Nasional

Pengunggah Foto Selfie Terakhir Korban AirAsia QZ 8501 Teridentifikasi

Thursday, 22 Januari 2015 | View : 1635

SURABAYA-SBN.

Tim "Disaster Victim Identification" (DVI) Polda Jatim berhasil mengenali identitas satu jenazah korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 pada hari ke-25 operasi pencarian atas nama David Hartono (23).

Berbekal tato bergambar barong khas Bali di lengan kiri atas, akhirnya jenazah bernomor B 052 penumpang AirAsia QZ8510 yang jatuh diidentifikasi atas nama David Hartono, 23, asal Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, jenazah David Hartono diidentifikasi melalui kesamaan tulang gigi jenazah dengan data korban sebelum meninggal dunia. Data itu berasal dari dokter gigi yang pernah memeriksanya.

"Jenazah berlabel B052 teridentifikasi berdasarkan pemeriksaan primer dan sekunder," ungkapKepala DVI Polda Jatim Kombes Pol dr. Budiyono kepada wartawan di Posko Crisis Center Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (21/1/2015).

Berdasarkan metode primer dikenali dari pemeriksaan gigi terdapat kecocokan dengan data korban sebelum meninggal yang diperoleh dari dokter giginya selama masih hidup.

Ia menjelaskan, pada gigi korban ada bagian gigi yang berderet terdapat banyak tambalan, serta dari pemeriksaan menggunakan teknik tertentu, cocok dengan gigi korban semasa hidup.

“Hal itu diperkuat lagi dengan adanya kesamaan hasil rontgen tulang tengkorak jenazah,” jelas Kombes Pol dr Budiyono, Kepala Tim DVI (disaster victim identification) Polda Jatim, Kamis (22/1/2015).

Sedangkan dari metode sekunder, Tim DVI menemukan adanya tato bergambar Barong Bali pada lengan kiri korban yang cocok dengan data "ante mortem" milik pria asal Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut. Selain itu, data sekunder lain, yaitu, temuan medis dengan adanya tato bergambar barong khas Bali yang terdapat di lengan kiri atas di benarkan oleh keluarga korban.

"Kemudian ada kesamaan jenis kelamin, usia dan tinggi badannya juga mengalami kecocokan," kata perwira menengah tersebut.

Tidak itu saja, pihaknya juga memastikannya dengan pemeriksaan properti pada analisa kamera tersembunyi di Bandara Juanda, sesuai dengan yang melekat pada tubuh korban.

Diperkuat lagi, lanjut dia, dengan tambahan data melalui sosial media milik korban, yang diketahui sempat berfoto selfie sebelum terbang dan mengunggahnya ke instagramnya. “Begitu juga adanya kesamaan pakaian, celana, dan aksesori antara data pada CCTV Bandara Juanda dengan foto selfie dalam Instagram korban,” tambahnya.

"Saat berfoto selfie itu, juga sesuai dengan analisa cctv bahwa korban mengenakan kaos warna biru, celana pendek hitam serta gelang bertuliskan LV," ucapnya.

Kombes Pol. dr. Budiyono juga menegaskan, dari temuan satu data primer dan dua data sekunder, tak terbantahkan jenazah bernomor B 052 tersebut atas nama David Hartono.

Dengan teridentifikasinya satu jenazah hari ini maka total 47 korban dari 53 jenazah yang dievakuasi dan teridentifikasi telah diserahkan ke keluarga masing-masing.

Sampai hari ke-25 ini, tersisa enam jenazah lain yang belum diidentifikasi. "Masih ada enam jenazah yang sedang dalam proses. Tim DVI tidak akan berhenti berusaha mengungkap identitas mereka," urai Kombes Pol. dr. Budiyono.

Identifikasi masih dalam pendalaman lebih lanjut. Beberapa upaya, seperti, penggunaan teknik superimpose, yakni, pemotretan tulang tengkorak jenazah yang telah difoto rontgen dicocokkan dengan foto korban saat masih hidup dengan menggunakan teknik komputer. Sehingga, tingkat kesalahan tidak mungkin terjadi.

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.542.763 Since: 05.03.13 | 0.1728 sec