Internasional

Hillary Clinton Resmi Maju Sebagai Bakal Calon Presiden AS

Monday, 13 April 2015 | View : 503

WASHINGTON D.C.-SBN.

Istri mantan Presiden Bill Clinton, Hillary Clinton akan mengumumkan pencalonannya Minggu (12/4/2015) hari ini, menurut kantor berita the Associated Press dan sejumlah media lain.

Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Hillary Clinton akhirnya resmi mengumumkan pencalonannya sebagai Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, dalam pemilihan yang bakal berlangsung tahun depan. Mantan Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton secara resmi mengumumkan dirinya maju sebagai calon Presiden dari Partai Demokrat.

Pernyataan mantan Menteri Luar Negeri itu disampaikan dalam sebuah video dari situs kampanyenya.

Hillary Clinton mendeklarasikan pencalonannya pada Minggu (12/4/2015) waktu setempat. "Saya mencalonkan diri sebagai Presiden," katanya dengan senyum, dalam rekaman video yang ada di The New York Times, Minggu (12/4/2015).

"Saya mencalonkan diri sebagai Presiden," kata Hillary Clinton seperti yang dinukil dari AFP, Senin (13/4/2015).

Hillary Clinton juga merilis pernyataan resmi di akun twitternya, @HillaryClinton. "I'm running for president. Everyday Americans need a champion, and I want to be that champion," tulisnya.

Dalam pidato deklarasinya, Hillary Clinton menyinggung masa-masa ekonomi sulit yang dihadapi AS beberapa tahun terakhir.

"Setiap hari, orang Amerika perlu juara, dan saya ingin menjadi juara itu. Sehingga Anda bisa melakukan lebih dari sekedar mendapatkan. Anda bisa maju dan berada di depan," ucap Hillary Clinton dalam video berdurasi dua menit tersebut.

Pencalonan Hillary Clinton mengakhiri spekulasi panjang selama ini. Sebelumnya, Hillary Clinton sempat membantah berkali-kali soal pencalonannya.

Istri dari Presiden ke-42 Amerika Serikat Bill Clinton ini pernah berambisi menjadi AS 1, namun kalah dari Barack Obama pada 2008.

Saat ini jalan Hillary Clinton menjadi calon Demokrat sepertinya lebih mudah. Berbeda dengan tahun 2008, saat ini tidak ada lawan luar biasa seperti Barrack Obama.

Tidak ada juga calon karismatik seperti calon Wakil Presiden John Edwards atau Gubernur keturunan Amerika Latin seperti Bill Richardson.

Tetapi jika pencalonannya lebih mudah, memenangkan kepresidenan kemungkinan akan lebih sulit.

Hillary Clinton juga pernah menjadi Senator New York dan bakal calon Presiden Demokrat pada tahun 2008 tetapi dikalahkan Barack Obama.

Dalam malam peluncuran kandidat Partai Demokrat menuju pemilu 2016, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyatakan mantan rival sekaligus bekas Menteri di kabinetnya, Hillary Clinton, akan menjadi Presiden AS yang unggul.

Barack Obama mengalahkan Hillary Clinton yang bersaing untuk menjadi Presiden perempuan pertama AS dalam nominasi Partai Demokrat pada 2008. Barack Obama kemudian terpilih kembali sebagai Presiden AS empat tahun kemudian.

"Dia adalah kandidat yang tangguh pada 2008. Dia merupakan pendukung besar saya dalam pemilu. Dia adalah Menteri Luar Negeri yang beprestasi. Dia adalah teman saya," tegas Barack Obama dalam pertemuan puncak regional di Panama.

"Saya pikir dia akan menjadi presiden yang hebat."

Sejumlah media melaporkan, mengutip tim kampanye Hillary Clinton, bahwa Hillary Clinton (67) kemungkinan besar akan mengumumkan pencalonannya bagi nominasi Demokrat pada Minggu (12/4/2015) hari ini.

