Hukum

Wakapolri Janjikan Perlindungan Bagi KPK

JAKARTA-SBN.

Wakil Ketua lembaga antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Dr. Bambang Widjojanto, S.H., M.H. mengungkapkan, anak buahnya yang menjadi penyidik merasa terancam akibat sejumlah teror. Teror bahkan dirasakan hingga ke keluarga para penyidik.

Tim 9 independen bentukan Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan dengan pimpinan dan penyidik KPK. Dalam pertemuan yang digelar Rabu (11/2/2015), penyidik KPK merasa tidak nyaman karena mendapat ancaman.

Isu teror yang melanda struktural Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah sampai ke telinga Wakapolri Komjen Pol. Badrodin Haiti.

Menanggapi ancaman teror terhadap penyidik KPK tersebut, Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen. Pol. Badrodin Haiti menegaskan bahwa Polri siap memberikan perlindungan pada penyidik maupun jajaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang merasa diteror oleh orang-orang tak dikenal.

Pernyataan Wakapolri Komjen Pol. Badrodin Haiti itu sebagai respon atas adanya teror dan ancaman kepada para penyidik di komisi antirasuah itu.

Menurut Wakapolri Komjen Pol. Badrodin Haiti, pihaknya siap memberikan perlindungan jika memang ada permintaan. "Kalau minta (perlindungan), kita bantu," tandas pelaksana tugas (Plt) Kapolri itu di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Meski demikian, Komjen Pol. Badrodin Haiti mengaku belum ada mendapat permintaan dari KPK terkait perlindungan itu. "Sejauh ini belum ada," cetus Komjen Pol. Badrodin Haiti.

Menurut Komjen Pol. Badrodin Haiti, beberapa hari lalu Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja langsung datang kepadanya menyampaikan hal itu.

"Katanya ada ancaman teror terhadap salah satu polisi yang bertugas di sana," kata Komjen Pol. Badrodin Haiti kepada wartawan usai beraudiensi dengan sejumlah ulama di Mabes Polri, Kamis (12/2/2015).

Komjen Pol. Badrodin langsung menanyakan kepada Kepala Bareskrim Mabes Polri Komjen Pol. Budi Waseso, Kadiv Propam Irjen Pol. Syafrudin, apakah benar teror tersebut. "Lalu dikatakan bahwa yang bersangkutan tidak diteror," paparnya.

Karenanya, Komjen Pol. Badrodin Haiti mengaku tidak tahu teror yang dimaksud itu seperti apa. "Tentu saya harus tanya yang bersangkutan," katanya.

Namun, Komjen Pol. Badrodin Haiti mengingatkan, jangan sampai terus diplesetkan seolah-olah ada orang merasa dibuntuti atau orang d- SMS orang lain, lantas itu sebagai diteror. "Apakah yang kalau SMS itu pasti itu dari polisi?" tanya Komjen Pol. Badrodin Haiti.

Karenanya, Komjen Pol. Badrodin Haiti selalu mengingatkan dalam situasi semacam ini bisa orang dimanfaatkan orang lain yang mengkehendaki persoalan yang tengah terjadi ini tidak selesai-selesai. "Mungkin para koruptor, bisa saja seperti itu," katanya.

Apakah Polri merasa disudutkan dengan isu teror itu, mengingat saat ini tengah terjadi persoalan antara dua lembaga? Wakapolri Komjen Pol. Badrodin Haiti tak menampiknya. "Ya jelas dong. Ini mengganggu situasi. Anda kan selalu menuduh Polri? Bagaimana kita tidak terganggu," tukasnya.

Apakah Polri tidak ingin proaktif membantu dengan langsung mendatangi KPK? Yang jelas kata Komjen Pol. Badrodin Haiti, pihaknya sudah beberapa kali bertemu dengan Pimpinan KPK. Menurutnya, sudah dibicarakan apa yang harus dilakukan supaya itu cepat selesai.

"Itu sudah ada. Tinggal menunggu waktu saja. Bahkan, KPK juga sering kalau ketemu saya di sini (Mabes) bisa. Saya datang ke sana pernah ketemu Pak Abraham dan Pandu," urainya.

Selain melapor pada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menyatakan, pihaknya telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Wakapolri Komjen Pol. Badrodin Haiti dan Komnas HAM.

"Alhamdulilah kami mendapat jaminan dan kami percaya atas jaminan yang diberikan Wakapolri," katanya.

Tetapi, Wakil Kapolri (Wakapolri) Badrodin Haiti telah menegaskan bahwa peneror tersebut bukan berasal dari kepolisian. "Saya sudah cek ke Kabareskrim kemarin, ternyata bukan dari anggota kita," ungkap Komjen Pol. Badrodin Haiti di Kantor Presiden seusai mengikuti rapat terbatas, Jakarta, Rabu (11/2/2015) petang.

Sebaliknya, Komjen Pol. Badrodin Haiti mengatakan, Polri juga tak jarang menerima ancaman serupa. Namun, menurutnya, hal tersebut diabaikan sebab diyakini sebagai upaya mengadu domba kedua belah pihak.

"Banyak, kalau dibuntuti, ada sekitar-sekitar anggota di sana itu juga sama. Apakah itu anggota KPK, kan belum tentu juga," tambahnya.

Lebih lanjut, Komjen Pol Badrodin Haiti menawarkan jasa penjagaan khusus untuk staf ataupun penyidik KPK.

See Also

KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
Keterangan Ahli Di Sidang Praperadilan Terkait Eksekusi Penahanan Matheus Mangentang
Peras Mantan Petinggi Polri, Hukuman Sisca Dewi Diperberat
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.871.280 Since: 05.03.13 | 0.1574 sec