Internasional

Wali Kota Surabaya Dinobatkan Sebagai Wali Kota Terbaik Ketiga Sedunia

Tuesday, 03 Februari 2015 | View : 887

SURABAYA-SBN.

Nama Wali Kota Surabaya Ir. Tri Rismaharini, M.T. atau terkadang ditulis Tri Risma Harini kembali mendunia. Prestasi Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Tri Rismaharini semakin bersinar. Sebab, dia kembali mendapatkan pengakuan dari dunia internasional atas prestasinya memimpin Kota Pahlawan.

Kali ini penghargaan datang dari World Mayor Prize (WMP) yang setiap tahun menunjuk Wali Kota terbaik dunia. Dalam anugerah World Best City Mayor 2014, Wali Kota Surabaya Ir. Tri Rismaharini, M.T. atau terkadang ditulis Tri Risma Harini baru saja dinobatkan menjadi pemenang Wali Kota terbaik ketiga.

Ini kali ketiga Wali Kota Surabaya, Jawa Timur Tri Rismaharini masuk sebagai kandidat Wali Kota terbaik dunia. Risma pernah menjadi kandidat pada 2012 dan 2013. Namun, pada dua tahun sebelumnya, namanya tersisih dan baru sekarang Wali Kota Surabaya tersebut menjadi terbaik ketiga di dunia.

Pada ajang tersebut, Risma mendapatkan penghargaan sebagai Wali Kota terbaik ketiga di dunia. Namanya dilansir di laman www.worldmayor.com.

Melalui rilis dilansir situs worldmayor.com hari ini, Selasa (3/2/2015), Risma, demikian panggilan sang pemimpin Surabaya, dianggap pemimpin paling mengkilap di Indonesia setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lembaga City Mayors Foundation menyoroti keberpihakan Risma pada area hijau di perkotaan. Imbasnya, Surabaya kini relatif bebas banjir dibanding masa lalu.

"Sekarang ada 11 taman besar di Surabaya, semuanya memiliki tema masing-masing. Banyak taman juga sudah dilengkapi wi-fi, perpustakaan, alat kebugaraan, hingga fasilitas olah raga. Ruang terbuka di Surabaya kini pun sangat luas sehingga bisa menjadi kawasan penyerap air," tulis pernyataan City Mayors Foundation.

Prestasi lain Risma adalah berhasil menutup kawasan pelacuran Dolly relatif tanpa konflik berdarah. Respon cepatnya mendampingi korban penerbangan pesawat AirAsia QZ 8501 pun diapresiasi oleh tim juri.

Pemikiran Risma mengenai kota sebagai hunian layak bagi warganya juga menjadi poin tersendiri, sehingga 'ibu' warga Surabaya itu terpilih sebagai pemenang ketiga.

Ia dinobatkan menjadi Wali Kota terbaik ketiga se-jagad oleh World Mayor merupakan sebuah organisasi nonprofit yang bertaraf internasional. Organisasi itu mendorong terciptanya sistem pemerintahan yang baik.

Penghargaan ini menjadi prestasi yang kedelapan diakui dunia. Sebelumnya, Risma juga mendapatkan tujuh penghargaan internasional selama memimpin Kota Surabaya, Jawa Timur.

Penghargaan tertinggi jatuh pada urutan pertama diraih Wali Kota Calgary, Kanada, Naheed Nenshi. Dia adalah Wali Kota muslim pertama di kawasan Amerika Utara. Kinerjanya memimpin kota kecil itu dinilai terbaik sepanjang tahun lalu.

Lembaga City Mayors Foundation menilai Nenshi sanggup menyatukan warga kota itu menghadapi bencana banjir Alberta pada 2013. Rehabilitasi sejak banjir surut berlangsung cepat. Pria yang menjabat sejak 2010 ini dianggap berhasil memanfaatkan jejaring sosial untuk menjelaskan program pemerintah.

Pemenang yang kedua, tepat di atas Risma, adalah Wali Kota Ghent, Belgia, Daniel Termont. Program-program Daniel Termont sanggup menggenjot perekonomian kota kecil itu, sembari tetap mempertahankan kondisi lingkungan.

Di laman www.worldmayor.com, Risma hanya kalah oleh Wali Kota Calgary, Kanada, Naheed Nenshi di urutan pertama dan Wali Kota Ghent, Belgia, di urutan kedua, Daniel Termont.

Risma adalah salah seorang di antara dua wakil Asia yang mampu menembus jajaran sepuluh Wali Kota terbaik dunia.

Wakil Asia lainnya adalah Jed Patrick Mabilog dari Filipina yang menduduki peringkat kelima.

Lembaga swadaya berpusat di London, Inggris ini memilih 25 pemimpin tingkat daerah terbaik sejagat melalui survei dan penilaian rekam jejak. Mereka rutin memberikan anugerah wali kota terbaik dunia sejak 2004.

Surabaya telah memenangkan sejumlah penghargaan sejak dipimpin Wali Kota Tri Rismaharini pada 2010 lalu di antaranya penghargaan Kota Berkelanjutan ASEAN, Environmentally Award 2012 dan Adipura Kencana (penghargaan tertinggi lingkungan hidup di Indonesia).

Risma, sapaan gaul Tri Rismaharini, juga mendapat seabrek ganjaran berupa penghargaan buah dari prestasinya. Wali Kota perempuan pertama di Kota Pahlawan itu menjadi salah satu dari sepuluh wanita paling inspiratif 2013 versi majalah Forbes Indonesia.

