Internasional

Bandara Juanda Masuk 10 Terbaik Dunia

Saturday, 25 April 2015 | View : 616

SURABAYA-SBN.

Bandara Internasional Juanda (SUB/WARR) Surabaya di Jalan Ir. Haji Juanda, Desa Sedati, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur yang terletak 20 km sebelah Selatan Kota Surabaya mencapai peringkat ke-10 dunia karena dinilai mampu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat penerbangan baik domestik maupun asing.

"Kinerja itu berdasarkan survei Airport Serv­ice Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Ai­rport Council International (ACI) pada p­eriode Q4/2014 (Oktober-Desember 2014)," kata Di­rektur Utama Angkasa Pura I, Tommy Soetom­o, di Surabaya, Jumat (24/4/2015).

Bandara Internasional Juanda adalah bandara terbesar dan tersibuk kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta berdasarkan pergerakan pesawat dan penumpang.

Bandara ini memiliki panjang landasan 3000 meter dengan luas terminal sebesar 51.500 m², atau sekitar dua kali lipat dibanding terminal lama yang hanya 28.088 m². Bandara baru ini juga dilengkapi dengan fasilitas lahan parkir seluas 28.900 m² yang mampu menampung lebih dari 3.000 kendaraan. Bandara ini diperkirakan mampu menampung 6 juta hingga 8 juta penumpang per tahun dan 120.000 ton kargo/tahun.

Menurut dia, di kategori bandara dengan jumlah penump­ang 15 juta hingga 25 juta penumpang per tahu­n, ACI melakukan penilaian di 31 bandara­ di dunia. Dari penilaian itu ada ­dua bandara di bawah pengelolaan PT. Angk­asa Pura I (Persero) yang memenuhi syarat.

"Infrastruktur itu yakni ­Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai­ Bali dan Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo," ujarnya.

Sementara itu, jelas dia, di kategori lain yaitu bandara denga­n jumlah penumpang 5 juta hinggga 15 juta pen­umpang per tahun maka dari 79 bandara yang d­inilai Bandara Sultan Aji Muhammad Su­laiman Sepinggan Balikpapan berada di pe­ringkat ke-16. Posisi itu berada di atas­ ranking Bandara San Antonio Texas di Amerika Serikat.

"­Selain itu, Bandara Penang di Malaysia dan Bandar­a Bengaluru di India," katanya.

Ia menambahkan, Airport Service Quality (ASQ) merupakan ­satu-satunya program benchmarking­ global yang mengukur tingkat kepuasan p­enumpang di bandara. Survei itu dilakukan oleh ­Airport Council International (ACI) yakni seb­uah organisasi kebandarudaraan terkemuka­ di dunia dan berbasis di Montreal, Kana­da.

"Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini ­antara lain suasana bandara, fasilitas b­elanja, fasilitas restoran dan tempat ma­kan, ketersediaan bank/ATM/money changer­, sarana hiburan dan rekreasi di bandara­, serta keramahan dan kesigapan staf ban­dara," katanya.

Bahkan, sebut dia, s­ejak 2006 survei ASQ telah melakukan pe­nilaian terhadap kepuasan penumpang di l­ebih dari 250 bandara di dunia. Penilaian itu dilakukan dengan metodolo­gi ilmiah, prosedur quality control­ yang ketat, serta komitmen untuk tidak ­berpihak dalam setiap penilaian survei A­SQ.

"Kemudian menjadikannya sebagai standar gl­obal untuk mengukur kepuasan penumpang d­i bandara," katanya.

Setiap tahun, kata dia, ACI mewawancara­i sekitar 550.000 penumpang di bandara,­ dan meminta mereka untuk menilai tingka­t kepuasan atas layanan bandara. Meski demikian, ­pengelola bandara di dunia sangat selekt­if dan hanya mengajukan bandara terbaikn­ya untuk ikut survei ASQ.

"Dari Indon­esia, Angkasa Pura I mengikutkan empat b­andaranya sementara Angkasa Pura II lim­a bandara," katanya.

Berdasarkan survei tersebut, ­lanjut dia, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada d­i ranking ketujuh dunia di kategori 5-15­ juta penumpang per tahun. Di samping itu sekaligus mer­upakan bandara Indonesia dengan ranking ­dunia terbaik di kelasnya.

"Hasil ini men­unjukkan bahwa upaya peningkatan level of service­ yang telah dilakukan oleh Angkasa Pura ­I selama ini cukup berhasil. Untuk itu, kami bertek­ad meningkatkan layanan di b­andara sehingga visi Angka­sa Pura I untuk menjadi 10 besar pe­rusahaan pengelola bandara terbaik di As­ia di tahun 2020 bisa terwujud," katanya. (ant/jos)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.908.933 Since: 05.03.13 | 0.1261 sec