Internasional

Istri Putra Mahkota Thailand Lepaskan Hak Kebangsawanan

Friday, 12 Desember 2014 | View : 1260

BANGKOK-SBN.

Istri Putra Mahkota negeri Gajah Putih, Kerajaan Thailand Maha Vajiralongkorn yakni Putri Srirasmi melepaskan gelar kebangsawanannya menyusul skandal korupsi yang menjerat dirinya dan sejumlah anggota keluarganya beberapa bulan terakhir.

Putri kelahiran Samut Songkhram, Thailand pada tanggal 9 Desember 1971 tersebut melepaskan status kerajaan, yang dikabarkan berarti mengakhiri bahtera pernikahan selama 13 tahun dengan Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn dimana pasangan tersebut menikah pada tahun 2001.

Peristiwa ini terjadi saat kekhawatiran akan situasi Thailand masih tinggi.

Berdasarkan pernyataan singkat dari Istana kerajaan Gazette, Putri Srirasmi telah mengajukan diri untuk menyerahkan gelarnya pada Jumat (12/12/2014). Namun tidak dijelaskan lebih lanjut soal apa alasan pengajuan itu.

Putri Srirasmi diketahui menikah dengan Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn sejak tahun 2001 lalu dan diharapkan pada saatnya akan mendampingi Maha Vajiralongkorn sebagai Ratu Thailand. Pasangan tersebut memiliki seorang putra berusia 9 tahun (Dipangkorn Rasmijoti) yang berpotensi menjadi raja, mengingat Maha Vajiralongkorn adalah pewaris takhta saat ini.

Intrik istana yang jarang dipublikasikan tersebut muncul setelah beberapa orang yang memiliki kekerabatan dengan Putri Srirasmi ditangkap karena skandal korupsi tingkat tinggi.

Nasib Putri Srirasmi menjadi rumor selama beberapa waktu setelah tujuh kerabatnya ditangkap karena skandal korupsi. Pamannya, seorang Jenderal Polisi, ditahan dengan tuduhan memperoleh kekayaan dari penyelundupan dan judi. Empat saudara laki-laki dan dua kerabatnya yang lain turut ditangkap.

Bulan lalu, Maha Vajiralongkorn meminta pemerintah untuk melucuti gelar bangsawan beberapa anggota keluarga Putri Srirasmi dari nama kerajaan setelah sejumlah anggota keluarganya ditahan karena kasus korupsi. Anggota keluarga Putri Srirasmi menghadapi tuduhan mulai dari suap hingga pemerasan dengan menggunakan nama monarki untuk keuntungan pribadi.

Berita tersebut sangat mengejutkan kalangan elite Thailand.

Namun, realitas terkait status Putri Srirasmi belum mencukupi. Monarki Thailand dilindungi hukum sangat ketat.

Media lokal dan internasional harus menyensor pemberitaan ketika memberitakan keluarga Kerajaan Thailand.

Harian Thai Rath dan the Daily News, dua koran terbesar Thailand, turut memberitakan Putri Srirasmi yang mundur dari status kerajaannya.

Associated Press mengabarkan, Raja Bhumibol Adulyadej telah menerima permintaan tersebut. “Raja telah memberi izin untuk mengumumkan, Putri Srirasmi, istri Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, telah menginformasikan lewat dokumen tertulis bahwa dia melepaskan status kerajaannya,” demikian isi pernyataan resmi istana Thailand, Sabtu (13/12/2014), di surat kabar kerajaan.

Hal itu menandakan bahwa pernikahan Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn dan Putri Srirasmi telah berakhir.

Perceraian Putra Mahkota berusia 62 tahun itu menambah kekhawatiran akan masa depan kerajaan. Raja Bhumibol Adulyadej kini telah memasuki usia 87 tahun.

Pada Mei 2014 silam, militer Thailand mengambil alih kekuasaan pemerintahan setelah demonstrasi jalanan selama beberapa bulan. Militer beralasan, mereka diperlukan untuk melindungi monarki dan memperbaiki kondisi negara yang secara politik telah terbelah dua. (afp/jos)

See Also

Boris Johnson Terpilih Sebagai PM Inggris Baru
Menlu Inggris Ancam Iran
Laut China Selatan Tegang
Presiden AS Pecat Direktur Dinas Rahasia
Kapal China Dekati Pulau Filipina
Thailand Dilanda Badai Pabuk
Warga Kelas Menengah Australia Akan Kian Sulit Dapat Kredit Perumahan
Donald Trump Kunjungi Militer AS Di Irak
Kota Surabaya Raih Guangzhou Awards 2018
Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
Turki Adakan Pemilu Hari Ini
Arab Saudi Resmi Mencabut Larangan Perempuan Menyetir
Gempa Guncang Osaka
Amerika Serikat Keluar Dari Dewan HAM PBB
Suriah Berhasil Usir ISIS
Kementerian Pertanian Cegah Rock Melon Australia Masuk Indonesia
Perwakilan Nahdlatul Ulama Dan Wahid Foundation Temui Dubes Amerika Serikat
Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
China Meminjamkan Sepasang Panda Ke Indonesia
Spanyol Buru Sopir Pelaku Teror Di Barcelona
Serangan Teror Di Barcelona
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.649.149 Since: 05.03.13 | 0.1667 sec