Nasional

Ulama PPP Jateng Serukan Rekonsiliasi DPP PPP

Wednesday, 10 Desember 2014 | View : 666

SEMARANG-SBN.

Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ke-6 yang mulai menjabat sejak 16 Oktober 2014 hasil Muktamar VIII di Surabaya, Ir. H. Muhammad Romahurmuziy, S.T. bersilaturahmi dengan ulama yang terbangun dalam Majelis Syariah Jawa Tengah di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Itqon, Kota Semarang, provinsi Jawa Tengah, Rabu (10/12/2014).

Cucu Menteri Agama RI ketujuh K.H. M. Wahib Wahab, M. Romahurmuziy didampingi Ketua DPP PPP Mahmud Yunus, Wakil Sekjen DPP PPP Achmad Baidowi, Ketua DPW PPP Jawa Tengah Masruhan Samsuri, Wakil Sekretaris Lubabul Fuad, Abd Syukur, dan Tafrikan Syamsuri.

Sementara dari kalangan ulama yang hadir mengikuti silaturahim ulama itu, di antaranya pengasuh Ponpes Al-Itqon KH. Haris Sodaqoh (Semarang), dan sejumlah ulama lain yakni KH. Abdulah Ubab Maemoen Zubair (Al-Anwar Sarang), KH. Syarofudin, KH Habib Ichsanudin (Boyolali) KH Nasafi (Salatiga), KH Moh Maftuh (Temanggung).

Ulama dan kyai di Jawa Tengah meminta pengurus DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) segera melakukan islah (rekonsiliasi) baik pengurus hasil Muktamar Surabaya yang dipimpin putra (alm.) KH Prof. Dr. M. Tolchah Mansoer, S.H., yang adalah pendiri IPNU (Ikatan Pelajar NU) tersebut, Ir. H. Muhammad Romahurmuziy, S.T. maupun kubu hasil Muktamar Jakarta pimpinan Djan Faridz.

Dalam pertemuan tersebut, KH Abdullah Ubab Maimoen Zubair didaulat memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Gus Ubab, sapaan akrabnya, menekankan kesepakatan ulama PPP se-Jawa Tengah terhadap prinsip ati'ullah wa atiurrasul wa ulil amri minkum (Ikuti Allah, Ikuti Rasul dan pemerintah). Karena itulah, para kyai akan tunduk terhadap keputusan pemerintah terkait PPP. Terkait dualisme kepengurusan di DPP, ulama mengikuti keputusan Pemerintah.

"Itu hasil pertemuan kyai di Boyolali dan sudah disampaikan kepada KH Maimoen Zubair dan disambut positif," kata Gus Ubab mengawali pertemuan.

“Bagi ulama, pengikut Allah dan pengikut  Rasulullah yang baik harus juga menaati Pemerintah. Pengurus PPP harus islah, juga segera berkonsolidasi. Selama islah, sebaiknya tidak ada saling memecat,” kata KH Abdullah Ubab Maemoen Zubair, putra sesepuh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan tokoh karismatis PPP yang juga Ketua Majelis Syariah PPP, KH Maimoen Zubair, Rabu (10/12/2014) dalam silaturahim ulama Majelis Syariah PPP Jateng di Ponpes Al-Itqon, Kota Semarang, provinsi Jawa Tengah.

KH Haris Shodaqoh menegaskan, pada prinsipnya ulama PPP berharap persoalan cepat selesai. Karena itulah, pihaknya mengundang DPP PPP ke Jawa Tengah untuk tabayyun kepada para kyai. "Kami juga memberikan masukan-masukan kepada Gus Rommy (Romahurmuziy). Keputusan ulama PPP se-Jateng sudah dibuat di Boyolali, seperti yang disampaikan tadi," tegasnya.

Ketua Majelis Pakar DPW PPP Imam Munajat menegaskan, tidak ada tafsir lain dari keputusan tersebut. Menurut dia, saat ini yang terpenting adalah mengikuti pemerintah, yakni kepengurusan PPP yang diakui pemerintah. "Tidak ada tafsir lain, hasil Muktamar Surabaya saat ini sudah disahkan pemerintah, maka wajib bagi kami untuk mematuhinya," urainya.

Menurut Ketua DPW PPP Jawa Tengah Masruhan Samsuri, silaturahim ini amanat pertemuan sejumlah ulama di Boyolali pada 29 November 2014. Kini, kepengurusan PPP di Jawa Tengah ataupun Kabupaten dan Kota solid mendukung DPP PPP yang sudah diputuskan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM).

Sedangkan, Ketua Umum PPP hasil Muktamar Jakarta Djan Faridz meminta seluruh kader PPP mengutamakan islah di tengah krisis internal partai. PPP diupayakan tetap satu dan tak pecah. “Islah dan perdamaian menjadi spirit bagi kepengurusan partai hasil Muktamar Jakarta,” tukas Djan Faridz pada pembukaan Muktamar I PPP Muktamar Jakarta, Rabu (10/12/2014), di Jakarta.

Mukernas I PPP itu dihadiri oleh Ketua Majelis Syariah PPP KH Maimoen Zubair, tokoh karismatis PPP.

Meskipun mengedepankan islah, Djan Faridz menegaskan bahwa Muktamar Jakarta adalah Muktamar yang sah dan konstitusional.

Mantan Menteri Agama RI ke-20 dengan masa jabatan 22 Oktober 2009-28 Mei 2014 dan mantan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI ke-8 di Kabinet Indonesia Bersatu masa kepemimpinan pasangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK) dengan masa jabatan 21 Oktober 2004-1 Oktober 2009, Suryadharma Ali yang sebelumnya Ketua Umum PPP ke-5 dengan masa jabatan 3 Februari 2007-16 Oktober 2014 menggantikan Hamzah Haz, ditunjuk sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (jos/kom)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban KM Sinar Bangun
Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Musibah KM Sinar Bangun Di Perairan Danau Toba
Dandim 0716/Demak Bersama Masyarakat Panen Raya Demlot
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
Widjanarko, Dosen Fakultas Psikologi UMK Raih Doktor
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.780.342 Since: 05.03.13 | 0.277 sec