Forbes memuji dia yang sanggup mengalahkan rencana pemerintah yang didukung DPRD setempat membangun Jalan Tol Tengah Kota. Sebagai gantinya, Risma malah memperkenalkan program pembangunan monorail dan trem sistem.

Sama seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi), Risma juga maju sebagai Wali Kota diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Presiden Indonesia ke-7 yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014 terpilih bersama Wakil Presiden Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla saja atau JK dalam Pemilu Presiden (pilpres) 2014, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ mendapat penghargaan yang sama pada 2013 lalu untuk kinerjanya memimpin Surakarta.

Menurut World Mayor, Risma mendapat simpati publik sejak menjabat sebagai Wali Kota pada 2010 lalu.

Dia berhasil membujuk pemerintah Indonesia agar terus menggarap proyek pengembangan Pelabuhan Surabaya yang mangkrak selama dua dekade belakangan ini. Sejak dikembangkan itu, keuntungan Pelabuhan Surabaya mengalami peningkatan hingga 200 persen.

Sebelum menjabat sebagai Wali Kota, Risma yang juga seorang arsitektur itu lebih dulu memimpin Dinas Pertamanan Kota Surabaya, di era Wali Kota Bambang Dwi Hartono. Waktu itu Risma aktif meremajakan taman kota dan mengubah wajah plot terlantar menjadi ruang hijau. Surabaya pun akhirnya dikenal sebagai kota sejuta taman.

Berikutnya jabatan Risma naik menjadi Kepala Badan Perencanaan Kota (Bapeko). Hingga akhirnya, dia diusung PDIP menjadi Wali Kota berpasangan dengan Bambang DH pada 2010 lalu. Risma langsung membuat kebijakan mengubah sebagian besar lahan kosong menjadi ruang terbuka hijau.

Di Surabaya, sekarang ada sebelas taman besar dengan tema berbeda. Ada taman seperti Friendship Park (Taman Persahabatan), Expression Park (Taman Ekspresi), Skating dan BMX Park (Taman Skate & BMX) dan Flora Park (Taman Flora). Taman-taman itu juga menyediakan akses Wi-Fi, termasuk perpustakaan, kebugaran dan fasilitas olah raga lainnya. Ruang terbuka hijau di Surabaya diperbesar, misalnya area pemakaman sehingga mereka berfungsi sebagai ruang resapan air. Tidak seperti Jakarta, Surabaya kini tidak pernah dilanda banjir serius selama tiga tahun. Risma juga menambah jalur hijau di sepanjang jalan utama dan menciptakan hutan kota.

Berikut Prestasi Wali Kota Surabaya Risma yang diakui Dunia:

1. Kota Terbaik Se-Asia Pasifik versi Citynet pada tahun 2012

2. Penghargaan Kota Berkelanjutan ASEAN, Enviromentally Award 2012

3. Masuk nominasi 10 wanita paling inspiratif 2013 versi Majalah Forbes pada tahun 2013

4. Meraih 2 kategori penghargaan tingkat Asia Pasifik dalam ajang FutureGov Award 2013, yakni data center melalui Data Center Pemerintah Kota Surabaya dan Data Inclusion melalui Broadband Learning Center (BLC). Menyingkirkan 800 kota di Asia Pasifik.

5. Taman Bungkul mendapatkan penghargaan pada tahun 2013 The Asian Townscape Award dari PBB

6. Risma mendapatkan penghargaan Mayor of the Month sebagai Wali Kota terbaik pada Februari 2014

7. Mendapatkan penghargaan Socrates Award kategori Future City dari European Business Assembly (EBA) pada April 2014.

See Also

Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
China Meminjamkan Sepasang Panda Ke Indonesia
Spanyol Buru Sopir Pelaku Teror Di Barcelona
Serangan Teror Di Barcelona
Malala Yousafzai Peraih Nobel Diterima Di The University Of Oxford
Seorang Pria Lukai 5 Orang Di Swiss
Pria India Mengaku Danai Al-Qaeda Ribuan Dolar AS
PM Irak Secara Resmi Umumkan Pembebasan Mosul Dari ISIS
Pasukan Irak Bebaskan Bandara Mosul Dari ISIS
Pasukan Irak Bebaskan Dua Desa Di Dekat Mosul
ISIS Paksa Anak Kecil Dan Penyandang Disabilitas Kemudikan Truk Bermuatan Bom
Donald Trump Janji Persatukan Bangsanya Dan Bawa Perubahan
Gempa Di Italia Tengah
Polisi Istanbul Tangkap Pelaku Penembakan Kelab Malam Turki
Kongres AS Tetapkan Donald Trump Pemenang Pilpres
Kisruh Patung Budak Seks, Jepang Tarik Duta Besarnya Untuk Korsel
Penembakan Di Fort Lauderdale Tewaskan 5 Orang
AS Akan Pindahkan Empat Tahanan Guantanamo Ke Arab Saudi
Michelle Obama Akan Tampil Terakhir Sebagai First Lady Di Tonight Show
Turki Tahan 147 Terduga Militan ISIS
Turki Ancam Penjarakan Pengguna Sosmed Sanjung Terorisme
ISIS Mengaku Bertanggung Jawab Atas Serangan Istanbul
Tak Ada Korban WNI Dalam Serangan Istanbul
Dunia Kutuk Serangan Teror Di Klub Malam Istanbul
jQuery Slider
Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.111.831 Since: 05.03.13 | 0.7013 sec