Nasional

Calon KASAL Baru Masih Rahasia

JAKARTA-SBN.

Saat ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih merahasiakan siapa yang akan menjadi calon Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) yang baru.

Beredar kabar calon KASAL periode berikutnya dipesan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kabinet Kerja periode 2014-2019 yang menjabat sejak mulai 27 Oktober 2014, Susi Pudjiastuti dengan harapan KASAL baru bisa bersinergi memberantas pencurian ikan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ikut bicara soal kriteria kepala staf TNI Angkatan Laut (KASAL) yang akan segera diumumkan oleh Presiden Joko Widodo. Susi Pudjiastuti menegaskan, perairan Indonesia butuh KASAL yang berani menjaga kedaulatan laut Indonesia. "Saya butuh media yang lebih tegas. Saya butuh rakyat yang lebih berani. Saya butuh KASAL tentu yang lebih berani dong," beber Susi Pudjiastuti di Istana Kepresidenan, Rabu (24/12/2014).

Bos Susi Air yang membuat gebrakan dengan menenggelamkan kapal pencuri ikan bersama TNI Angkatan Laut (AL) itu berharap KASAL baru nantinya bisa membantunya dalam menjaga perairan Indonesia. "Pokoknya saya ingin dibantu oleh KASAL untuk kedaulatan kelautan Indonesia," ungkap Susi Pudjiastuti.

Menanggapi isu beredar kabar calon KASAL periode berikutnya dipesan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko pun akhirnya angkat bicara. "Emang KFC pakai pesen-pesenan. Calon KASAL nggak ada pesen-pesenan. Kita punya sistem pembinaan personel yang baik, semua melalui sistem, tidak ada main-main dalam pemilihan," ujar Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko menjawab pertanyaan wartawan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (23/12/2014).

Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko menjelaskan, dalam proses pemilihan calon KASAL yang diseleksi secara ketat, Dewan Kepangkatan Tinggi TNI meminta masukan dan rekomendasi dalam rapat bersama kepala staf. Setelah calon dipilih, maka TNI akan memberikan saran kepada Presiden.

"Kita lewat proses Dewan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) bersama kepala staf, lalu kita kasih saran ke Presiden dan Presiden yang akan menentukannya," jelas Jenderal TNI Dr. Moeldoko.

"Tidak ada pesen-pesenan kayak McDonald's aja," tutupnya berseloroh.

Anggota Komisi I DPR RI, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Purn.) Tubagus Hasanuddin, S.E., M.M. menyebutkan, dari TNI AL sudah mencuat 3 nama kuat yang akan menggantikan KASAL Laksamana TNI Dr. Marsetio, M.M.

"Ada 3 nama dari bintang 3," ungkap Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Purn.) Tb. Hasanuddin, S.E., M.M. saat ditemui wartawan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (8/12/2014).

3 nama calon itu adalah Wakil KASAL Laksamana Madya (Laksda) TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. dan Kepala Pelaksana Harian Badan Keamanan Laut (Kalakhar Bakorkamla) Laksamana Madya TNI Dr. Desi Albert Mamahit, M.Sc., serta Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksamana Madya (Laksda) TNI Ade Supandi, S.E.

Ketiganya nanti akan diusulkan ke Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko untuk selanjutnya direkomendasikan ke Presiden Joko Widodo.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam), Laksamana TNI (Purn.) Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memintanya untuk mengumpulkan informasi tentang rekam jejak tiga calon pucuk pimpinan TNI Angkatan Laut itu. Namun, dia belum mengetahui siapa yang akhirnya dipilih oleh Presiden. "Ya, saya berikan foto ke beliau, si A begini, si B begini, si C begini. Dia hanya minta masukan foto-foto dari masing-masing bagaimana track record-nya," papar Menko Polhukam Laksamana TNI (Purn.) Tedjo Edhy Purdijatno.

Saat ditanya soal ketiga calon yang ditelusuri rekam jejaknya itu, Tedjo Edhy Purdijatno tak mau membukanya. Namun, saat satu per satu nama ditanya, Tedjo Edhy Purdijatno membenarkan adanya nama Kepala Pelaksana Harian Badan Keamanan Laut (Kalakhar Bakamla), Laksamana Madya TNI Dr. Desi Albert Mamahit, M.Sc. yang menjadi salah satu calon KASAL.

Seperti diberitakan, Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa 'Jokowi' akan mengumumkan kepala staf Angkatan Laut yang baru untuk menggantikan Laksamana TNI Dr. Marsetio, M.M. pada pekan ini. Laksamana TNI Dr. Marsetio, M.M. akan memasuki masa pensiun pada Desember 2014.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto menyebutkan, saat ini sudah ada tiga nama calon yang diajukan oleh Dewan Kebijakan dan Kepangkatan Tinggi ke Presiden. "Sudah diterima Presiden dan akan diumumkan pada minggu ini," beber Andi Widjajanto.

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.614.465 Since: 05.03.13 | 0.1681 sec