Hukum

Aktor Irwansyah Mangkir Dari Panggilan KPK

Saturday, 17 Januari 2015 | View : 1263

JAKARTA-SBN.

Aktor sekaligus penyanyi, Irwansyah, kembali harus berurusan dengan lembaga antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Usai pemeriksaan terhadapnya November tahun lalu, Irwansyah kembali diperiksa lembaga antirasuah itu untuk kali kedua.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, mengatakan pemeriksaan Irwansyah berkaitan dengan kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat Tubagus Chaery Wardana alias Wawan.

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Wawan," ungkap Priharsa Nugraha, Jakarta, Jumat (16/1/2015).

Selain memeriksa Irwansyah, KPK juga mengagendakan pemeriksaan Tubagus Chaery Wardana alias Wawan sebagai tersangka.

Aktor sekaligus penyanyi, Irwansyah, mangkir dan tidak memenuhi panggilan penyidik lembaga antirasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan tersangka Tubagus Chaery Wardana alias Wawan.

Artis sekaligus penyanyi Irwansyah sama sekali tidak memberikan keterangan apa-apa kepada KPK. Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha mengatakan, Irwansyah tidak hadir tanpa keterangan.

"Tidak hadir memenuhi panggilan penyidik hari ini. Irwansyah tidak datang tanpa ada keterangan," ungkap Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha melalui pesan singkat, Jakarta, Jumat (16/1/2015).

Irwansyah dijadwalkan diperiksa terkait kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat Tubagus Chaery Wardana alias Wawan, adik dari Gubernur Banten nonaktif, Ratu Atut Chosiyah.

Priharsa Nugraha mengatakan, pemeriksaan terhadap Irwansyah akan dijadwalkan ulang. Namun, ia mengaku belum tahu kapan Irwansyah akan dipanggil kembali sebagai saksi. "Dijadwal ulang, tapi belum tahu kapan," beber Priharsa Nugraha.

KPK kembali menjadwalkan pemeriksaan untuk artis sekaligus penyanyi Irwansyah, yang merupakan Direktur PT. Adika Cipta Pratama, sebagai saksi kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan tersangka Tubagus Chaery Wardana alias Wawan.

Ini adalah pemanggilan kali kedua setelah pemanggilan pertama pada Oktober lalu.

Irwansyah pernah diperiksa penyidik KPK terkait kasus yang sama. Setelah diperiksa, dia mengaku menjelaskan kepada penyidik mengenai film yang diproduksi oleh rumah produksi miliknya, R1 Picture.

"Sudah jelaskan sejelas-jelasnya kepada pihak KPK soal film," urai Irwansyah seusai diperiksa KPK, Rabu (5/11/2014).

Aktor yang juga Direktur PT. Adika Cipta Pratama Irwansyah menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta, Rabu (5/11/2014). Irwansyah diperiksa sebagai saksi bagi tersangka Tubagus Chaery Wardhana alias Wawan terkait dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Nama Irwansyah sempat disebut dalam kasus ini terkait investasi Wawan di rumah produksi milik Irwansyah yang bernama R1 Picture. Ia berharap, klarifikasi yang diberikan kepada penyidik dapat menyelesaikan kabar simpang siur yang beredar.

"Insya Allah setelah itu tidak ada yang dirugikan lagi atau tidak ada fitnah begitu kepada saya atau pihak lain," ketus Irwansyah.

Pada pemeriksaan November 2014 lalu, KPK menulis Irwansyah sebagai Direktur PT. Adika Cipta Pratama. Namun, pada pemeriksaan kali ini suami  Zaskia Sungkar itu hanya ditulis sebagai aktor.

Berdasarkan penelusuran KPK, Tubagus Chaery Wardana alias Wawan disebut memiliki ratusan aset yang tersebar di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Bali. Aset tersebut berupa tanah, bangunan, dan kendaraan bermotor. KPK telah menyita sejumlah aset tersebut. Terkait dugaan pencucian uang Wawan, KPK telah menyita 22 mobil dan sebuah Harley-Davidson yang diduga milik Wawan. Beberapa di antaranya merupakan mobil mewah bermerek Lamborghini, Ferrari, Bentley, dan Rolls-Royce.

Wawan diketahui royal membagi-bagikan mobil mewah untuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten dan juga para artis. Mobil-mobil tersebut diduga untuk menyamarkan pencucian uang yang dilakukan adik dari Gubernur nonaktif Banten, Ratu Atut Chosiyah itu.

KPK juga sebelumnya telah memeriksa beberapa artis dan penyanyi terkait TPPU Tubagus Chaery Wardana alias Wawan. Adapun artis yang pernah diperiksa KPK terkait kasus Wawan ialah Jennifer Dunn dan Chaterine Wilson alias Keket, dan Rebecca Haussman karena diduga menerima mobil dari Wawan.

Saat pemeriksaan Jennifer Dunn, Wawan diketahui hendak membikin film. Film tersebut tak jadi dibuat lantaran Wawan sudah ditangkap KPK.

See Also

Keterangan Ahli Di Sidang Praperadilan Terkait Eksekusi Penahanan Matheus Mangentang
Peras Mantan Petinggi Polri, Hukuman Sisca Dewi Diperberat
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
KPK Akan Segera Periksa Saksi Dan Tersangka Suap KONI
KPK Cekal Robert Tantular Ke Luar Negeri
Tim Resmob Dan Tarsius Bitung Lumpuhkan Pencuri Kambuhan
Mahkamah Agung Hukum Alfian Tanjung 2 Tahun Penjara
Polda Jatim Duga Ada Kesalahan Teknis Proyek Berujung Jalan Gubeng Ambles
KPAI Apresiasi Langkah Cepat Polri Proses Bahar Bin Smith
Polri Sebut Penahanan Tersangka Bahar Bin Smith Murni Kasus Hukum
Polri Koordinasi Dengan LPSK Amankan 2 Remaja Korban Bahar Bin Smith
Usai OTT KPK, Kemenpora Lanjutkan Program SEA Games-Olimpiade
KPK Sita Miliaran Rupiah Terkait OTT Pejabat Kemenpora Dan KONI
Polri Kantongi Bukti Penganiayaan Oleh Bahar Bin Smith
KPK OTT Pejabat Kemenpora Dan Pengurus KONI
Polres Metro Jakarta Selatan Buru Pembunuh Perempuan Muda Di Kebagusan City
Pembunuh Keji Sopir Taksi Online Divonis 10 Tahun Penjara
Uang Pengganti E-KTP, KPK Sita Rp 862 Juta Dari Setya Novanto
Keterangan Ahli Ketua DPD KAI DKI Jakarta Pada Sidang Lanjutan Julius Lobiua
TNI AL Ringkus Pelaku Narkoba Di Tanjung Ahus
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.501.727 Since: 05.03.13 | 0.1061 sec