yang di Nusantara I. Kalau pimpinan DPR di Nusantara III," jawab Agus Hermanto.

Perlahan namun pasti, DPR RI akan segera memiliki bangunan kantor baru dan memperbaiki kompleks Parlemen yang bahkan disebut akan menjadi ikon nasional. Agustus tahun ini, Presiden RI ke-7 Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) akan diajak menandatangani komitmen membangun ikon nasional itu.

Dalam rencana itu, DPR RI akan memiliki Perpustakaan, Museum, Pusat Penelitian, hingga ruang kerja baru untuk anggota dan tenaga ahli. Ketua DPR RI Setya Novanto mengaku akan memiliki Perpustakaan, Museum, Research Center, hingga ruang kerja baru untuk anggota dan tenaga ahli. DPR RI membentuk Tim Kerja Pembangunan Perpustakaan, Museum, Research Center, dan Ruang Kerja Anggota dan Tenaga Ahli DPR RI yang sekaligus akan menjadi ikon nasional.

Seperti diungkapkan Ketua DPR RI Setya Novanto dalam pidato penutupan masa sidang DPR RI, Jumat (24/4/2015) malam, disebutkan DPR RI telah mengesahkan usulan anggaran DPR RI tahun 2016. Arah kebijakan anggaran adalah memperkuat peran representasi DPR RI yang dimaksudkan untuk mendekatkan wakil rakyat dengan konstituennya.

"Dalam rangka penguatan kelembagaan, DPR membentuk Tim Kerja Pembangunan Perpustakaan, Museum, Research Center, dan Ruang Kerja Anggota dan Tenaga Ahli DPR RI yang sekaligus akan menjadi ikon nasional," jelas Setya Novanto.

Kata Setya Novanto, DPR RI berpandangan bahwa pembangunan ikon nasional itu akan menjadi warisan bangsa. Sebab setelah 70 tahun Indonesia merdeka dan 17 tahun reformasi, lembaga legislatif belum pernah dibangun secara mandiri.

"Untuk itu, masyarakat Indonesia perlu mengetahui dan memberi dukungan terhadap rencana besar ini," tandas politikus Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut, Setya Novanto.

Dan lebih fantastis, Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan pembangunan ikon nasional itu telah mendapatkan persetujuan Presiden. Oleh karena itu, pada 16 Agustus 2015, setelah pidato mengenai Nota Keuangan, Presiden dan tamu negara akan diajak mengunjungi Museum dan Perpustakaan yang ada sementara ini.

"Pada kesempatan yang sama, Presiden akan menandatangani komitmen membangun ikon nasional bersama dan peletakan batu pertama untuk pembangunan ikon nasional tersebut," pungkas Setya Novanto.

Di samping itu, kata Setya Novanto, Mahkamah Kehormatan Dewan akan melakukan perubahan format presensi anggota DPR RI, baik dalam rapat paripurna maupun rapat alat kelengkapan Dewan. Ujungnya, format akan lebih detil sehingga publik dapat tahu alasan ketidakhadiran anggota di dalam rapat.

Searah dengan upaya penguatan serta peningkatan kinerja lembaga DPR RI, Setya Novanto mengatakan DPR RI, melalui Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), sedang menyusun Rencana Strategis DPR RI 2015-2019 dan Peraturan DPR RI tentang pertanggungjawaban pengelolaan anggaran DPR RI. (jos/sp)

See Also

Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.907.320 Since: 05.03.13 | 0.1631 sec