Internasional

Presiden AS Kecam Penembakan 3 Mahasiswa North Carolina

Friday, 13 Februari 2015 | View : 578

CHAPEL HILL-SBN.

Presiden Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengecam penembakan terhadap tiga mahasiswa Muslim di Chapel Hill, North Carolina (N.C.), Deah Shaddy Barakat (23), Yusor Mohammad Abu-Salha (21), dan Razan Mohammad Abu-Salha (19). Penembakan itu, kata Barack Obama, merupakan pembunuhan yang brutal dan keterlaluan.

Pernyataan ini disampaikan setelah FBI mengatakan akan melakukan investigasi awal terhadap kasus ini. Investigasi terpisah dari kepolisian lokal ini bertujuan mengungkapkan apakah korban telah melanggar hukum federal.

“Tak seorang pun dapat menjadi target karena diri mereka, penampilan mereka, atau bagaimana mereka beribadah,” kata Barack Obama.

Presiden Turki Tayyip Erdogan mengkritik Barack Obama dan pemimpin AS lainnya yang diam atas insiden penembakan tersebut. Hal ini membuat sebagian warga Muslim di AS khawatir atas keselamatan mereka.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon memuji ketiga korban, yang terlibat dalam proyek bantuan kemanusiaan, sebagai contoh baik dari warga negara global. Ia juga menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya ketiga mahasiswa tersebut.

Deah Shaddy Barakat adalah mahasiswa pasca sarjana Fakultas Kedokteran Gigi di kampus Universitas North Carolina, Chapel Hill. Sebelumnya, pada tahun 2013 ia telah meraih gelar sarjana administrasi-bisnis dari North Carolina State University.

Menurut situs YouCaring.com, sebuah situs pengumpulan dana lewat internet secara gratis, Deah Shaddy Barakat adalah salah seorang yang menggagas upaya pengumpulan dana untuk menyediakan layanan perawatan gigi secara gratis kepada siswa-siswa di Salaam School Turki.

Deah Shaddy Barakat dan beberapa mahasiswa fakultas itu dijadwalkan berangkat ke Turki pada musim panas ini untuk merawat anak-anak Suriah yang terpaksa mengungsi ke Turki akibat perang saudara berkepanjangan.

Deah Shaddy Barakat baru saja menikah dengan Yusor Mohammed akhir Desember lalu. Yusor Mohammad Abu-Salha juga baru meraih gelar sarjana administrasi bisnis dari North Carolina State University pada tahun 2013 dan sehari sebelum ditembak ia baru saja memasang foto-foto pernikahannya di Facebook.

Salah satu foto memperlihatkan ia sedang berdansa dengan ayahnya. Para pejabat kampus Universitas North Carolina mengatakan Yusor Mohammad Abu-Salha sedianya akan mendaftar menjadi mahasiswa di kampus mereka pada musim gugur mendatang.

Korban ketiga, Razan Abu-Salha yang baru berusia 19 tahun, adalah adik Yusor Mohammad Abu-Salha dan merupakan mahasiswa tingkat dua jurusan arsitektur dan desain di Universitas North Carolina.

Craig Stephen Hicks yang ditahan di Durham County Jail, North Carolina (N.C.) tanpa uang jaminan dijadwalkan akan kembali diadili tanggal 4 Maret mendatang. Craig Stephen Hicks dituntut tiga pasal pembunuhan tingkat pertama. (reuters)

See Also

Boris Johnson Terpilih Sebagai PM Inggris Baru
Menlu Inggris Ancam Iran
Laut China Selatan Tegang
Presiden AS Pecat Direktur Dinas Rahasia
Kapal China Dekati Pulau Filipina
Thailand Dilanda Badai Pabuk
Warga Kelas Menengah Australia Akan Kian Sulit Dapat Kredit Perumahan
Donald Trump Kunjungi Militer AS Di Irak
Kota Surabaya Raih Guangzhou Awards 2018
Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
Turki Adakan Pemilu Hari Ini
Arab Saudi Resmi Mencabut Larangan Perempuan Menyetir
Gempa Guncang Osaka
Amerika Serikat Keluar Dari Dewan HAM PBB
Suriah Berhasil Usir ISIS
Kementerian Pertanian Cegah Rock Melon Australia Masuk Indonesia
Perwakilan Nahdlatul Ulama Dan Wahid Foundation Temui Dubes Amerika Serikat
Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
China Meminjamkan Sepasang Panda Ke Indonesia
Spanyol Buru Sopir Pelaku Teror Di Barcelona
Serangan Teror Di Barcelona
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.611.337 Since: 05.03.13 | 0.1425 sec