Nasional

Kalimat Perpisahan Kapolri Di Istana Merdeka

JAKARTA-SBN.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Drs. Sutarman diberhentikan dengan hormat melalui Keputusan Presiden Joko Widodo. Sehingga Jenderal Pol. Drs. Sutarman menyatakan dirinya bukan lagi orang nomor satu di Bhayangkara mulai detik ini.

Memakai seragam lengkap Polri, Kapolri Jenderal Pol. Drs. Sutarman mengungkapkan dirinya menyerahkan tugas dan tanggung jawabnya kepada Wakapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti, sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolri.

Jenderal Pol. Drs. Sutarman terlihat sumringah meski dipaksa meninggalkan jabatannya sebagai orang nomor satu di institusi Kepolisian RI. Pasalnya, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian Jenderal Polisi Drs. Sutarman dari jabatan Kapolri, sekaligus menunjuk Wakapolri, Komjen Pol. Badrodin Haiti sebagai pelaksana tugas Kapolri.

"Dengan surat keputusan Bapak Presiden (Keppres) yang sudah diberikan, maka mulai detik ini saya melaksanakan keputusan Bapak Presiden untuk menyerahkan tugas wewenang dan tanggung jawab jabatan Kepala Polri (Kapolri) kepada Wakil Kepala Polri (Wakapolri) yang ditugaskan dengan Keputusan Presiden juga untuk melaksanakan tugas-tugas Kapolri," kata Jenderal Pol. Drs. Sutarman di Istana Negara, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (16/1/2015) pukul 20.15 WIB. Kapolri Jend. Pol. Drs. Sutarman berbicara setelah Presiden Jokowi mengumumkan keputusannya.

Mantan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Sutarman menyampaikan kata-kata perpisahan usai diberhentikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Keputusan Presiden (Keppres) yang dibacakan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/1/2015) malam.

Jenderal Polisi Drs. Sutarman menyampaikan perpisahan sebagai Kapolri dan menyampaikan ke publik Plt Kapolri Komjen Pol. Badrodin Haiti di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/1/2015), malam. 

"Wakapolri yang ditugaskan dengan keputusan Bapak Presiden juga untuk melaksanakan tugas-tugas Kapolri. Kenapa dibutuhkan surat keputusan? Karena Kapolri sebagai pengguna anggaran dan pelaksana kepolisian di seluruh Republik Indonesia. Seluruh kegiatan pembinaan dan operasional sudah beralih kepada Bapak Wakapolri," ucap Jenderal Pol. Drs. Sutarman yang baru akan pensiun pada Oktober 2015 ini.

Saat mengikuti jumpa pers bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Negara, tak ada raut wajah muram yang diperlihatkan Jenderal Pol. Drs. Sutarman. Petinggi Polri yang harusnya baru pensiun pada Oktober nanti itu tetap mengumbar senyuman.

Mantan Kapolda Kepri ini, Jenderal Polisi Drs. Sutarman mengaku sudah siap menyerahkan tugasnya pada pelaksana tugas (Plt) Kapolri, Komjen Pol. Badrodin Haiti.

Sesuai dengan Keppres yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi), Komjen Pol. Badrodin Haiti akan menjadi Plt Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Jenderal Polisi Drs. Sutarman yang akan pensiun Oktober 2015 ini mengumumkan bahwa dia sudah tak lagi menjabat sebagai Kapolri dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (16/1/2015) pukul 20.15 WIB.

Karenanya, mantan Kapolda Jawa Barat ini, Jenderal Pol. Drs. Sutarman menegaskan bahwa Komjen Pol. Badrodin Haiti akan menjalankan tugasnya sebagai pengguna anggaran dan pelaksana kegiatan kepolisian di seluruh RI. Dia pun mengatakan kepada seluruh personil Kepolisian bahwa detik ini, seluruh kegiatan pembinaan dan operasional Polri sudah beralih ke Komjen Pol. Badrodin Haiti, sebagai pelaksana tugas Kapolri.

"Maka mulai detik ini hari ini dan sekaligus pemberitahuan kepada seluruh anggota Polri dimana pun berada dan bertugas, bahwa mulai detik ini, saat ini operasional dan pembinaan yang ada di Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan dikendalikan oleh Bapak Wakapolri yang ditugaskan untuk melaksanakan semua tugas-tugas sebagai Kapolri. Oleh karenanya, saya berterimakasih kepada seluruh rakyat Indonesia dan kepada seluruh anggota Polri atas dukungan selama ini," ujar Jend. Pol. Drs. Sutarman yang mengenakan baju seragam Polri ini.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini pun tak lupa mengucapkan terimakasihnya kepada seluruh rakyat dan anggota Kepolisian Indonesia atas dukungan selama ini sekitar tiga tahun menjabat Kapolri.

"Dan terimakasih saya kepada seluruh anggota yang sudah melaksanakan tugas-tugas dengan baik sehingga kita mampu untuk mengamankan Indonesia sampai detik ini," kata Jenderal Pol. Drs. Sutarman.

"Oleh karena itu saya terima kasih pada seluruh rakyat dan dukungan selama saya menjabat sebagai Kapolri dan terima kasih seluruh anggota yang telah bekerja dengan baik. Dan diharapkan akan terus dilakukan oleh Wakapolri," sambung mantan ajudan Presiden Abdurrahman Wahid itu.

"Dan mudah-mudahan apa yang kita lakukan akan terus dilaksanakan oleh bapak Wakapolri yang ditugaskan untuk melaksanakan tugas-tugas Kapolri," dia menambahkan.

Malam ini adalah momen penting bagi Jenderal Pol. Drs. Sutarman. Sebab dia diberhentikan sebagai Kapolri oleh Presiden Jokowi.  Usai memberikan pidato singkat, keduanya bersalaman. Dia pun melakukan salam komando dengan Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti, yang menggantikan posisinya untuk sementara waktu. Sambil tersenyum lebar, mereka melakukan salam komando di depan awak media.

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban KM Sinar Bangun
Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Musibah KM Sinar Bangun Di Perairan Danau Toba
Dandim 0716/Demak Bersama Masyarakat Panen Raya Demlot
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
Widjanarko, Dosen Fakultas Psikologi UMK Raih Doktor
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.697.311 Since: 05.03.13 | 0.2289 sec