Hukum

Polisi Ringkus Bandar Narkoba Nigeria

Friday, 02 Agustus 2013 | View : 1606

JAKARTA-SBN.

Direktorat Tindak Pidana Narkoba Badan Reserse dan Kriminal (Ditpid Narkoba Bareskrim) Mabes Polri meringkus seorang warga negara Nigeria bernama Mamah Jude Chukwuebuka yang berusia 22 tahun di lobi Apartemen Gate Way Pesanggrahan Tower B, Jakarta Selatan pada Rabu (29/7/2013) sekitar pukul 23.00 WIB.

Mamah Jude adalah otak penyelundupan narkotika golongan I jenis heroin seberat 1.975 gram dan shabu seberat 5.645 gram asal Benua Afrika. Barang-barang haram itu dimasukkan ke dalam puluhan bungkus dan disembunyikan di sebuah dispenser di unit apartemen miliknya.

Selain narkoba jenis heroin dan ekstasi, aparat penegak hukum juga membekuk seorang wanita WNI bernama Novi Susiska berusian 24 tahun yang merupakan kekasih sekaligus kaki tangan tersangka di apartemen tersangka. “Kami menginterogasi kedua tersangka ini. Lalu, kami geledah dan menemukan narkotika di dalam dispenser yang ditempatkan di bawah meja di lantai apartemen,” tutur Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen. Pol. Drs. Arman Depari, dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (1/8/2013). “Dengan berdalih sebagai tenaga dekorasi interior, Mamah Jude menjalankan bisnis haramnya sebagai bandar narkoba jenis shabu dan heroin di apartemen tempatnya tinggal dengan dibantu Novi Susiska,” ungkap Brigjen. Pol. Arman Depari. “Mamah Jude menerima paket yang dikirim dari sebuah negara di Benua Afrika,” tambah dia. “Sementara Novi ditugaskan mengambil kiriman heroin yang dititipkan seseorang di tempat penitipan barang di Carrefour Blok M, Jakarta Selatan,” lanjutnya. “Selain itu, tersangka Novi Susiska juga menerima paket shabu dari seseorang di pusat perbelanjaan Mangga Dua Square, Jakarta Pusat,” papar dia. “Seluruh narkotika itu selanjutnya dibawa ke apartemen yang disewa Mamah Jude,” ujar Brigjen. Pol. Arman Depari.

“Dia (Mamah Jude) merupakan jaringan narkoba internasional. Otak yang menjalankan bisnis ini adalah Amechi dan kini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO),” tukas Brigjen. Pol. Arman Depari. “Ada beberapa pelaku lain yang belum tertangkap dan bisnis ini dilakukan oleh kelompok Nigeria,” imbuh dia. “Diduga, shabu yang ditemukan di apartemen tersangka diselundupkan dari Afrika dengan menggunakan jalur udara,” lanjutnya. “Agar tidak terdeteksi petugas, shabu ini dimasukkan ke dalam alat kontrasepsi dan dikemas sedemikian rupa supaya mudah ditelan,” terang dia. “Setelah sampai tujuan dan lolos dari pengawasan petugas di bandara, sang kurir kemudian mengeluarkan paket narkotika itu dari duburnya,” jelas Brigjen. Pol. Arman Depari. “Siapa yang membawa shabu itu, kita belum tahu. Sementara untuk modus penyelundupan heroin, kita masih menyelidiki lebih lanjut,” pungkas Brigjen. Pol. Arman Depari. (sp/id) 

See Also

Bareskrim Polri Tetap Usut Korupsi PD Sarana Jaya
KPK Perpanjang Penahanan Kadis PUPR Mojokerto
Bareskrim Polri Tahan 7 Tersangka Terkait Kasus Praktik Bank Gelap Hanson International
KPK Perpanjang Penahanan Dirut PT. CMI Teknologi Rahardjo Pratjihno
KPK Geledah Rumah Anggota DPRD Tulungagung
Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 27 Saksi Pemilik Rekening Saham
KPK Geledah Gedung DPRD Tulungagung
KPK Periksa Direktur Utama PT. Antam (Persero) Tbk
KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.377.499 Since: 05.03.13 | 0.2144 sec