Hukum

Dua Paket Diduga Bom Macetkan Tol Semanggi

Sunday, 01 Maret 2015 | View : 491

JAKARTA-SBN.

Benda mencurigakan yang diduga bom ditemukan di Gerbang Jalan Tol Pejompongan, Jakarta Pusat, Minggu (1/3/2015) siang. Sebuah kardus yang diduga bom tergeletak di Gerbang Tol Pejompongan arah Semanggi.

Benda mencurigakan tersebut diketahui berada di pinggir ruas jalan sekitar pukul 13.30 WIB. "Tadi siang sekitar pukul 13.00 WIB, petugas polisi yang menemukan," katanya ketika dihubungi, Minggu (1/3/2015).

Setelah ditemukan, petugas itu langsung menghubungi Tim Gegana. Saat ini, ucap dia, personel Gegana Polri sudah menyisir dan mengambil kardus yang diduga bom itu.

Petugas Kepolisian menelusuri informasi benda mencurigakan yang didugaa bom di sekitar pintu Tol Semanggi arah Cawang.

Petugas piket Polsek Tanah Abang yang enggan disebutkan namanya membenarkan informasi tersebut.

"Petugas dari Polsek, Tim Gegana, dan Polres Jakarta Pusat sudah meluncur ke lokasi," ungkap petugas piket tersebut yang tidak mau disebutkan namanya, Minggu (1/3/2015).

Menurutnya, informasi tersebut diterima sekitar pukul 13.00 WIB. "Kami masih menunggu informasi dari lapangan," tuturnya.

Adanya temuan dua paket kardus diduga bom di Tol Semanggi, Jakarta Selatan, Minggu (1/3/2015) siang sempat membuat macet arus lalu lintas di dalam Tol dan menggegerkan warga.

Akibat penemuan benda diduga bom itu menyebabkan arus lalu lintas di kawasan tersebut terpantau macet total.

Terlebih adanya satuan Gegana Polri yang datang ke lokasi kian memacetkan arus lalulintas dan mendapat perhatian warga.

Kabag OPS Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budianto mengatakan akibat itu, arus lalulintas di Tol Semanggi sempat macet.

"Memang temuan itu membuat arus lalin macet dan terganggu sekitar 20 menit. Sekarang sudah kembali lancar," terangnya.

Mabes Polri langsung bergerak cepat. Tim Gegana diturunkan untuk memeriksa dan mengevakuasi benda mencurigakan tersebut.

Seperti yang diinformasikan akun resmi Twitter PJR Polda Metro Jaya, ruas jalan tol dalam kota Slipi ke arah Semanggi tersebut ditutup sementara sejak pukul 13.44 WIB.

Penutupan sementara tol tersebut tak pelak sempat menimbulkan kemacetan crowded di ruas jalan sekitar.

"13:44 #Tol_dakota Slipi arah Semanggi di tutup sementara, imbas olah TKP team Gegana ttg penemuan benda mencurigakan di km 09 lajur 3."

Ruas jalan tol tersebut baru kembali dibuka sekitar pukul 14.00 WIB, seusai Tim Gegana Polri sukses mengevakuasi benda mencurigakan tersebut.

Tim Gegana Polda Metro Jaya membawa benda mencurigakan yang diduga bom dari lokasi penemuan di sekitar pintu Gerbang Tol Semanggi arah Cawang, Jakarta Selatan.

Kabag OPS Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budianto mengatakan penemuan itu sudah ditangani oleh satuan Gegana. Menurut Kabag OPS Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budianto, benda tersebut telah dibawa tim Gegana ke Markas Komando di Petamburan, Jakarta Barat.

Informasi yang dihimpun, benda berupa paket itu sudah dibawa ke Markas Komando Gegana di Petamburan. "Benda mencurigakan itu sudah ditangani oleh Gegana, dan sudah dibawa ke Markas Komando Gegana di Petamburan," beber AKBP Budianto kepada awak media, Minggu (1/3/2015).

Saat ini, kondisi lalu lintas di Tol Semanggi telah normal kembali. Arus lalu lintas di sekitar lokasi Gerbang Tol Semanggi sudah kembali normal. "Memang tadi sempat terjadi kemacetan panjang, sekarang sudah normal kembali," tegas AKBP Budianto.

Dalam foto yang diunggah tim Polda Metro Jaya, seorang personel Gegana tengah mendekati kardus cokelat seukuran bungkus mi instan di dekat taman tengah Tol arah Slipi. Jalan dikosongkan sehingga terjadi kemacetan pada jalur jalan lainnya.

Penanganan benda mencurigakan ini tergolong cepat. Pukul 13.52 WIB, tim Gegana membawa benda tersebut. Arus lalu lintas pun kembali normal.

Imbas dari penanganan kardus diduga bom itu, seperti dilansir dari akun Twitter Traffic Management Center TMC Kepolisian Daerah Metro Jaya, membuat Jalan Tol macet dan lalu lintas dialihkan.

Imbas penanganan tersebut, lalu lintas Tol Semanggi arah Slipi sempat dialihkan seperti dilansir akun Twitter resmi Traffic Management Center TMC Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro.

"Imbas penanganan penemuan benda (kardus) mencurigakan di GT (Gerbang Tol) Pejompongan arah Semanggi, lalu lintas Tol Semanggi arah Slipi, kedua arah dialihkan," cuit akun @TMCPoldaMetro.

Petugas operator TMC Polda Metro Jaya Iptu Pol. Herlen mengatakan, benda mencurigakan diduga bom itu ditemukan sekitar pukul 13.00 WIB tadi siang."Kita terima laporan adanya benda mencurigakan berupa kardus air mineral berwarna cokelat," katanya saat dihubungi awak media, Minggu (1/3/2015).

Iptu Pol. Herlen menuturkan, tim Gegana Polda Metro Jaya telah membawa benda mencurigakan tersebut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut tentang isi di dalam kardus tersebut. "Kasusnya pun ditangani oleh Polda Metro Jaya dan sedang dilakukan penyelidikan terkait benda itu diduga bom atau pun bukan," katanya.

Iptu Pol. Herlen menambahkan, meskipun sempat membuat kemacetan di lokasi penemuan benda mencurigakan itu.

Hingga kini belum diketahui isi dari benda mencurigakan tersebut.

Hingga berita ini diunggah, belum ada keterangan resmi hasil pemeriksaan Tim Gegana Polri terhadap benda mencurigakan tersebut. (jos)

See Also

KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
Keterangan Ahli Di Sidang Praperadilan Terkait Eksekusi Penahanan Matheus Mangentang
Peras Mantan Petinggi Polri, Hukuman Sisca Dewi Diperberat
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.871.498 Since: 05.03.13 | 0.1381 sec