Nasional

Polri Gelar Operasi Lilin

Thursday, 18 Desember 2014 | View : 722

JAKARTA-SBN.

Pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan menggelar Operasi sandi Lilin mulai pada tanggal 24 Desember 2014 hingga 2 Januari 2015 mendatang. Operasi lilin ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

“Polri didukung instansi terkait melaksanakan ops kepolisian terpusat sandi Lilin untuk pengamanan Natal 2014 dan Tahun Baru,” ungkap Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat (Kabagpenum Ropenmas DivHumas) Polri Kombes Pol. Drs. Agus Rianto, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo No.3, Jakarta Selatan, Rabu (17/12/2014).

“Direncanakan mudah-mudahan enggak berubah sejak 24 Desember sampai 2 Januari," beber Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol. Drs. Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (17/12/2014).

Mantan Widyaiswara Muda Sespimti Sespim Polri Lemdikpol, Kombes Pol. Drs. Agus Rianto mengungkapkan, Operasi Lilin ini dibagi dalam dua prioritas. Prioritas satu terdiri dari 12 Polda, dan prioritas dua 19 Polda. Pembagian prioritas tersebut berdasarkan penggunaan kekuatan serta tingkat kekuatan personel Polri yang diturunkan.

Kombes Pol. Drs. Agus Rianto juga menjelaskan dalam operasi tersebut, prioritas pengamanan utama di 12 kepolisian daerah yang masuk kategori 1. Sementara 19 daerah lainnya masuknya ke dalam daerah kategori 2.

Polda-polda yang berada pada prioritas satu di antaranya Polda yang berada di wilayah Pulau Jawa, Sumatera Utara, Bali, Papua, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Maluku. Sementara Polda-polda sisanya akan ditempatkan pada prioritas dua.

"12 Polda ini Polda Jawa, Sumut, Bali, Papua, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku. Sisanya di prioritas 2," imbuhnya.

“Kalau dilihat prioritas satu, selain Pulau Jawa, itu memiliki tingkat masyarakat dengan keyakinan non muslim lebih banyak. Diharapkan bisa optimal nantinya,” urai Kombes Pol. Drs. Agus Rianto.

Lokasi-lokasi yang menjadi sasaran untuk operasi lilin adalah tempat ibadah, tempat rekreasi, kegiatan masyarakat seperti acara silaturahim, serta tempat wisata. Polri berharap operasi lilin tersebut bisa terlaksana dengan tertib, aman, dan lancar.

Total personel Polri yang diturunkan dalam operasi lilin sebanyak 145.756 anggota personel gabungan, yang terdiri dari anggota Polri sebanyak 80560 orang dan instansi terkait sebanyak 65.196 orang.

Kombes Pol. Drs. Agus Rianto menjelaskan pihaknya akan mengerahkan 145.756 personel gabungan. Mereka terdiri dari anggota Polri 80.560 personel dan instansi pendukung 65.196 personel. "Dibagi berkaitan penggunaan kekuatan dan tingkat kekuatan masing-masing personel," terangnya lagi.

Dalam operasi tersebut, pihak Polri menggandeng TNI, Kementerian, lembaga seperti Jasa Raharja, dan Pemadam Kebakaran. “Ada dari Kementerian, lembaga, dan TNI,” tutur Kombes Pol. Drs. Agus Rianto.

Pasukan gabungan nantinya akan dipusatkan di lokasi yang ramai dengan kegiatan masyarakat seperti di tempat ibadah, tempat wisata dan pusat perbelanjaan. "Jadi diharapkan kegiatan bisa terlaksana dengan tertib lancar dan aman," pungkas Kombes Pol. Drs. Agus Rianto. (jos)

See Also

Pesantren Al Mawaddah Kudus Ciptakan Rekor Prestasi Dunia
Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.366.548 Since: 05.03.13 | 0.2026 sec