Nasional

Kisah Darmo Prasojo

Thursday, 02 April 2015 | View : 1543

SBN

Empat dari lima deputi ditambah dengan dua staf khusus resmi dilantik dan mulai memperkuat Kantor Staf Kepresidenan. Dengan diperkuat kelima deputi ini, Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan yakin timnya akan bisa membantu program-program prioritas yang dicanangkan pemerintah. Para deputi yang dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 32/2015 tanggal 20 Maret 2015, adalah Darmawan Prasodjo, Yanuar Nugroho, Purbaya Yudhi Sadewa, dan Eko Sulistyo. "Deputi I ada Pak Darmo (Darmawan Prasojo), deputi II Pak Yanuar, deputi III ada Pak Purbaya, deputi IV Pak Eko, deputi V Pak Andogo," beber Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia yang menjabat sejak 31 Desember 2014, Jend. TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan usai pertemuan dengan Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi).

Seluruh deputi nantinya akan memiliki 10 staf yang membantu. Para deputi ini juga yang akan membantu kerja Presiden dalam berbagai bidang. Para deputi akan memiliki akses melaporkan langsung hasil temuan, kajian, dan analisis dari ratusan program prioritas kepada Presiden ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa “Jokowi”.

Terlebih lagi, sebut Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan, sudah ada dua staf khusus yang membantunya dalam berbagai kegiatan. Dua staf khusus yang juga dilantik hari ini berdasarkan Keputusan Kepala Staf Kepresidenan 1/2015 adalah Lambock V Nahattands (mantan Sekretaris Mensesneg Sudi Silalahi) dan Atmadji Sumarkidjo (mantan jurnalis).

Seusai pelantikan, Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan pun membanggakan timnya itu sebagai "tim tangguh".

Luhut Binsar Panjaitan menganggap tim ini tangguh karena diisi oleh mereka yang benar-benar pakar di bidangnya. Beberapa di antaranya bahkan ilmunya dipakai oleh Gedung Putih hingga Uni Eropa dan sudah tinggal puluhan tahun di luar negeri, tetapi memutuskan kembali ke Tanah Air.

Luhut Binsar Panjaitan kemudian memperkenalkan Darmawan Prasojo, yang menjadi Deputi I Bidang Monitoring dan Evaluasi. Darmo, demikian Darmawan disapa, disebut Luhut Binsar Panjaitan sebagai salah satu anak muda yang bisa mendapat predikat "rising star".

Deputi I Staf Kepresidenan, Darmawan Prasojo ini pernah bekerja di Gedung Putih, Amerika Serikat (AS) pernah kerja di kantor senator (John) Kerry.

"Dia pernah bekerja di Gedung Putih, pernah kerja di kantor senator (John) Kerry. Ini rising star anak muda," ucap mantan Duta Besar Indonesia untuk Singapura ke-15 masa jabatan 1999-2000, Luhut Binsar Panjaitan.

Deputi I yang diisi oleh politisi PDIP Darmawan Prasojo, membidangi masalah monitoring dan evaluasi. Selain seorang politisi dan sempat menjadi calon anggota legislatif pada tahun 2014 lalu, Darmo, demikian dia disapa, juga merupakan seorang ekonom dan memiliki kemahiran di minyak dan gas.

Sejak bangku SMA, kepintaran Darmo sudah terlihat dengan terpilih dalam Program Habibie tahun 1989 untuk menimba ilmu di Amerika Serikat (AS). Dia lalu meraih gelar Sarjana dan Magister Ilmu Komputer dengan minor Teknik Industri dari Texas A&M University. Program doktoral diraih pada 2011 di bidang Ekonomi Sumber Daya Alam/SDA (Natural Resource Economics) pada Universitas yang sama.

Meski terbilang muda, Darmo dianggap memiliki analisis yang tajam di bidang ekonomi energi. Tinggal selama 20 tahun di Amerika Serikat, Darmo mengasah kemampuannya dalam menganalisa industri migas. Ahli energi ini pernah ikut menyusun UU Energi AS pada era administrasi Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama pertama. Pemikirannya bahkan disebut menjadi rujukan bagi anggota senator hingga Gedung Putih.

Selama dua puluh tahun merantau di Amerika Serikat, Darmo pun kembali ke Tanah Air.

Pada tahun 2012, dia kembali ke Indonesia. Di Tanah Air, Darmo langsung dipinang menjadi Chairman MDG's 2012 di Bali, Penasehat Kebijakan Fiskal Migas di Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Pengajar Global Executive Program PERTAMINA, Chief Economist di Millennium Challenge Account Indonesia (MCA-I), Kepala Program Studi Green Economy di Surya University, Presiden Komisaris Ametis Energi Nusantara, dan Penasehat Energi Gubernur Jawa Tengah.

Dipilihnya Darmo ini, sebut Luhut Binsar Panjaitan, diakuinya karena ada kedekatan hubungan. Luhut Binsar Panjaitan pun berseloroh bahwa pemilihan Darmo sedikit KKN.

Ayah Darmawan Prasojo ternyata instruktur Jend. TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan saat di Akademi Militer. "Memang ada KKN sedikit karena dulu ayahnya adalah instruktur saya di akademi militer. Pas saya ketemu dia, wah ini orang boleh juga. Saya lihat CV-nya paten juga," ungkap mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia ke-28 masa jabatan 24 Agustus 2000-22 Juli 2001, Luhut Binsar Panjaitan.

Begitulah kisah Darmawan Prasojo si analis Gedung Putih. (kom/jos/mer)

See Also

Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.907.372 Since: 05.03.13 | 0.1341 sec