Mantan Ibu Negara ini diprediksikan menjadi calon Presiden yang paling potensial menggantikan Barack Obama.

Istri mantan Presiden Bill Clinton ini memimpin di antara kandidat Demokrat lainnya, menurut survei di mana 60 persen responden mengatakan mereka akan memilih Hillary Clinton, menurut situs RealClearPolitics.

Dua kandidat potensial lainnya, Senator Elizabeth Warren dan Wakil Presiden Joe Biden belum menyatakan secara langsung rencana mereka untuk maju dalam pemilu mendatang.

Sementara di Partai Republik, Senator Rand Paul dan Ted Cruz telah mengungkapkan rencana mereka untuk maju dalam pencalonan presiden.

Selain kedua calon itu, kandidat lain yang mungkin maju adalah Jeb Bush, mantan gubernur Florida, saudara laki-laki Presiden George W. Bush sekaligus putra mantan Presiden George H. W. Bush.

Serangkaian survei tahun ini secara konsisten telah menempatkan Hillary Clinton di posisi teratas di antara rival potensial Republik lainnya walaupun jarak perbedaannya semakin menipis dalam beberapa minggu terakhir.

Strategi untuk tampil rendah hati mungkin bisa membantu menghilangkan keraguan mengenai Hillary Clinton dalam beberapa minggu belakangan ini setelah terungkap bahwa dia menggunakan surat elektronik (surel) pribadi saat menjabat sebagai menteri luar negeri dari 2009 hingga 2013.

Penggunaan surel pribadi saat mengemban jabatan publik dianggap sebagai suatu pelanggaran etika dan hukum federal yang memandatkan adanya arsip seluruh koresponden yang dilakukan pejabat Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

Pemeriksaan secara detail mengenai sumbangan dari negara-negara dan pengusaha asing bagi Yayasan Clinton saat dia menjabat sebagai menteri luar negeri juga menimbulkan pertanyaan mengenai adanya potensi konflik kepentingan.

Sebagai favorit kuat Demokrat, pernyataan pencalonannya telah ditunggu-tunggu selama berbulan-bulan.

Bicara soal Hillary Clinton, semua orang pasti mengasosiasikannya dengan sang suami, Bill Clinton. Namun, jangan harap Bill Clinton mau menjadi kepala tim kampanye Hillary Clinton ketika dia secara resmi mendeklarasikan dirinya maju dalam pencalonan Presiden.

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), yang dinilai sebagai politisi paling luwes dan berbakat secara alami, dinilai sebagai aset penting bagi Hillary Clinton dalam kampanye mendatang.

Hillary Clinton pun diharapkan melakukan strategi berbeda dari pertarungan yang sempat dilakukannya saat melawan Barack Obama dalam seleksi calon presiden Partai Demokrat di 2008.

"Saya pikir ini penting, dan Hillary juga (paham), bahwa dia harus muncul seperti belum pernah maju sebelumnya dan membangun keterikatannya dengan pemilih," kata Bill Clinton kepada majalah Town and Country baru-baru ini.

"Dan itu adalah peran saya harus menjadi penasihat di balik layar baginya sampai kita berada sangat, sangat dekat menuju pemilu."

Chris Lehane, konsultan Demokrat yang bekerja di Gedung Putih Clinton, mengatakan Bill Clinton adalah sebuah senjata yang tidak bisa didiamkan terlalu lama.

"Jika Anda adalah manajer tim baseball dan Anda memiliki Willie Mays di tim, Anda harus libatkan dia dalam pertandingan," kata Chris Lehane.

Namun, rivalnya yaitu pendukung Partai Republik juga bersiap mempermasalahkan mantan Menteri Luar Negeri itu atas penggunaan surat elektronik (surel) pribadi saat Hillary Clinton menjabat sebagai Menlu serta mempertanyakan tanggapannya terhadap serangan mematikan di Konsulat AS di Benghazi, Libya, pada 2012.

