Hukum

Polda Metro Jaya Utara Ciduk Ribuan Preman Dalam Razia

Sunday, 08 Februari 2015 | View : 562

JAKARTA-SBN.

Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya atau Polda Metro Jaya menjaring 2.785 terduga preman, dalam kegiatan Operasi Bina Kusuma, yang dilakukan selama hampir satu bulan. Polisi, juga melakukan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dan berhasil menyita sejumlah barang bukti.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya sejak 3 September 2014, Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono, mengatakan pihaknya menggelar operasi tersebut selama 30 hari, mulai 19 Januari-17 Februari mendatang.

"Operasi yang kita laksanakan berkaitan dengan pemberantasan preman. Hasil yang kita peroleh, yaitu menangkap 2.785 orang, dan 305 diantaranya kita tingkatkan menjadi penyidikan," urai mantan Kapolda Jatim (2013), Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (3/2/2015).

Dikatakan mantan Kakor Brimob Polri (2012) Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono, selain membekuk para preman itu, polisi juga menyita sejumlah barang bukti.

"Barang buktinya, ada senjata api empat pucuk, senjata tajam 71 pucuk, kendaraan roda dua 88 unit, roda empat ada 20 unit, handphone 99 unit, dan 14.319 botol miras," ungkapnya.

Selain operasi premanisme, tambahnya, Polda Metro Jaya, Polres jajaran, TNI, dan intansi terkait juga menggelar Operasi Cipta Kondisi setiap malam. Selain itu, pada malam minggu dilakukan razia skala besar.

"Ini merupakan kegiatan kepolisian yang kita tingkatkan. Sasarannya senjata tajam, senjata api, bahan peledak, narkoba," kata Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono.

Sejauh ini, katanya, sudah ada sejumlah barang bukti yang disita, diantaranya 183,76 gram (gr) sabu-sabu, ganja 1,2 ton, ekstasi 217 butir, senjata tajam 21 bilah, roda dua 10 unit, roda empat lima unit, senjata api rakitan 11, dan miras 195.

Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono menambahkan, pihaknya juga fokus melakukan kegiatan dalam mengantisipasi dan menekan tindakan kejahatan pencurian dengan kekerasan alias curas.

"Ada berapa kasus curas dengan senjata api dan senjata tajam yang terjadi. Terakhir ada di daerah Depok, dua TKP. Namun, kami sudah berhasil tangkap di Tangerang. Kemudian kita kembangkan. Kita bentuk tim dan anggota sekarang lagi bergerak ke daerah Lampung. Sudah ditangkap lima orang dan dua masih DPO (Daftar Pencarian Orang)," jelasnya.

Terkait kegiatan mengantisipasi curas, Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono menuturkan, pihaknya juga menyita sejumlah barang bukti berupa 15 senjata api (14 senjata api rakitan dan satu senjata api organik), peluru 46 butir, senjata tajam empat bilah, letter T 6, pisau komando satu, mata kunci delapan, sepeda motor 26 unit, dan HP 3 unit. "Ini kita laksanakan terkait curas senjata api dan senjata tajam," tegasnya.

Dalam razia narkoba, Polda Metro Jaya juga membekuk 532 tersangka dan menyita sejumlah barang bukti. "Narkoba ada 445 kasus. Tersangkanya ada 532 orang. Barang bukti 264,8 gram (gr) sabu-sabu dan ekstasi 12.303 butir," tandasnya.

Polda Metro Jaya mengamankan 607 orang dalam Operasi Bina Kusuma mulai Sabtu (7/2/2015) malam hingga Minggu (8/2/2015) pagi. Penangkapan berlangsung di wilayah hukum DKI Jakarta.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Pol Martinus Sitompul mengatakan Polres Jakarta Pusat menangkap 20 orang. Empat di antaranya terkait kasus narkoba. Sedangkan Polres Jakarta Barat menangkap 398 orang, delapan di antaranya pengguna narkoba.

"Polres Jakarta Utara mengamankan 66 orang. Dua di antaranya pelaku narkoba, tiga pelaku pencurian, tiga pelaku penipuan. Polres Jakarta Selatan mengamankan 31 orang, di antaranya yaitu tiga pemakai narkoba, satu penjual miras, satu copet. Polres Jakarta Timur mengamankan 92 orang. Satu di antaranya membawa samurai," papar Kombes Pol. Martinus Sitompul.

Dari total seluruhnya, sebanyak 581 orang mendapat pembinaan. Sedangkan 26 lain mendekam di sel.

"(Mereka) 17 orang pelaku atau membawa Narkoba, tiga orang pelaku pencurian, tiga orang pelaku penipuan, satu orang copet, satu penjual miras dan satu membawa samurai," ungkap Kombes Pol. Martinus Sitompul.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat tersebut menuturkan tim juga menyita sejumlah barang bukti. Yaitu 1 bungkus ganja 27 gram, delapan ampel ganja, tiga paket sabu-sabu, enam butir pil dumolit, delapan unit kendaraan roda dua, satu samurai, satu badik, lima pisau, 38 botol minuman keras, dan uang tunai Rp 454.500.

