Agama & Masyarakat

Aktor Senior Alex Komang Meninggal Dunia Di RSUP Dr. Kariadi Semarang

Friday, 13 Februari 2015 | View : 1029

SEMARANG-SBN.

Kabar duka atas wafatnya aktor kawakan Alex Komang sudah menyebar ke seluruh Tanah Air. Aktor senior Alex Komang telah berpulang. Setelah melawan sakit yang dideritanya, Alex Komang menghembuskan nafas terakhirnya akibat kondisi kesehatannya menurun di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (13/2/2015) malam.

Aktor senior Alex Komang telah menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 20.00 WIB, Jumat (13/2/2015), sempat sebelumnya dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dokter Kariadi, Jl. Dr. Sutomo No.16, Semarang, Provinsi Jawa Tengah, akibat penyakit yang dideritanya.

Aktor kelahiran Jepara, 17 September 1961, itu diketahui menderita penyakit kanker hati. Aktor bernama asli Saifin Nuha berusia 53 tahun. Terakhir diinformasikan aktor kelahiran 17 September 1961 itu mengidap kanker hati. Sebelum dibawa ke Semarang, Alex Komang sempat menjalani perawatan di rumah sakit di Jakarta.

Rencananya, jenazah aktor senior asal Jepara itu, Alex Komang akan segera dibawa malam ini juga ke Jepara, Jawa Tengah untuk dimakamkan esok harinya.

Kabar tersebut diungkapkan sutradara Robby Ertanto. "Iya benar meninggal dunia, hari ini pukul 8 (malam) tadi di RSUP dr. Kariadi Semarang. Malam ini akan langsung dibawa keluarga ke Jepara, dan akan dimakamkan di sana besok," kata Robby Ertanto saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (13/2/2015). Sebelumnya, rekan Alex Komang, sutradara Robby Ertanto, tengah menggalang dana untuk mendukung kesembuhan sang aktor. Namun, ketika dikonfirmasi awak media, ia mengaku belum bisa bicara banyak. "Iya benar (dirawat)," kata Robby Ertanto saat dihubungi, Jumat (13/2/2015).

Pejabat Humas RSUP dr. Kariadi, Parna S.E., saat dihubungi awak media, membenarkan, aktor senior asal Jepara, Alex Komang, meninggal dunia sekitar pukul 20.00 WIB. "Iya pukul delapan pas tadi beliau sudah tidak ada," ucapnya melalui telepon. Menurut dia, pihak keluarga akan segera membawa Alex Komang ke Pecangaan, Jepara, tempat kelahirannya. "Kalau mau running ke sana saja, ini keluarga sudah siap-siap, tinggal nunggu dari Jakarta," katanya.

Namun, pihak keluarga belum mau menjelaskan penyebab Alex Komang dirawat, penyakit yang diderita, termasuk kondisi terkini aktor kelahiran Jepara, Jawa Tengah, 17 September 1961, itu. Pihak keluarga Alex Komang yang menunggu di Paviliun Garuda RSUP dr. Kariadi, tempat Ketua Badan Perfilman Indonesia (BFI) itu dirawat, pun belum mengizinkan wartawan untuk mengambil gambar.

Ucapan dukacita langsung mengalir di jejaring sosial Twitter terhadap kematian aktor yang ikut membintangi film Laskar Pelangi itu. Kabar wafatnya Alex Komang disebar melaui cuitan sejumlah selebriti Tanah Air.

Kabar duka ini antara datang dari Twitter Joko Anwar. "Mas Alex Komang telah berpulang... Selamat jalan, Mas Alex. Kami sangat kehilangan dan akan merindukanmu...," tulis Joko Anwar di Twitter-nya.

“RIP Alex Komang. God bless his soul,” cuit aktor Darius Sinathrya lewat akun Twitter.

Sutradara Erwir Arnada melalui akun @erwinarnada menulis, "Kita baru saja kehilangan aktor dan pekerja film yang hebat. Alex Komang meninggal di Jepara. Selamat jalan sahabat. Semoga tenang di sisi-Nya."

Sutradara Joko Anwar pun turut mengucapkan kedukaan merespons kabar tersebut. Adapun sutradara Joko Anwar melalui akun @jokoanwar juga menulis, "Mas Alex Komang telah berpulang... Selamat jalan, Mas Alex. Kami sangat kehilangan dan akan merindukanmu..." cuitnya di Twitter.

Adapun sutradara Hanung Bramantyo melalui akun @HanungBramantyo menulis, "Selamat jalan Mas Alex Komang."

Aktris Zaskia Adya Mecca menyatakan Alex Komang merupakan salah satu aktor hebat Indonesia.

Begitu pun dengan cuitan penyanyi sekaligus penulis Dewi ‘Dee’ Lestari juga menyebarluaskan kabar duka tersebut. ” Rest in Peace, Alex Komang. Such a great actor.

