Nasional

Pesan Ibu Negara Kepada Istri Gubernur Saat Telekonferensi

Tuesday, 21 April 2015 | View : 939

JAKARTA-SBN.

Ibu Negara Iriana Jokowi hari ini, Selasa (21/4/2015) melangsungkan telekonferensi dengan sejumlah istri Gubernur dan pejabat dari sejumlah daerah.

Acara tersebut terkait penyuluhan penyakit kanker serviks yang dialami oleh kaum perempuan.

Dalam telekonferensi tersebut, Ibu Negara juga menyapa istri Gubernur DKI Jakarta, Veronica Tan.

Istri Gubernur DKI Jakarta, Veronica Tan yang mengikuti telekonferensi dari Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Selasa (21/4/2015), melaporkan bahwa di Puskesmas Jatinegara terdaftar 242 perempuan yang melaksanakan tes pemeriksaan kanker serviks. Sejak pagi mulai pukul 7.30 WIB hingga menjelang tengah hari, hampir separuhnya sudah diperiksa.

"Mau melaporkan Bu di Puskesmas Jatinegara, dari 242 yang mendaftar, sudah 116 orang yang melakukan tes Iva," kata Veronica Tan.

Veronica Tan mengatakan, pemeriksaan ini akan berlangsung hingga pukul 14.00 WIB nanti.

Mendengar hal tersebut, Ibu Negara Iriana Jokowi berpesan kepada Veronica Tan agar pemeriksaan dapat dilakukan sampai selesai. "Berarti hampir selesai, jangan dulu tutup (puskesmasnya) Bu," ujar Veronica Tan. "Siap, Bu," jawab Veronica Tan.

Ibu Negara Iriana Jokowi lalu menanyakan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi. Koesmedi kemudian bangkit dari kursinya. Ia menjelaskan kepada Ibu Negara bahwa pemeriksaan kanker serviks saat ini dilakukan di semua puskesmas di DKI.

Kepada Koesmedi, Ibu Negara Iriana Jokowi kembali bertanya mengapa Puskesmas Jatinegara tutup pukul 14.00 WIB. "Untuk umum memang buka sampai jam dua, Bu. Tapi, (pelayanan) buka 24 jam, Bu," jawab Koesmedi.

"Kan (warga) ada yang kerja sampai sore. Berarti pelayanan 24 jam. Nanti saya nengok ke sana lho, Pak," Ibu Negara ujar Iriana Jokowi, yang disambut tawa peserta telekonferensi ini.

Pada akhir perbincangan, Ibu Negara Iriana Jokowi berpesan agar pemberian vaksin kepada anak perempuan terus disosialisasikan.

"Siap, Bu," jawab Veronica Tan. "Ya, laksanakan," tutup Ibu Negara Iriana Jokowi.

Dikabarkan sebelumnya, Ibu Negara Iriana Widodo membuka sosialisasi program nasional gerakan pencegahan kanker pada perempuan Indonesia. Dalam acara ini dihadiri oleh anggota OASE (Organisasi Aksi Solidaritas Era), Kabinet Kerja dan para istri Gubernur.

Saat sambutan, Ibu Negara Iriana Jokowi mengatakan masih banyak ibu-ibu di Indonesia tidak mengetahui kesehatan organ wanitanya. Untuk itu, dia ingin sosialisasi program ini selama 5 tahun berhasil memberikan pengetahuan kepada ibu di seluruh Indonesia.

"Pada hari ini saya harap ada sosialisasi program nasional gerakan pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia selama 5 tahun, saya harap selama 5 tahun ini tidak hanya gebyar saja ya karena biasanya hanya 1 kali gebyar sudah tidak ada lagi kelanjutannya," ujar Iriana Jokowi.

Demi keberhasilan sosialisasi, Ibu Negara Iriana Jokowi lalu menggandeng ibu-ibu PKK untuk bersama-sama menjalankan program gerakan nasional pencegahan kanker sejak dini ini.

Ibu Negara Iriana Jokowi yakin, dengan menggandeng organisasi masyarakat dari bawah, sosialisasi dapat tersampaikan hingga orang-orang kecil dan pelosok daerah.

"Mengapa saya mengambil dari tim penggerak PKK karena gerakan yang dari bawah itu sangat simultan dan juga gampang untuk mencari data-data apa yang ada di dalam kegiatan PKK karena semua kegiatan ini karena kalau PKK saya tahu sendiri karena saya 8 tahun bergerak di PKK dan semua data benar-benar konkret tidak hanya asal tulis itu," tambah dia.