Sementara itu, Kepolisian Resort (Polres) Metro Jakarta Utara bersama enam jajaran Polsek di masing-masing kecamatan kembali menggelar razia preman dalam rangka 'Operasi Bina Kusuma 2015' pada Sabtu (7/2/2015) malam hingga Minggu (8/2/2015) dini hari.

Sebanyak 66 orang yang memiliki potensi meresahkan masyarakat dan pelaku kriminalitas diamankan oleh anggota kepolisian yang melakukan patroli di berbagai titik lokasi rawan di wilayah Jakarta Utara.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Azhar Nugroho, mengatakan‎ kegiatan razia dan patroli bersama jajaran polsek yang dilakukan pada malam ini merupakan kegiatan operasi cipta kondisi yang merupakan bagian dalam operasi bina kusuma‎.

"Kegiatan kami lakukan serempak sejak Sabtu (7/2/2015) pukul 21.00 hingga pukul 00.00‎ WIB, kita berhasil mengamankan 66 orang, delapan orang di antaranya ditahan dengan berbagai tindak kejahatan congkel spion, sajam, ranmor, narkoba, judi remi, sedangkan selebihnya yang melakukan pemalakan, parkir liar, dan 'pak ogah' akan kita lakukan pembinaan‎," urai AKBP Azhar Nugroho, Minggu (8/2/2015) dini hari.

Menurut AKBP Azhar Nugroho, patroli dan razia dilakukan di berbagai lokasi, yakni Jalan Danau Sunter, Jalan Benyamin Sueb, Jalan RE Martadinata, Jalan‎ Perintis Kemerdekaan; sekitar area Waduk Pluit & Teluk Intan; kawasan Terminal Tanjung Priok, J‎alan Plumpang Semper, Jalan Kali Baru, Jalan Cakung Cilincing.

"Kita mengerahkan 146 personil dalam razia malam ini, salah satunya di lokalisasi Rawa Malang (Jalan Inspeksi Kali Cakung Drain), kita menemukan sejumlah orang yang membawa senjata tajam dan kedapatan menggunakan narkoba di Cafe Mawar dan Cafe Dewi Samudera," lanjut AKBP Azhar Nugroho.

Barang bukti yang berhasil disita anggota di antaranya: satu unit sepeda motor yang sudah dibongkar, delapan senjata tajam berupa celurit dan pisau lipat, 3 ampel ganja, satu bungkus ganja seberat 27 gram, lima handphone, dua kaca spion mobil, dua unit kompresor, 5 kaleng cat mobil, dan uang tunai sejumlah Rp 432.000.

‎AY (35) salah satu pelaku yang melakukan pencurian kaca spion di Jalan Sunter Jaya mengaku mengincar mobil yang sedang diparkir di lokasi tersebut. "Pokoknya selama gak ketahuan ya kita main kucing-kucingan sama tukang parkirnya," ujar AY.

Sementara itu, EM (42), pria yang kedapatan membawa satu paket ganja mengaku mendapatkan benda haram tersebut dari seorang teman di kawasan Rorotan. "Saya hanya pakai untuk senang-senang di sini pak," ujar EM, saat digelandang polisi ke mobil tahanan.

‎AKBP Azhar Nugroho menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan melaporkan segala potensi kriminal kepada anggota kepolisian terdekat. "Jangan ragu untuk melaporkan berbagai hal yang meresahkan, sehingga anggota kami dapat melakukan tindakan," tutup AKBP Azhar Nugroho.

See Also

Keterangan Ahli Di Sidang Praperadilan Terkait Eksekusi Penahanan Matheus Mangentang
Peras Mantan Petinggi Polri, Hukuman Sisca Dewi Diperberat
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
KPK Akan Segera Periksa Saksi Dan Tersangka Suap KONI
KPK Cekal Robert Tantular Ke Luar Negeri
Tim Resmob Dan Tarsius Bitung Lumpuhkan Pencuri Kambuhan
Mahkamah Agung Hukum Alfian Tanjung 2 Tahun Penjara
Polda Jatim Duga Ada Kesalahan Teknis Proyek Berujung Jalan Gubeng Ambles
KPAI Apresiasi Langkah Cepat Polri Proses Bahar Bin Smith
Polri Sebut Penahanan Tersangka Bahar Bin Smith Murni Kasus Hukum
Polri Koordinasi Dengan LPSK Amankan 2 Remaja Korban Bahar Bin Smith
Usai OTT KPK, Kemenpora Lanjutkan Program SEA Games-Olimpiade
KPK Sita Miliaran Rupiah Terkait OTT Pejabat Kemenpora Dan KONI
Polri Kantongi Bukti Penganiayaan Oleh Bahar Bin Smith
KPK OTT Pejabat Kemenpora Dan Pengurus KONI
Polres Metro Jakarta Selatan Buru Pembunuh Perempuan Muda Di Kebagusan City
Pembunuh Keji Sopir Taksi Online Divonis 10 Tahun Penjara
Uang Pengganti E-KTP, KPK Sita Rp 862 Juta Dari Setya Novanto
Keterangan Ahli Ketua DPD KAI DKI Jakarta Pada Sidang Lanjutan Julius Lobiua
TNI AL Ringkus Pelaku Narkoba Di Tanjung Ahus
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.501.721 Since: 05.03.13 | 0.1468 sec