Sebelum kabar duka ini datang, Alex Komang dikabarkan kritis. Aktor senior, Alex Komang dilarikan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dokter Kariadi Semarang, Jawa Tengah. Alex Komang telah menjalani perawatan di RS dr. Kariadi, sejak Kamis (12/2/2015) petang. Mantan Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) itu dalam keadaan kritis dan sedang dalam perawatan intensif di RSUP dr. Kariadi, Semarang. Pria asal 17 September 1961 itu dirawat di ruang ICU Rumah Sakit dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah. Sebelumnya Alex Komang kerap mengeluh sakit perut yang hebat hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.

Seorang perawat jaga di RSUP Karyadi yang enggan disebutkan namanya menyatakan Alex Komang sudah masuk ke kamar perawatan pada Kamis (12/2/2015). "Sudah masuk dari kemarin malam," beber dia kepada wartawan, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (13/2/2015).

Direktur Umum dan Operasional RSUP dr. Kariadi Semarang dokter Darwito membenarkan bahwa Alex Komang sedang menjalani perawatan di Kamar 428 Paviliun Garuda RS tersebut. "Pasien (Alex) masih diteliti dan ditangani dokter gastroenterologi (penyakit sistem pencernaan). Keluhannya penyakit perut kronis. Ada tiga dokter yang menangani," katanya.

Aktris senior Dewi Irawan melalui akun Twitter mengabarkan kondisi Alex Komang pada Jumat siang tadi. "Mas Alex Komang, sdg kritis di RS Karyadi Smg, mhn do'anya cc mhn bantuan/perhatian Gub @ganjarpranowo," tulis Dewi Irawan.

Izar Fauzi membenarkan bahwa pamannya itu sebelumnya menjalani perawatan di RS Cempaka Putih Jakarta, kemudian dipindahkan ke RSUP dr. Kariadi Semarang, Kamis (12/2/2015), agar dekat dengan keluarga di Jepara. “Mari sama-sama kita doakan. Dipindahkan ke sini biar dekat dengan keluarga,” kata Izar Fauzi, salah seorang keponakan Alex Komang yang menunggu di RSUP dr. Kariadi, Jumat (13/2/2015).

Keluarga pun menyampaikan permintaan maaf karena aktor pria pemilik nama asli Saiful Nuha itu berpesan agar kondisinya jangan terlalu banyak dipublikasikan terlebih dahulu.

Namun, Alex Komang masuk ke rumah sakit dengan menggunakan nama Saifun Nuha. Alex Komang dirawat di Paviliun Garuda VIP A kamar 428. Sejumlah keluarga dan kerabat Alex Komang tampak duduk-duduk di kursi sofa dekat kamar artis teater itu dirawat.

Adik Alex Komang, Farid, menyatakan kakaknya tersebut memang sedang dirawat karena sakit. Namun, ia belum bersedia mengungkap sakit yang diderita Alex Komang. "Sebentar mas. Saya lagi mau konsultasi dulu dengan dokter," ungkap Farid menegaskan.

Seperti biasa, aktor Alex Komang terakhir masih terus berkarya lewat film. Kondisinya tampak masih sehat meski tak muda lagi. Pengabdian Alex Komang di dunia perfilman ditunjukkan sampai akhir hayatnya. Terakhir, dia bahkan masih membintangi film 'Gunung Emas Almayer' yang dirilis akhir tahun lalu. Pada Desember 2014, Alex Komang juga harus terbaring di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Saat itu, Alex Komang mengaku kelelahan akibat syuting.

Alex Komang, yang terlahir dengan nama Saifin Nuha, pernah meraih penghargaan aktor terbaik dalam Festival Film Indonesia 1987.

Alex Komang merupakan aktor senior yang memulai debutnya dalam dunia perfilman Tanah Air sekitar era 1980-an dan telah malang melintang sudah membintangi berbagai film layar lebar. Berbagai film-film legendaris yang pernah dibintanginya, antara lain Doea Tanda Mata (1985), Secangkir Kopi Pahit (1985), Ibunda (1986), Pacar Ketinggalan Kereta (1989), Cau Bau Kan (2002), Laskar Pelangi (2008), dan Rome Juliet (2009), hingga yang terakhir Gunung Emas Almayer (2014).

Alex Komang merupakan salah satu murid Teguh Karya. Alex Komang merupakan Ketua Badan Perfilman Indonesia periode 2014-2017 setelah terpilih dalam Musyawarah Besar Pembentukan Badan Perfilman Indonesia di Jakarta, Januari 2014 lalu, di Jakarta.

See Also

Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
Istri Bung Tomo Wafat
Tradisi Grebeg Besar
Dandim 0716/Demak Hadiri Ziarah Ke Makam Sultan Demak & Sunan Kalijaga
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.690.315 Since: 05.03.13 | 0.2191 sec