Ibu Negara Iriana Jokowi bercerita saat menjadi ketua Tim Penggerak PKK, Dinas Kesehatan terkait biasanya meminta data dari PKK. Menurut Iriana Jokowi, data yang diperoleh ibu-ibu PKK sangat detil dan dapat dipertanggung jawabkan.

"Di Lingkungan saya dulu untuk ibu-ibunya pasti diberi penyuluhan dan dalam penyuluhan itu pasti ada kegiatan pemeriksaan itu dan dalam pemeriksaan itu harus ada ahlinya maka dari itu saya harap di sini di setiap puskesmas tidak semua ada ahlinya bidang-bidang yang diharapkan oleh masyarakat dan pada hari ini saya harap untuk suster-suster sampai perawat, saya ingin kerja sama dengan dinas kesehatan untuk diberi pelatihan itu," urainya.

Ibu Negara IIriana Jokowi juga meminta agar pencegahan kanker dengan tes IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) dilakukan secara gratis di Puskesmas. Iriana kemudian mengkonfirmasi kepada istri WaGub Jawa Timur Fatma Saefullah Yusuf untuk memberikan penjelasan.

Fatma Saefullah Yusuf mengatakan di Surabaya sudah dilakukan tes IVA secara gratis. Di sana dibangun rumah singgah gratis untuk para penderita kanker. Bahkan, kata Fatma Saefullah Yusuf, di sana ada mobil ambulans yang akan mengantar ke RS terdekat jika terjadi apa-apa.

"Di Jatim ada Rumah singgah untuk pengidap kanker gratis ini ibu untuk penderita penyakit kanker yang akan melakukan pemeriksaan di RS Dr Soetomo kemudian kami memberikan fasilitas seperti mobil yang akan membawa pasien ke RS Dr Soetomo sampai kemudian kita berikan pelatihan, variatif, santunan rohani baik dari semua agama semuanya gratis dari donatur," ujarnya.

Ibu Negara Iriana Jokowi juga mengkonfirmasi istri Gubernur DKI Jakarta, Veronica Tan untuk memaparkan perkembangan tes IVA secara gratis di Ibu Kota. Veronica Tan lalu mengingatkan kembali kepada Iriana Jokowi ketika dirinya sama-sama memberikan tes IVA gratis di Kepulauan Seribu.

"Di DKI waktu itu sama Ibu bareng kita pernah IVA ke Pulau Seribu sebenarnya kalau pelaksanaan IVA setiap tahun apalagi sekarang yang dipindahin bapak kita juga ke rusun-rusun masalahnya adalah memang tidak berhenti pada pemeriksaan dini bu karena kalau saya selalu ke tim yayasan kanker juga sering koordinasi dengan Bu Nila waktu masih menjabat di YKI Pusat kalau sudah terdeteksi kena linknya kemana, linknya ke RS tapi saya berusaha linknya ke kader bu, saya juga tanya dari ibu karena PKK itu penggerak dan dari dasar dari wismanya sampai ke RT RW 10 wisma dari kader-kader sampai ke atas setelah di latih di pokja 4 kami harap ada linknya di puskesmas juga di puskesmas ada dokternya," imbuh dia.

"Di Surabaya bilang ada variatif nah DKI juga sedang mengusahakan variatif karena kita tahu dari dokter juga pasien kankernya banyak di pinggiran di radiologi kita gak kurang tapi pasien dari pinggiran tumpuknya ke sini akhirnya jadi kurang dan ngantrinya sampai 6 bulan jadi kami harap dari puskesmas kita ada rumah singgah juga sampai ke RSUD ke RSCM sama ibu Nila kita harap jika sudah ada IVA ditindaklanjuti dan gratis juga tidak ada biaya sama sekali," papar Veronica Tan.

Sekadar informasi, 234 puskesmas di DKI sedang melakukan kegiatan pemeriksaan ini. Pemprov DKI memiliki target 1,7 juta perempuan untuk melakukan tes Iva hingga tahun 2017. Tahun ini ditargetkan 500.000 perempuan DKI menjalani tes tersebut. (kom/jos)

See Also

Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.907.498 Since: 05.03.13 | 0.136 sec