Nasional

Presiden Joko Widodo Menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H

Saturday, 03 Januari 2015 | View : 588

JAKARTA-SBN.

Presiden Indonesia ke-7 yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014 terpilih bersama Wakil Presiden Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla saja atau JK dalam Pemilu Presiden (pilpres) 2014, Ir. H. Joko Widodo atau yang akrab disapa 'Jokowi' menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H di Monas, Jakarta, Sabtu (3/1/2015) pagi.

Acara ini diselenggarakan Majelis Rasulullah SAW, salah satu majelis Dzikir dan Shalawat terbesar di Jakarta.

Sekitar 5.000 santri dari wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya menghadiri acara tersebut. Sebagian besar pria memakai baju koko dan peci, sementara untuk perempuan memakai baju gamis dan jilbab. Ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahun.

"Sudah dua kali, saya hadir di majelis ini di tempat yang sama. Pagi hari ini, kita semua bisa hadir dalam peringatan Maulid Nabi. Kita semua perlu mengingatkan diri kita betapa keteladanan Nabi Muhammad adalah inspirasi bagi umat islam. Inspirasi bagi kita semua untuk menghadapi masalah dan tantangan," tutur mantan Wali Kota Surakarta, Joko Widodo yang mengenakan baju koko putih dan peci hitam.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengingatkan umat Muslim di tanah air untuk mengedepankan toleransi kepada warga non-Muslim sehingga tidak terjadi perpecahan.

Ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H di Monas, Jakarta, Sabtu (3/1/2015).

Presiden Joko Widodo meminta kepada ummat Islam di Indonesia mencontoh Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan kepada umatnya menyayangi sesama.

Implementasi terhadap bangsa Indonesia, menurutnya adalah umat Muslim mempunyai kasih sayang kepada semua makhluk juga kepada non-Muslim.

"Nabi juga mengajarkan kita untuk mempunyai kasih sayang kepada semua makhluk juga kepada yang non-Muslim itu beliau contohkan. Itulah keseharian yang harus kita contoh karena di Indonesia ada yang Muslim tapi ada yang Hindu, Katolik, Kristen, Budha, yah inilah warna-warni Indonesia yang diberikan Allah kepada kita," tutur Joko Widodo saat berceramah di acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H di Monas, Jakarta, Sabtu (3/1/2015) pagi.

"Oleh sebab itu, Nabi mengajarkan kepada kita untuk menjunjung ukhuwah tidak hanya Ukhuwah Islamiyah, tetapi Ukhuwah Insaniyah yang berarti persaudaraan antar umat manusia,".

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap umat Muslim sepenuhnya mengikuti teladan Nabi Muhammad. Terutama dalam perilaku keseharian baik dalam mengungkapkan kebenaran, keadilan dan bersikap jujur.

Hubungan antarmasyarakat, kata dia, juga harus dijaga agar negara aman dan tertib.

"Nabi juga mengajarkan kita untuk menjunjung ukhuwah tidak hanya ukhuwah Islamiah tapi juga ukhuwah insaniah, persaudaraan antarumat manusia," sambung mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Kehadiran mantan Gubernur DKI Jakarta itu disambut meriah santri Majelis Rasulullah SAW. Para santri mengucapkan salam dan bertepuk tangan, serta meminta kepada Presiden Jokowi untuk lebih lama menyampaikan tausiah. Namun, dia hanya memberikan ceramah sekitar 10 menit.

Di kesempatan itu, Habib Nabil Al Musawa, kakak dari Habib Munzir, salah satu pimpinan Majelis Rasulullah SAW mengajak kepada para santri untuk memanjatkan doa supaya Joko Widodo diberikan taufiq dan hidayah amanat dalam menjalankan tugas sebagai Presiden. "Kami meminta beliau diberikan taufiq dan hidayah dalam mengelola negara. Membawa kota Jakarta dan Indonesia menjadi kota Sayyidina Muhammad," tutur Habib Nabil Al Musawa.

Hari Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan hari peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW yang di negara Indonesia hari perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Presiden Joko Widodo didampingi Habib Nabil Al Musawa dari Majelis Rasulullah SAW saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H di Monas, Jakarta, Sabtu (3/1/2015) pagi.

Di acara tersebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Ibu Negara Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo, Menteri Agama, Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), H. Imam Nahrawi, S.Ag., serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Rasydi Baswedan, Ph.D.

See Also

Pesantren Al Mawaddah Kudus Ciptakan Rekor Prestasi Dunia
Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.405.561 Since: 05.03.13 | 0.2245 sec