Nasional

Jakarta Digenangi Air, Katulampa Siaga 3

Friday, 19 Desember 2014 | View : 572

JAKARTA-SBN.

Akibat derasnya hujan pada hari Jumat (19/12/2014) sejumlah ruas jalan di Jakarta mulai digenangi air. Ketinggian air berkisar 20-40 cm menyebar disejumlah ruas jalan seperti kawasan Mangga Besar, Hayam Wuruk, Sawah Besar serta seputaran Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat.

Hujan yang mengguyur kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, sejak sore tadi membuat debit air di Sungai Ciliwung mengalami peningkatan. Hujan yang melanda wilayah Bogor dan sekitarnya sejak sore hari mengakibatkan debit air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat kembali naik. Ketinggian debit air saat ini mencapai ketinggian 100 centimeter (cm) atau status Siaga III.

Bendung Katulampa adalah bangunan yang terdapat di Kelurahan Katulampa, Kota Bogor, provinsi Jawa Barat. Bangunan ini dibangun pada tahun 1911 dengan tujuan sebagai peringatan dini atas air yang sedang mengalir ke Jakarta serta sarana irigasi lahan seluas 5.000 hektare yang terdapat pada sisi kanan dan kiri Bendung.

Kepala Posko Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, volume air di Sungai Ciliwung sempat bertahan di angka 30 centimeter pada hari ini pukul 17.00 WIB. Namun, sekitar pukul 18.00 WIB ketinggian debit air naik kembali. Kepala Posko Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan debit air di Sungai Ciliwung mengalami peningkatan pada pukul 18.00 WIB.

Menurut Andi Sudirman, tinggi muka air atau TMA Bendung Katulampa akhirnya terus meningkat pada pukul 19.00 WIB di angka 100 centimeter. "Awalnya sempat bertahan 30 cm hingga pukul 17.00 WIB dan pada pukul 19.00 WIB, meningkat menjadi 100 cm dengan status siaga III," beber Andi Sudirman saat dihubungi awak media, Jumat (19/12/2014).

Jika di angka 100 centimeter atau di level Siaga III, diperkirakan volume air yang melewati Bendungan tersebut sebanyak 138 ribu liter per detik. “Ini disebabkan karena wilayah Puncak (Bogor) diguyur hujan sejak sore hari,” jelas dia, Jumat (19/12/2014).

Pihaknya terus berkomunikasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

Andi Sudirman juga masih terus memantau ketinggian di mercu Bendung Katulampa karena kondisi cuaca di wilayah Bogor masih diguyur hujan.

“Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dan waspada dengan kondisi saat ini,” imbau Andi Sudirman.

Banjir kiriman dari Bendung Katulampa, Bogor biasanya akan tiba di Jakarta melalui Sungai Ciliwung antara 9 hingga 12 jam kemudian. Biasanya, banjir kiriman ini akan menggenangi rumah warga di bantaran Ciliwung.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa curah hujan tinggi di Jakarta dan sekitarnya diprediksi akan terjadi dari bulan November 2014 hingga Maret 2015.

Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Mulyono Rahadi Prabowo, menyebutkan, curah hujan yang tinggi diperkirakan akan melanda daerah Barat dan Selatan Jabodetabek. Curah hujan tertinggi pun diprediksi akan melanda DKI Jakarta pada akhir Desember 2014 hingga awal Januari 2015.

See Also

Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.009.852 Since: 05.03.13 | 11.3016 sec