Nasional

Gubernur DKI Sebut Presiden Dukung Penerapan Sistem E-budgeting

JAKARTA-SBN.

Sebelum ke lembaga antirasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa 'Ahok' juga datang mengunjungi ke Istana Merdeka Jakarta untuk melaporkan perkembangan situasi terakhir terkait dengan penggunaan hak angket DPRD DKI Jakarta kepada Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disebut "Jokowi".

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa 'Ahok', Presiden Joko Widodo mendukung penerapan sistem belanja elektronik (e-budgeting) untuk menghindari kebocoran penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). "Presiden tetap menginginkan agar sistem itu dijalankan. Dengan model itu, efisiensi anggaran dapat dikendalikan," ungkap Basuki Tjahaja Purnama, seusai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (27/2/2015).

Meski demikian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sependapat dengan Basuki Tjahaja Purnama soal penerapan program e-budgeting untuk menekan penyelewengan APBD. Sebab, dengan e-budgeting maka anggaran siluman yang kini diperdebatkan Basuki Tjahaja Purnama dengan DPRD DKI bisa dicegah.

Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi menambahkan bahwa dirinya masih menjadi Gubernur DKI sudah menggagas penerapan e-budgeting. Hanya saja, kalau itu e-budgeting belum bisa direalisasikan. "Program e-budgeting ini memang sudah dua tahun yang lalu kita gagas. Dan memang belum siap-siap. E-budgeting-nya sudah digarap sistemnya dengan baik tetapi ya masih ada masalah. Saya kira memang sesuatu yang baru pasti biasa ada pro dan kontra," sambung mantan Wali Kota Solo tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, saat ini anggota DPRD sedang kelabakan karena Pemprov DKI telah menyusun anggaran dengan sistem e-budgeting. Karena itu, lanjut Basuki Tjahaja Purnama, banyak anggaran baru yang diusulkan DPRD DKI sebagai anggaran "siluman" tidak bisa lagi dimasukkan ke dalam APBD.

"Saya senang sistem ini (e-budgeting) berjalan karena ini untuk transparansi dan terbukti DPRD 'kebakaran jenggot'. Mereka marah-marah semua," beber Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (27/2/2015).

Pria yang akrab disapa Ahok itu membantah bahwa perseteruannya dengan DPRD ini karena komunikasi kedua pihak yang kurang baik. Menurut mantan anggota Komisi II DPR RI ini, perseteruannya ini disebabkan adanya anggaran siluman titipan DPRD DKI yang harus dimasukkannya ke dalam APBD.

Basuki Tjahaja Purnama berpendapat jika dia bersedia memasukkan usulan anggaran siluman senilai Rp 12,1 triliun, hubungannya dengan DPRD akan sangat harmonis. Namun, Basuki Tjahaja Purnama memilih untuk dipecat dari jabatan oleh DPRD ketimbang dengan meloloskan permintaan mereka.

"Orang bilang saya komunikasi kurang baik dengan DPRD. Saya komunikasi baik kok dengan DPRD. Anggota DPRD sering datang ke ruangan saya, lihat saja CCTV kami. Kami punya CCTV semua pimpinan datang baik semua kok. Kami ada bukti mereka datang," tegas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

102 dari 106 anggota DPRD DKI Jakarta secara bulat mendukung pengajuan hak angket terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Basuki Tjahaja Purnama dianggap melakukan pelanggaran serius. (jos)

See Also

Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.994.436 Since: 05.03.13 | 0.155 sec