Internasional

Layanan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Dinobatkan Sebagai Terbaik Ke-7 Dunia

Saturday, 25 April 2015 | View : 604

DENPASAR-SBN.

Bandara Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Jalan Raya Gusti Ngurah Rai, Denpasar yang terletak di sebelah Selatan Bali, Indonesia, tepatnya di daerah Tuban, Kuta berhasil mencatatkan diri masuk sebagai sepuluh besar jajaran bandara dengan tingkat layanan terbaik di dunia berdasarkan survei Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI) pada periode Q4/2014 (Oktober-Desember 2014).

General Manajer PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Herry A.Y Sikado menjelaskan bahwa bandara kebanggaan masyarakat Bali itu menduduki posisi ke tujuh di dunia yang dinilai berdasarkan kualitas dan pelayanan bandara (ASQ) pada periode Oktober-Desember 2014.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado menjelaskan bahwa penilaian tingkat kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh ACI menjadi acuan bagi Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam meningkatkan pelayanannya.

Yang menjadi pendorong peningkatan nilai ASQ di Bandara I Gusti Ngurah Rai salah satunya adalah terminal baru baik terminal internasional maupun terminal domestik yang juga diiringi dengan peningkatan fasilitas. Dengan penambahan luas terminal melebihi 3 kali lipat dari sebelumnya, Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat melayani lebih baik tidak hanya dari sisi kuantitas penumpangnya tetapi juga kualitas pelayanan.

"Menjadi peringkat ketujuh dari 31 bandara di dunia untuk kategori 15-25 juta penumpang pertahun tentu menjadi nilai tambah sekaligus penyemangat bagi kami. Seiring dengan cita cita dan mimpi kami menjadi satu dari sepuluh bandara terbaik di Asia, Bandara I Gusti Ngurah Rai harus dapat terus memberikan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasanya," ungkap Herry A.Y. Sikado.

"Berdasarkan survei tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada pada posisi ketujuh dunia di kategori 15-25 juta penumpang per tahun," katanya di Denpasar, Sabtu (25/4/2015).

Menurut Herry A.Y. Sikado, salah satu bandara tersibuk di Indonesia itu berada di atas peringkat Bandara Kansai di Osaka, Jepang, Bandara San Diego California di Amerika Serikat, Bandara Zurich di Swis, Bandara Brisbane Queensland di Australia dan Bandara Manchester di Inggris.

Dalam kategori bandara dengan jumlah penumpang 15 hingga 25 juta penumpang per tahun, ACI melakukan penilaian kepada 31 bandara di dunia. Bandara Internasional di bawah pengelolaan PT. Angkasa Pura I (Persero) ini menempati peringkat di atas Bandara Kansai Osaka di Jepang, Bandara San Diego California di Amerika Serikat (AS), Bandara Zurich di Swiss, Bandara Brisbane Queensland di Australia, dan Bandara Manchester, Inggris.

Sedangkan, adapun bandara yang berada di peringkat pertama untuk dalam survei ASQ ini adalah Bandara Wuhan Tianhe, China.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado menjelaskan bahwa penilaian tingkat kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh ACI menjadi acuan bagi bandara itu dalam meningkatkan pelayanannya.

"Ini tentu menjadi nilai tambah sekaligus penyemangat bagi kami seiring dengan cita-cita dan mimpi kami menjadi satu dari sepuluh bandara terbaik di Asia, Bandara I Gusti Ngurah Rai harus dapat terus memberikan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasanya," papar General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado.

Di kategori lainnya, yaitu bandara dengan jumlah penumpang 5 hinggga 15 juta penumpang per tahun, dari 79 bandara yang di survei, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan berada di peringkat ke-16. Posisi ini berada di atas ranking Bandara San Antonio Texas di Amerika Serikat (AS), Bandara Penang di Malaysia, dan Bandara Bengaluru di India.

Airport Service Quality (ASQ) merupakan satu-satunya program benchmarking atau penilaian global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara, yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia dan berbasis di Montreal, Kanada.

Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini antara lain fasilitas pelayanan penumpang dan fasilitas penunjang bandara seperti ketersediaan bank/ATM/money changer, fasilitas belanja, tempat makan, sarana hiburan di bandara, serta keramahan dan kesigapan staf bandara.

Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini, lanjut General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado, antara lain fasilitas pelayanan penumpang dan fasilitas penunjang bandara seperti ketersediaan bank, Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan penukaran mata uang asing, fasilitas belanja, tempat makan, sarana hiburan di bandara, serta keramahan dan kesigapan staf bandara.

Sejak 2006, survei ASQ telah melakukan penilaian terhadap kepuasan penumpang di lebih dari 250 bandara di dunia.

Adapun metodologi ilmiah yang dilakukan melalui prosedur quality control yang ketat, serta komitmen untuk tidak berpihak dalam setiap penilaian survei ASQ ini menjadikannya sebagai standar global untuk mengukur kepuasan penumpang di bandara. Setiap tahun, ACI mewawancarai sekitar 550.000 penumpang di bandara, dan meminta mereka untuk menilai tingkat kepuasan atas layanan bandara.

"Pengelola bandara di dunia sangat selektif dan hanya mengajukan bandara terbaiknya untuk ikut survei ASQ ini. Dari Indonesia, Angkasa Pura I mengikutkan empat bandaranya, sementara Angkasa Pura II lima bandara. Berdasarkan survei tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada di ranking ketujuh dunia di kategori 15-25 juta penumpang per tahun, sekaligus merupakan bandara Indonesia dengan ranking dunia terbaik di kelasnya. Hasil ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan level of service yang telah dilakukan oleh Angkasa Pura I selama ini cukup berhasil. Kami bertekad untuk terus meningkatkan layanan di bandara-bandara kami, sehingga visi Angkasa Pura I untuk menjadi sepuluh besar perusahaan pengelola bandara terbaik di Asia di tahun 2020 bisa terwujud lebih cepat dari target yang ditetapkan," urai Direktur Utama PT. Angkasa Pura I, Tommy Soetomo. (ant/jos)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.907.365 Since: 05.03.13 | 0.1423 sec