Di sisi lain, Bill Clinton tetap merupakan kandidat Demokrat terfavorit di seluruh negeri sejak melepaskan jabatannya pada Januari 2001.

Dia bepergian ke hampir separuh negara bagian saat pemilu 2014, tampil di puluhan acara reli dan pengumpulan dana, dan banyak aktivitas lainnya yang sayangnya berujung kekecewaan bagi Demokrat di bilik suara.

Namun, mantan Presiden itu masih tetap populer. Survei NBC/Wall Street yang digelar pada Maret menunjukkan 56% orang dewasa memiliki pandangan positif atau sangat positif terhadapnya, sementara hanya 26% mencitrakan Bill Clinton negatif atau sangat negatif.

Peringkat Bill Clinton bahkan lebih tinggi dibandingkan Obama (43%-44%) dan George W. Bush (35%-39%).

Dia juga lebih populer dibandingkan istrinya, Hillary Clinton, di mana 44% orang Amerika di survei NBC/Wall Street Journal menyatakan mereka memiliki pandangan positif terhadap Hillary Clinton dibanding responden yang berpandangan negatif yaitu sebesar 36%.

Keahlian Bill Clinton menerjemahkan ide-ide besar dan isu yang rumit, seperti UU Perawatan Terjangkau, ke dalam konsep yang bergaung sehingga pemilih mendorong Presiden Barack Obama mengirimnya ke seluruh negeri untuk menuai dampak besar saat kampanye pemilu 2012.

Bill Clinton mungkin adalah perwalian politik paling penting di negeri ini bagi partai apa pun, kata Bill Burton, tim strategi Demokrat dan mantan pembantu Barack Obama pada kampanye 2008 dan Gedung Putih.

"Dia bisa menarik perhatian besar dan menggairahkan para aktivis. Dia bisa berargumen dengan cara yang tidak bisa dilakukan orang lain, itu mengapa Presiden Obama menjadikannya 'Menteri yang menjelaskan berbagai hal'," tambah dia.

Dalam kampanye Hillary Clinton pada 2008, Bill Clinton kerap memperkenalkan istrinya dalam berbagai reli, pengumpulan dana dan menarik kerumunan pendukung dalam acaranya sendiri mewakili istrinya. Namun, sejumlah langkah yang salah harus dihindari Hillary Clinton pada 2016.

Don Fowler, mantan ketua Panitia Nasional Demokrat yang dekat dengan Bill dan Hillary Clinton, mengatakan media memperlakukan Bill secara tidak adil dalam insiden 2008 di South Carolina. Tapi dia mengakui Bill Clinton harus lebih hati-hati pada kampanye tahun depan.

"Saya merasa perannya tidak seharusnya di muka publik dan terbuka," kata Don Fowler.

"Saya merasa tidak tepat bagi mereka untuk berbagi panggung… Dia lebih baik berperan dalam merencanakan dan membimbing, tetapi saya pikir tidak seharusnya mereka berkampanye bersama," imbuh dia.

Bill Clinton terdengar lebih membumi dalam wawancara dalam artikel Town and Country yang berfokus pada upayanya lewat yayasan keluarga di Haiti di mana juga disinggung soal langkahnya apakah akan kembali menjadi pengkampanye yang efektif.

Mantan Presiden yang sudah berusia 68 tahun itu mengatakan dia kini menjadi lebih melankolis sejak putrinya, Chelsea, melahirkan bayi Charlotte tahun lalu.

"Saya telah mengatakan kepada Hillary bahwa saya pikir saya tidak jago (berkampanye) lagi karena saya tidak marah kepada siapapun," sambungnya.

"Saya seorang kakek, dan saya melihat cucu saya tadi malam, dan saya tidak bisa marah," pungkas dia. (ap/afp/abc/thenewyorktimes/usatoday)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.907.232 Since: 05.03.13 | 0.1339 sec